NURIN NUZULIA

Guru PAUD di ujung Barat Kabupaten Bojonegoro, tepatnya di TK Islam An Nuur Kecamatan Purwosari. Ingin berlatih menulis dan menulis, karena dengan menulis bisa ...

Selengkapnya
Navigasi Web

"Keterlibatan OrangTua di Tempat Anak Tholabul 'Ilmi"

(masih lanjutan "Smart Parenting" di YPI An Nuur Purwosari-Bojonegoro)

Orang Jawa bilang "ora pasrah bongkokan ning sekolahan" ( Tidak pasrah semuanya pada sekolah) Inilah diantaranya tujuan diadakannya program Parenting atau dalam programnya Kemendikbud diberi istilah "Kelas Orang Tua". Banyak orang tua yang masih bersikap seperti itu? Semoga dengan adanya upaya Pemerintah tersebut akan merubah pola pikir para orang tua yang masih memiliki putra-putri yang sedang bertholabul 'ilmi. Pendidik yang pertama dan utama tetaplah orang tua, yaitu ibu dan ayah. Sekolah dan guru adalah nomor berikutnya.

Oleh karena itulah sangat penting beberapa materi yang disampaikan oleh Mr.Naff untuk mendukung program tersebut. Diantaranya Mr.Naff menyampaikan tentang :

*Transformasi 4 energi positif dari orang tua ke anak:

1. Lewat fisik

Bapak atau ibu yang hadir diminta untuk memeluk anaknya, merangkul anaknya dan mencium kening anaknya. Nah, mungkin ada ya ayah/ibu yang belum pernah melakukan seperti hari itu.

2. Dengan kalimat Positif

masih dengan dipandu Mr.Naff, orang tua dan anak yang hadir diminta untuk bersama-sama melafadzkan ayat-ayat Al Qur'an, do'a, ataupun kalimat-kalimat yang sangat menyentuh hati, sehingga mulai bercucuran air mata semua yang hadir.

3. Dengan do'a

Terus mengucapkan do'a-do'a untuk anaknya atau sebaliknya, anak untuk orang tua. Semakin bercucuranlah air mata karena panduan kata-kata dari Mr.Naff

4. Melalui makanan dan minuman

Semua panitia mulai bergerak untuk membagikan snack dan minuman kepada semua peserta. Diajak bersama-sama berdo'a, lalu bergantian menyuapi makanan.

Itulah diantaranya materi yang disampaikan oleh Mr Naff, yang dalam hal ini saya sampaikan sebagai pengantar dari tulisan-tulisan selanjutnya yaitu dari para ustadzah TPA-KB dan TK Islam An Nuur Purwosari. Sebelumnya sudah ada lima ustadzah yang merupakan tulisan perdananya dimuat di medsos, berikut ini ada lima tulisan lagi. Silahkan para pembaca gurusiana membaca dan memberi masukan saran atau kritik kepada kami, terima kasih...teriring do'a jazaakumullah khairan katsiiraa.

#Ustadzah Siti Otavi Dana Wati/ust Okta

Alhamdulillah dapat ilmu lagi dari bapak Nafik Palil. Untuk tahun ini banyak sekali antusias dari sebelumnya.

Begitu pentingnya orang tua yang terlibat dalam proses pembelajaran. Dimana anak dan ortu bekerja sama membuat hasil karya. Semoga dengan diadakannya parenting ini orang tua lebih semangat lagi di rumah mengajak putra putrinya untuk belajar melalui bermain dan anak akan lupa dengan hape.

“Ahad yang bermanfaat"

By : ustadzah Ulfa

Pada hari Ahad tepatnya tanggal 24 Maret 2019, Yayasan An Nuur melaksanakan acara parenting yaitu acara yang melibatkan keluarga yang bertujuan untuk mendapatkan ilmu. Acara parenting kali ini terdapat narasumber yang sudah tidak asing di telinga saya yaitu Mr Nafik Palil dari Sidoardjo, Jawa Timur.

Mr Naff sapaannya merupakan seorang motivator atau inspirator yang sangat disukai oleh banyak orang. Beliau juga mempunyai suatu lembaga dibidang pendidikan yang diberi nama The Naff. Sekolahan tersebut sampai go international dan kesehariannya guru dan anak menggunakan bahasa Inggris. Sungguh hebat bukan???

