NURIN NUZULIA

Guru PAUD di ujung Barat Kabupaten Bojonegoro, tepatnya di TK Islam An Nuur Kecamatan Purwosari. Ingin berlatih menulis dan menulis, karena dengan menulis bisa ...

Selengkapnya
Navigasi Web
MPLS Satu Minggu Bersama Ortu

MPLS Satu Minggu Bersama Ortu

Alhamdulillah Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau MPLS usai sudah. Dua Minggu apakah benar-benar sudah usai ? Belum, masih butuh waktu untuk pengenalan lingkungan baru bagi anak usia dini.

Secara administratif memang dua Minggu, namun sebenarnya selama di PAUD dengan prinsip pembelajaran Belajar melalui bermain adalah dalam tahap pengenalan. Para pendidik PAUD akan terus mengenalkan ke anak-anak pengetahuan awalnya terhadap semua hal di mulai dari lingkungan terdekatnya.

Stimulasi pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini melalui berbagai kegiatan akan dilakukan dengan penuh kesabaran dan keikhlasan.

Sebagaimana di TK Islam AN NUUR Purwosari Bojonegoro, MPLS di Minggu pertama masih ditunggu Ayah atau Bundanya, di Minggu kedua Alhamdulillah sudah mulai diserahkan sepenuhnya kepada pendidik yang dipanggil "ustadzah". Sejak berdiri satuan pendidikan ini sudah menerapkan MPLS seperti ini, yaitu cukup satu Minggu bersama ortu. Di Minggu kedua dan selanjutnya bersama ustadzah dan teman-teman.

Nah, apakah cukup satu Minggu bersama ortu? Apakah anak-anak benar-benar sudah bisa ditinggal di lingkungan barunya dengan aman dan nyaman, tanpa tangisan? Padahal banyak yang terlihat belum mau ditinggal dari Minggu pertama sampai minggu-minggu berikutnya, bahkan selama minimal di TK A.

Baiklah, saya akan berbagi pengalaman dari apa yang telah kami laksanakan selama dua puluh tahun. Minggu pertama saat masih ada orang tua atau wali anak didik, setiap hari harus dijadwalkan untuk berkomunikasi dengan orang tua atau wali anak didik. Misalnya, dari yang terkecil bagaimana memberi contoh menata sandal atau sepatu saat masih menunggu, harus ijin dulu saat akan meninggalkan meskipun sebentar, tapi benar-benar kembali lagi. Saya bersama para ustadzah menerapkan konsepnya pimpinan ponpes ternama , pondok modern Darussalam Gontor, Bapak KH Hasan Abdullah Sahal, yaitu TITIP ( Tega, Ikhlash, Tawakkal, Ikhtiar, Percaya). Sedangkan untuk para ustadzah, saya menemukan sendiri konsep ini setelah puluhan tahun berada di dunia PAUD, yaitu SIJII ( Sabar, Ikhlash, Jujur, Ikhtiar, Istiqomah). Untuk uraian dari dua konsep ini, InsyaAllah akan saya uraikan di tulisan selanjutnya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terimakasih

01 Aug
Balas

Mantap ulasannya, salam sukses Bu.

31 Jul
Balas



search

New Post