Nur Indriyati, S.Pd.I.

Seorang Guru di MI Darwata Karangasem, Sampang, Cilacap yang tengah belajar menulis. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pembelajaran Abad 21

Pembelajaran Abad 21

"Ajarilah anak-anakmu sesuai dengan zamannya, karena mereka hidup di zaman mereka, bukan pada zamanmu. Sesungguhnya mereka diciptakan untuk zamannya, sedangkan kalian diciptakan untuk zaman kalian“

(Ali bin Abi Thalib)

Dua hari ini dua orang guru agama di madrasah kami mengikuti Pertemuan Webinar (Zoom Meeting) dalam rangka Bimtek Implementasi Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum (KMA 183 dan 184) dan Implementasi E-Learning jenjang Madrasah Ibtidaiyah. Materi disampaikan oleh Sudirektorat kurikulum dan Evaluasi, Direktorat KSKK Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama Republik Indonesia. Salah satu materi yang menarik adalah keterampilan yang dibutuhkan untuk abad 21.

Ada beberapa kecakapan yang harus dikuasai siswa untuk sukses di abad 21. Apa sajakah kecapan itu?

1. Berfikir Kritis (Critical Thinking)/Shiddiq

Melibatkan pemikirn yang mendalam. yaitu dapat belanja ide/gagasan dari berbgai sumber, membedakan antara yang relevan dan yang tidak relevan, melakukan penilaian dan menentukan keputusan secara efektif dalam mengolah data dan menggunakan argumen dan dapat menyusun, mengungkapkan, menganalisa, serta menyelesaikan suatu masalah.

2. Kemampuan Berkomunikasi/Tabligh

Kemampuan berbicara dan menulis. Dapat memahami, mengelola, dan menciptakan komunikasi yang efektif secara lisan, tulisan, dan multimedia. Mengeluarkan ide dalam diskusi di dalam maupun di luar kelas. Dalam berkomunikasi diperlukan sikap mendengarkan dan menghargai orang lain.

3. Kreativitas dan Inovasi (Creativity and Innovation)/Fathonnah

Berfikir di luar kebiasaan dan dapat menciptakan sesuatu yang berguna di dunia. Mampu menemukan ide-ide kreatif secara konsetual dan pratikal. Dapat menggunakan kegagalan sebagai wahana pembelajaran. mampu beradaptasi dengan situasi baru dan memberi kontribusi postif pada lingkungan.

4. Kolaborasi (Collaboration)/Amanah

Bisa bekersama, menjadi pendengar yang efektif, komunikator, pemikir tim dan minta batuan saat membutuhkan dan memberi bantuan saat bisa membantu. mampu kompromi dengan anggota kelompok untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Lantas apa karakteristik pembelajaran di abad 21? Karakteristik pembelajaran di abad 21 terdiri dari:1. Kesempatan dan aktivitas belajar yang variatif dan tidak monoton2. Proses pembelajaran yang mampu mengakomodir kemampuan berpikir kritis peserta didik3. Pembelajaran yang memanfaatkan berbagai multisumber4. Pembelajaran yang menghubungkan ilmu dengan dunia nyata5. Menggunakan pemanfaatan teknologi untuk mencapai tujuan pembelajaran;6. Pembelajaran berbasis projek atau masalahIndonesia7. Keterhubungan antar kurikulum (cross-curricular connections);8. Fokus pada penyelidikan/inkuiri dan inventigasi yang dilakukan oleh peserta didik;9. Menggunakan pembelajaran kolaboratif yang mendorong partisipasi peserta didik dan terbangun hubungan yang baik dalam pembelaj aran;10.Membudayakan kreativitas dan inovasi;11.Menggunakan sarana belajar yang tepat;12.Menggunakan media visual untuk meningkatkan pemahaman; dan13.Menggunakan penilaian formatif termasuk penilaian diri sendiri.

Guru yang bagaimana yang bisa mengantarkan peserta didik untuk mengahadapi tantangan di abad 21?

@guru seorang yang adaptor, visioner, kolaboratif, guru seorang yang pengambil resiko, guru seorang pembelajar sejati, seorang komunikator handal, guru sebagai uswatun hasanah (tauladan yang baik), dan guru adalah seorang pemimpin sejati.

Salam literasi, semoga bermanfaat....

#Tagursiana hari ke-11

Kalisalak, 10 Oktober 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantab bun, ulasannya.Salam literasi

11 Oct
Balas

Terima kasih, semoga bermanfaat... salam literasi

11 Oct

Keren bun ulasannya, informatif.Sukses selalu dan salam literasi

10 Oct
Balas

Terima kasih Bunda, sudah berkenan singgah di sini, salam literasi juga

10 Oct

Keren bun ulasannya, informatif.Sukses selalu dan salam literasi

10 Oct
Balas

Hebat ulasan kegiatannya bu..Salam literasi. Sukses selalu

10 Oct
Balas

Terima kasih, Pak Sukadi Andro..

10 Oct



search

New Post