Kemaren acara parenting tersebut diselenggarakan di halaman SD IT An Nuur Purwosari. Dengan dihadiri berbagai kalangan terkhusus semua wali murid yayasan An Nuur dan wali murid dari sekolah lain pun juga ikut hadir dalam acara parenting kami. Parenting tersebut bertema "Anak hebat berasal dari orang tua yang terlibat". Dalam acara tersebut terdapat beberapa kegiatan yang melibatkan orang tua dan anak, seperti membuat buku cerita yang simple tetapi menarik untuk anak (khusus anak dan wali murid Paud) kemudian juga ada kegiatan membuat album foto keluarga dengan menggunakan 4 kertas warna (khusus untuk anak dan wali murid SD IT kelas 1-5) serta Mr Naff juga memberikan motivasi agar sukses meraih keinginan anak yang dituliskan di lembar kertas (khusus untuk anak SD IT kelas 6), terlebih mereka juga akan menghadapi UN. Selain itu Mr naff mengajarkan bahwa orang tua harus mengirim surat Al fatihah kepada anak-anaknya setelah sholat, hal itu bertujuan agar keinginan anak dapat tercapai dan anak bisa menjadi pribadi yang baik.

Ustadzah Siti Afiani/ust Ani

#ANAK HEBAT BERASAL DARI ORANG TUA YANG TERLIBAT# Inilah tema parenting yang diselenggarakan oleh YPI AN NUUR yang mendatangkan Mr.Nafik Palil dari THE NAFF SIDOARJO. Alhamdulillah parenting hari ahad.24 maret 2019 berjalan sangat baik dibanding tahun 2018.. walaupun mulai dari pagi sampai akhir acara cuacanya mendung dan hujan para orang tua ttp semangat mengikuti kegiatan tersebut hingga acara selesai , meskipun kegiatan parenting ini sudah diadakan 3 x dengan pembicara dan intinya hampir sama tetap berkesan dan tak membuat bosan..parenting ini sukses sesuai dengan temanya..orang tua sangat terlibat dalam mensukseskan acara parenting tahun ini, mulai dari menyiapkan konsumsi (polo pendem), doorprize dan aktif mengajak teman2 sekelasnya untuk datang ke acara tetsebut.

Ustadzah Umidah/ust Umi

Alhamdulillah acara parenting kemarin sangat luar biasa bersama Bapak Nafik . Walaupun cuacanya hujan tetapi Alhamdulillah bisa berjalan dengan lancar. Apalagi dengan materi materi yang disampaikannya sangat luarr biasaa. Banyak orangtua yang antusias mengikuti materi tersebut, apalagi dengan materi dari bahan bekas( kardus) . Banyak orangtua yang sungguh sungguh bersama anaknya untuk membuat buku dari bahan kardus dan poster. Dengan begitu anak akan merasa senang dan merasa hebat dengan didampingi orangtuanya dalam mengerjakan .

Dengan adanya materi yang sangat luarbiasa dari Bapak Nafik, ada juga yg tak kalah hebatnya yaitu dengan adanya penampilan penampilan dari anak anak TK yang umurnya masih dini suasananya menjadi makin ramai dan gembira.

Ada lagi yg luar biasa lho... ttg suguhan makanannya yaitu makanan traditional istilah jowonya makanan polo pendem ( telo, kacang, jagung, gembili, ganyong, pisang godok dll). Menurut saya makanan sprt itu sangat luar biasa karena jarang ada acara yg makanannya sprt itu ( polo pendem), soalnya kebanyakan jaman sekarang itu selalu mencari yang instan .

Alhamdulillah dari sekian rangkaian acara yang berlanjut, banyak ilmu yang bisa kita ambil hikmahnya. Semoga suatu saat kita bisa menggali ilmu lagi dari Bapak Nafik Palil .

Aamiin Aamiin Ya Robbal Aalamiin

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Alhamdulillah....terimakasih bunda-bunda hebat atas kunjungannya.....teriring doa jazaakumullah khoiron katsiiraa...

04 Apr
Balas

Keterlibatan org tua pengaruhi karakter seorang anak

03 Apr
Balas

setuju bunda karena karakter dibentuk perlu proses juga, sehingga tidak cukup dari pendidik saja, ortu juga ikut mmbentuk proses jazaakillah bunda sudah berkunjung n follow saya.... semoga menambah semangat saya untuk berlatih menulis karena ada yang memfollow saya...

05 Apr

Sarapan pagi yang sarat asupan gizi. Terima kasih pencerahannya Bunda...Semoga para orang tua menyadarinya. Barakallah

03 Apr
Balas

bu marlupi atau bu upik astana sy mau tanya, bagaimana caranya menemukan akun saya yang satu lagi di guru siana ini? apakah memang sudah terhapus dengan sendirinya ya?awal-awal sy bergabung di gurusiana masih bingung dalam memasukkan tulisan akhirnya sy membuat baru lagi, itu seingat saya, beda foto profil saya dan tulisan nama saya pakai huruf kecil, kalau yang ini kan huruf kapital semua, yang satunya tertulis bgini : Nurin Nuzulia oya, apakah bisa ada dua nama di sini? jazaakillah khoir

05 Apr



search

New Post