Nur Indriyati, S.Pd.I.

Seorang Guru di MI Darwata Karangasem, Sampang, Cilacap yang tengah belajar menulis. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Cara Mudah Bertawakal

Cara Mudah Bertawakal

Supaya guru mudah bertawakal, minimal ada dua hal yang perlu ditanamkan ke dalam jiwanya. Pertama adalah meyakinkan diri bahwa ilmu Allah SWT berada di atas ilmu siapa pun. Allah SWT adalah sumber dari segala sumber ilmu. Di dalam Al Qur'an sudah ditandaskan bahwa Allah SWT adalah zat yang telah mengajarkan pengetahuan kepada manusia. (Qur'an Surat Al ' Alaq ayat 4-5) 

Sebuah pengakuan menegaskan bahwa setinggi apa pun prestasi yang diraih oleh seorang guru, tetap ada peranan Allah SWT di sana. Pengakuan semacam itu menjauhkan guru dari sifat sombong serta sikap membusungkan dada. 

Kedua, meyakini kehendak (masyi'ah) Allah SWT. Guru harus yakin bahwa kehendak Allah SWT berada di atas semua makhluknya, termasuk dirinya sendiri dan siswa yang ia didik. Dengan keyakinan tersebut, jika guru mengalami kegagalan, dia akan merasa bahwa kegagalan itu bukanlah akhir dari segalanya. Dia yakin bahwa di balik kegagalan pasti akan ada kesuksesan. Sesuai Al Qur'an Surat Al Insiroh (94) ayat 4-5.

Maka sudah semestinya guru berada pada posisi yang seimbang. Bila mendapatkan kesenangan dia bersyukur. Bila mendapatkan kesusahan, dia bersabar (in u'tiya syakara wa inibtuliya shabara) 

#Tagursiana hari ke-25

 Kalisalak, 24 Oktober 2020

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Menarik ceritanya bu

24 Oct
Balas

Terima kasih Bunda Elva... bukan cerita, hanya ulasan sedikit, semoga manfaat... salam literasi

25 Oct

Informatif. Mantab bu..semoga sukses selalu

25 Oct
Balas

Terima kasih... Sukses juga untuk Bapak..

25 Oct



search

New Post