Nurhayati

Lahir di Desa Buniseuri kecamatan Cipaku Kab.Ciamis Sekolah SDN SUKAMAJU Cijoho MTsN Buniseuri SPGN Probolinggo IKIP PGRI UT PGSD Menulis untu...

Selengkapnya
Navigasi Web
Dilarang Memotong Kuku dan Rambut

Dilarang Memotong Kuku dan Rambut

Bismillahirrahmanirrahim,

#Hari ke-30

#opini

Dilarang Memotong Kuku dan Rambut

Sepuluh hari pertama pada bulan Dzulhijjah adalah saat-saat yang istimewa bagi umat muslim. Selain puasa sembilan hari pada tanggal satu sampai sembilan Dzulhijjah, dianjurkan untuk menyembelih hewan kurban pada tanggal sepuluhnya ( Idul Adha ) atau pada tiga hari setelahnya ( hari Tasyrik ). Dan Rasulullah Saw telah memberikan peringatan melali haditsnya, " Barangsiapa yang berkemampuan dan dia tidak berkurban, maka dia dilarang kembali ke tempat shalat kami" ( HR. Imam Ahmad dan Ibnu Majah ).

Dan bagi mereka yang telah berniat untuk berkurban, dianjurkan tidak memotong kuku dan rambut.

Sungguh Allah Maha Pemurah, kasih sayangNya tak terbantah. Allah memerintahkan untuk menyembelih hewan kurban pada tanggal sepuluh Dzulhijjah dengan imbalan pahala yang luar biasa. Allah ingin melimpahkan pahala yang sebesar-besarnya. Dihitung seluruh anggota tubuh bahkan seluruh bilangan helai rambut mendapat pahala. Itulah mengapa orang yang sudah berniat untuk berkurban, dilarang memotong kuku dan rambutnya. Karena semua kuku dan rambutnya itu turut mendapatkan menjadi saksi atas amal dan kebaikannya kelak di hari kiamat. Dan kelak akan lebih banyak anggota tubuh kita yang kebal dari api neraka. Begitu cepatnya pahala kurban dicatat, sehingga diberikan sebelum darah hewan sembelihan kurbannya jatuh ke tanah. Semoga kita diberi kelimpahan rezeki dan keikhlasan untuk selalu berkurban setiap idul Adha. Aamiiin.

Wallahu A'lam Bissawab.

Dikutip dari kajian malam Jumat

Wringinagung, 24 Juli 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terimakasih pencerahannya Bu, sehat selalu dan tetap semangat

24 Jul
Balas

Aamiiin terimakasih pak

25 Jul

Siip, maturnuwun bu nur

24 Jul
Balas

Sami2 pak Ari

25 Jul

Keren artikelnya bunda..barakallah

24 Jul
Balas

Terimakasih pak . Aamiiin

25 Jul

Selamat berqurban bu..

24 Jul
Balas

Insya Allah siap pak

25 Jul



search

New Post