Nur Indah Rakhmawati

Nur Indah Rakhmawati. Seorang guru IPS di MTsN2 Jember Jawa Timur. Lulusan FKIP PDU UNEJ. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
'TNGP' BERGENGSI

'TNGP' BERGENGSI

Menghadiri acara bergengsi yaitu TNGP (Temu Nasional Guru Penulis) pada tanggal 11-12 November 2023, di ibu kota Jakarta, merupakan pengalaman yang indah dan mengesankan. Acaranya dikemas dalam 4 macam kegiatan yaitu:

1) Apresiasi, perayaan dan penghargaan untuk para tokoh penggerak dan literasi nasional. Selebrasi, yaitu peluncuran buku dan inisiasi program literasi terbaru.

Sinergi & Kolaborasi, bertujuan memperkuat jejaring penggiat lierasi di Indonesia.

Rekreasi, bahagia bersama, berkarya bersama dan sukses bersama.

Kegiatan ini adalah tahun ke 2 bagi MTsN 2 Jember untuk turut serta menghadiri acara TNGP sekaligus sebagai peringatan Hari Guru Nasional. Alhamdulillah, kami bertiga Kepala Madrasah Nur Aliyah, M.Pd dan 2 ibu guru; Sri Wahyuni, S.Pd dan Dra. Nur Indah Rakhmawati ikut hadir dalam acara tersebut.

Adapun acara yang berlangsung pada Sabtu. 11 November 2023 bertempat di Gedung A Kemendikbudristek berupa pemberian berbagai penghargaan untuk para tokoh penggerak dan literasi dari berbagai daerah di Indonesia. Diantara berbagai penghargaan bergengsi ini, Kepala MTsN 2 Jember yaitu ibu Nur Aliyah M.Pd kembali mendapatkan penghargaan sebagai Penggiat Literasi Daerah 2023, setelah tahun sebelumnya yaitu ditahun 2022 juga mendapat penghargaan sebagai Madrasah Model Literasi Tingkat Nasional dan Kepala Madrasah Penggiat Literasi.

Acara ini juga melaunching buku-buku karya guru penulis. Diantara karya guru MTsN2 Jember yang covernya dibingkai berjudul Kiat Jitu Menjadi Madrasah Model Literasi (Karya: Nur Aliyah, MP.d), Cinta Dua Musim (Karya: Sri Wahyuni, S.Pd) serta Kisah-Kisah Absurd (Karya: Dra. Nur Indah Rakhmawati). Acara dilanjutkan dengan Jelajah Literasi Perpusnas dan Monas. Disini banyak sekali buku-buku karya guru penulis yang sudah ikut mengisi koleksi buku di Perpustakaan Nasional sebagai jantung pendidikan.

Minggu, 12 November 2023 merupakan hari kedua mengikuti kegiatan TNGP. Yaitu mengunjungi kawasan Taman Impian Jaya Ancol, sebagai destinasi wisata ikonic Jakarta. Dengan adanya kegiatan tersebut, membuat semakin mempererat kekeluargaan dan persahabatan diantara penulis. Semua penulis dari berbagai suku dan daerah yang berbeda-beda saling bersosialisasi, terasa sekali bhineka tunggal ika-nya. Semua peserta dibagi-bagi dalam kelompok untuk menjelajah wahana Ancol. Dengan harapan pengalaman yang didapat di wahana tersebut bisa dieksplorasi dalam tulisan sesuai destinasi wisata yang dikunjungi. Adapun Jelajah Literasi Ancol meliputi wahana: Dufan, Jakarta Bird Land, Atlantis, Samudra, Sea World.

Banyak sekali manfaat yang bisa didapat dari kegiatan tersebut. Bertemu dengan tokoh-tokoh hebat yang menginspirasi. Menambah teman dan penyemangat untuk terus menulis. Banyak menimba ilmu dari orang-orang yang telah mempunyai pengalaman dan karya yang luar biasa. Semoga TNGP tahun 2024 di Sumatra Barat, bisa kembali hadir. Aamiin. Salam Literasi.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren kegiatan TNGP nya, Bu. Sukses selalu.

14 Nov
Balas

Trimakasih bu... Aamiin

14 Nov

Ulasan yang keren. Semangat untuk terus menulis ya, Mama Indah.

14 Nov
Balas

Trimakasih bundaYun... yang tak henti ngomporiku...

14 Nov



search

New Post