Nur Hilmi Daulay

Nur Hilmi Daulay. Email [email protected]. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
CTL SD Panca Budi Medan ke OIF UMSU

CTL SD Panca Budi Medan ke OIF UMSU

Siswa siswi kelas 4 SD Panca Budi Medan mengunjungi Observatorium Ilmu Falak (OIF) UMSU, Kamis (07/09) berlokasi di Gedung Pascasarjana UMSU lantai 7, Jalan Denai No.217, Tegal Sari Mandala II, Medan Denai, dalam rangka pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL).

Bapak Kepala Sekolah SD Panca Budi Medan, Ronny Irwanto, S.S mengungkapkan bahwa Contextual Teaching Learning (CTL) merupakan salah satu model pembelajaran yang dilaksanakan langsung di tempat sumber belajar dengan melibatkan profesi yang ada di lokasi. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar yg menarik kepada siswa sehingga transfer knowledge dan nilai nilai lebih mudah dipahami. Dalam kunjungan kali ini, beliau juga ingin para siswa tahu bahwa Islam pernah memiliki pakar-pakar perbintangan yang menguasai peradaban ilmu, seperti Al khawairismi, Al kindi, dll. Dengan harapan agar kelak para siswa terinspirasi menjadi penerus pakar-pakar tersebut.

Kegiatan kali ini diawali dengan menonton video tentang bumi, planet, dan benda luar angkasa lainnya. Siswa juga dapat melihat berbagai macam peralatan yang digunakan dalam kegiatan observasi benda-benda luar angkasa. Salah satu yang alat tersebut adalah teleskop model Sky Water MAK 8 HE Q5 buatan Amerika Serikat (AS) yang dapat mengamati bintang dan semua planet kapan saja. Tanya jawab juga dilakukan setelah pemaparan materi terkait tentang bumi dan antariksa. Sebelum pulang, siswa berkesempatan memainkan roket yang diterbangkan dengan mengisi bahan bakar air. Kegiatan CTL lalu dilengkapi dengan pengisian lembar soal yang berhubungan dengan materi kunjungan.

Beberapa hari sebelumnya, CTL mengunjungi berbagai tempat juga sudah dilakukan sesuai tingkatan. Kelas 1 mengunjungi Dusun Kreatif, kelas 2 mengunjungi Museum Uang, Museum TNI dan Museum Negeri Medan (Museum Tour), kelas 3 mengunjungi Eco Farm, kelas 5 mengunjungi Hutan mangrove dan Bank Sampah Pulau Sicanang Medan, kelas 6 mengunjungi Dusun Kreatif. (NH)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren Bund kegiatan siswanya. Bunda dekat dengan Kak Raihana Rasyid, beliau di SMA 14 Medan. Beliau penulis populer Bund. Sukses selalu dan barakallah

07 Feb
Balas

Trmksh bun apresiasinya.. Iya bun Sy kenal ibu Raihana.. Dari Media Guru kenalnya.. Fan sudah 2 kali ketemu juga bun.. Pgn ketemu juga sama bunda Siti Ropiah nanti.. Bunda tinggal dmana?

07 Feb

Kerenn menewen

08 Feb
Balas

Trmksh ibu cantik

09 Feb

Trmksh ibu cantik

09 Feb



search

New Post