NURIN NUZULIA

Guru PAUD di ujung Barat Kabupaten Bojonegoro, tepatnya di TK Islam An Nuur Kecamatan Purwosari. Ingin berlatih menulis dan menulis, karena dengan menulis bisa ...

Selengkapnya
Navigasi Web
  “ Lima K” untuk menjadi Manusia Istimewa

“ Lima K” untuk menjadi Manusia Istimewa

#TantanganGurusiana (Hari ke-10)

Sabtu, 25 Januari 2020

Di hari ke sepuluh ini aku sepakat status Pak Leck Murman di FB yang berbunyi : “Liburan ke mana yang paling keren? Pergi berselancar di depan laptop. Bikin tulisan #TantanganGurusiana.” Iya, karena aku memang tidak punya agenda ke mana-mana. Selain itu, aku ingin sekali-kali upload tulisan di pagi hari, tidak seperti biasanya lebih sering di detik-detik terakhir jarum jam mendekati angka dua belas di tengah malam.

Aku ingin melanjutkan tulisan yang kemarin, yaitu menguraikan atau memberikan penjelasan tentang “Lima K” yang aku dapatkan dari Bapak Imam Mahmud,S.Sos,M.Pd (Ketua HIMPAUDI Propinsi JATIM )

1. . Kualitas Dzikir

Usahakan hablum minallah (ibadah kepada Allah) harus terus naik dari waktu ke waktu. Misalnya, kalau sudah melaksanakan sholat wajib, tambah dengan sholat rowatibnya. Sudah sholat Dluha, tambah dengan sholat tahajjud, sudah puasa Senin Kamis tambah lagi dengan puasa tiga hari di tengah bulan Hijriyah atau puasa ayyamul bidh, tambah nominal dalam bershodaqoh, baca Al Qur’an yang masih satu lembar tingkatkan menjadi “one day one juz” dan masih banyak lagi malan-amalan yang lainnya yang bisa ditingkatkan.

2. Kualitas Fikir

Terus berikhtiar untuk kebaikan diri yaitu dengan terus belajar. Hari ini bertemu dengan siapa dan belajar apa darinya, hari ini baca buku apa.

3. .Kualitas Kerja

Apa yang bisa disumbangkan dengan keberadaan diri. Kita harus kreatif, inovatif, variatif dan inspiratif. Kualitas kerja semakin meningkat, dan menjadi “Khoirun Naas Anfauhum Lin Naas”, sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat untuk manusia lainnya.

4. Kualitas Karya

Kita memiliki karya apa, menghasilkan apa, memberikan ide apa untuk lembaga atau untuk orang lain. Sebagaimana makhluk ciptaan Allah, binatang lebah yang menghasilkan madu, sapi yang menghasilkan susu, kambing, cacing dst.

5. . Kualitas Hidup

Jika empat kualitas di atas telah terpenuhi, maka dalam hidup kita akan memiliki ketenangan bersama anak, suami/istri, dan saudara- saudara kita.

semoga kita semua bisa mewujudkan lima kualitas di atas sehingga akan menjadi manusia istimewa menuju Insan Kamil.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post