Hensi Nurhayati

Hensi Nurhayati lahir di Seluma. Tinggal di Kota Bengkulu. Mengajar disebuah SMPN di kota Bengkulu....

Selengkapnya
Navigasi Web

Menanamkan Disiplin Siswa

Hari ini ceritanya tentang upacara bendera.

Senin pagi sudah menjadi rutinitas disetiap sekolah termasuk sekolahku yang mengadakan upacara bendera. Setiap pagi Senin sebelum upacara dimulai bel berbunyi empat kali itu tandanya semua siswa dan guru harus bersiap siap untuk kumpul di lapangan.

Akan tetapi dari banyak nya sisawa, ku perhatikan banyak anak-anak yang tidak nampak terutama anak laki-laki. Tak luput juga dari kelasku tidak berada di lapangan. Lalu ku cari dari sudut sekolah sampai ke bawah kebetulan dekat sekolah masih banyak hutan. jadi hal itu yang membuat siswa sering bersembunyi disana untuk menghindari upacara bendera...

Setelah beberapa menit upacara berlangsung ku ajak guru yang piket kebetulan kami sebagai guru piket hari Senin, kami berusaha mencari beberapa siswa yang tidak kelihatan mengikuti upacara, dengan santai kami berjalan memutar dikawasan sekolah, dan ternyata.... beberapa anak sedang asiknya ngobrol sambil merokok dengan canda tawa yang begitu senang maklum masih usia remaja jadi banyak tingkah yang masih sering menjengkelkan guru...kenapa gak ikut upacara nak? Kata salah seorang guru.....dengan entengnya ada yang jawab" capek Bu" katanya.......lalu...

Dengan pelan kami dekati sekelompok anak murid kami yang berada disana.....ada yang merasa takut dan ada pula yang lari dengan cepat menuju perkebunan sawit....uuuu kesal si ya....bukannya merasa bersalah malah berusaha kabur....aduhh kenapa siswa ni seperti ini? Keluh kami......padahal banyak diantara mereka tergolong dari keluarga yang benar benar tidak mampu tapi mengapa kelakuan mereka seperti ini....gumamku...

Setelah upacara selesai kami panggil anak anak yang tidak ikut dalam upacara tadi ..kami bariskan...dan tepaksa diberi hukuman membersihkan lingkungan sekolah untuk mencari sampah sampah yang ada disekitar sekolah.... siapa tau dengan hukuman seperti itu bisa memberikan efek jerah kepada mereka...dan mereka diberi arahan bahwa" mengikuti upacara bendera adalah hal yang penting untuk membetuk karakter disiplin mereka....dengan senyum senyum mereka seperti tidak ada masalah.....tapi yang namanya guru mana boleh dendam...guru harus sabar kiranya......hahaha

Diujung cerita ini semoga suatu saat siswa kami bisa menghargai perjuangan para pahlawan yang dengan susah payah merebut kemerdekaan....

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Memang perlu kesabaran untuk membimbing anak ya, Bu... .

18 Feb
Balas



search

New Post