Nur Indah Rakhmawati

Nur Indah Rakhmawati. Seorang guru IPS di MTsN2 Jember Jawa Timur. Lulusan FKIP PDU UNEJ. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
PENDIDIKAN ZAMAN NEW

PENDIDIKAN ZAMAN NEW

Lomba menulis periode Maret 2023

Tema "Dengan Teknologi, Pembelajaran Makin Berisi."

PENDIDIKAN ZAMAN NEW

Sebagai pendidik di era milenial memang agak berbeda. Pendidik atau guru zaman new haruslah mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan kecanggihan teknologi, selain kurikulum yang juga terus ada regulasi. Sebagai bagian dari perubahan dampak globalisasi. Kemudahan mendapatkan berbagai informasi bagi setiap orang adalah salah satu manfaat semakin canggihnya alat teknologi komunikasi. Baik alat komunikasi yang berupa Handphon, Laptop, dan lain-lain. Dengan kemudahan fasilitas komunikasi tersebut, kita bisa mengakses informasi dan pengetahuan apapun yang kita butuhkan.

Dibidang satuan pendidikan, kegiatan belajar mengajar saat ini juga dituntut untuk mampu memanfaatkan teknologi sebagai salah satu alat atau penggunaan media dalam pembelajaran. Peningkatan hasil belajar peserta didik, salah satunya juga dipengaruhi oleh pendidik yang menguasai teknologi pembelajaran. Pendidik dapat memanfaatkan teknologi untuk mencari sumber-sumber belajar, mendisain proses pembelajaran, sebagai media dalam pembelajaran, serta untuk evaluasi peserta didik dalam proses pembelajaran disatuan pendidikan.

Perkembangan teknologi baru, dimungkinkan tersedianya cara baru untuk meningkatkan kwalitas pengetahuan. Peningkatan pengetahuan tentang pengelolaan informasi menjadi sangat potensial. Bagi guru-guru yang berusia muda penyesuaian pemanfaatan teknologi adalah hal yang sangat mudah. Tapi bagi guru-guru senior yang usia diatas 50 tahun dan mendekati masa purnatugas, belajar menyesuaikan perkembangan teknologi adalah hal agak susah. Perlu kemauan belajar yang tinggi dan banyak bertanya pada yang muda dan lebih ahli. Begitu juga dalam pemanfaatan atau mempraktekkannya, hendaknya dilakukan secara kontinyu, karena kalau tidak, maka gampang sekali lupa. Maklum sudah faktor usia.

Peserta didik sekarang lebih antusias belajar jika pembelajaran menggunakan media teknologi. Bahkan mereka sekarang dapat dengan mudah belajar sendiri dengan mengakses internet. Untuk itu gurupun juga dituntut harus bisa mengimbangi dengan memanfaatkan internet sebagai sumber belajar dan media pembelajaran. Agar guru mendapatkan informasi dan pengetahuan yang lebih mudah, menambah wawasan dan penguasaan ilmu pengetahuan yang lebih luas. Hasil dari informasi akan membuka banyak kemungkinan untuk dapat mendesain pembelajaran, khususnya dalam pengembangan dan implementasi kurikulum yang bisa dirancang sendiri. Seorang pendidik dituntut kreatif dan inovatif untuk menciptakan metode dan media pembelajaran yang menarik sesuai dengan perkembangan zaman. Program media disatuan pendidikan ini dapat menggabungkan bahan cetak dan non cetak sehingga mengakibatkan peningkatan penggunaan sumber teknologikal dalam kurikulum.

Manfaat teknologi di dunia kependidikan, dapat meringankan tugas guru atau pendidik. Apalagi saat guru harus melakukan sistem pembelajaran jarak jauh seperti saat terjadi pandemi covid 19 beberapa waktu yang lalu. Dimana lokasi penyebaran pendidikan pada peserta didik jaraknya bervariasi, dan mereka harus tetap mengenyam pendidikan, meskipun dari rumah. Sehingga menuntut pengelolaan pendidikan yang berasal dari pemanfatan ilmu teknologi dan informasi. Begitu juga saat guru melakukan penilaian dan evaluasi. Dengan menggunakan aplikasi teknologi penilaian evalusi dapat dilaksanakan lebih ringan, efektif dan efisien. Baik saat evaluasi berupa : Penilaian Harian (PH), Penilaian Akhir Semester (PAS), Penilaian Akhir Tahun (PAT) maupun Penilaian Raport. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan Teknologi, Pembelajaran Makin Berisi.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post