NURIN NUZULIA

Guru PAUD di ujung Barat Kabupaten Bojonegoro, tepatnya di TK Islam An Nuur Kecamatan Purwosari. Ingin berlatih menulis dan menulis, karena dengan menulis bisa ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Parenting YPI An Nuur

Parenting YPI An Nuur "Sebuah Ikhtiar untuk Anak dan Orang Tua"

Parenting atau sekarang istilahnya "Kelas Orang Tua" adalah salah satu bentuk program kemitraan Tri Sentra pendidikan yang dilakukan di satuan PAUD. Kelas orang tua ini merupakan wadah bagi orang tua untuk menambah pengetahuan dan ketrampilan mendidik anak.

Sebagaimana di YPI (Yayasan Pendidikan Islam) An Nuur yang beralamatkan di desa Purwosari Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro, melaksanakan program ini minimal dua kali dalam setahun. Telah diagendakan seperti tahun sebelumnya, yaitu disatukannya orang tua dari TPA, KB, TK dan SDIT An Nuur. Bertempat di mushola baru SDIT dengan nara sumber yang sudah tidak asing lagi di dunia pendidikan, Mr Nafik Palil, dari The Naff Sidoarjo. Alhamdulillah telah hadir pula Ka UPT Pendidikan Wilayah XII Bojonegoro, Bapak Drs. H Tisno dan Pengawas TK/SD kec Purwosari, Ibu Munti'ah, SPd,MM hingga acara selesai.

Mr Naff yang telah ikut memprakarsai dan memotivasi berdirinya SDIT An NUUR (tahun 2010) mengajak semua orang tua yang hadir bersama suami/isteri dan anak untuk duduk berdampingan. Selama dua jam semuanya yang hadir diajak merenung, mengingat apa yang telah dilakukan dalam mendidik anak-anaknya, sehingga semuanya tak mampu menahan air mata yang keluar. Berbagai ekspresi diminta oleh Mr naff, para orang tua untuk memeluk anaknya, kemudian anak mencium kaki ibunya, dan yang lebih dasyat lagi adalah saat anak kelas enam yang sebentar lagi akan menhghadapi ujian akhir, diminta Mr Naff untuk mencuci kaki ibunya sehingga Isak tangis semuanya tak tertahan lagi. Setelah itu anak-anak meminta maaf dan mohon doa kepada para ustadz ustadzah dari kelompok Bermain , TK, dan SDIT serta kepada semua orang tua yang hadir, sambil diiringi sholawat badar.

Di penghujung materi, Mr Naff menyampaikan tentang sepuluh kesalahan orang tua dalam mendidik anaknya, yaitu :

1. Tidak mau mencium kening anaknya

2. Sering membentak dan memukul

3. Selalu menuruti kemauan anak

4. Menakut-nakuti anak

5. Tidak mengatur waktu anak

6. Bertengkar di depan anak

7. Menomor satukan HP

8. Menaruh benda yang berbahaya sembarangan

9. Terlambat mengingatkan kewajiban

10. Membanding-bandingkan anak dengan anak lain.

Itulah sepuluh hal yang memang kita semua perlu diingatkan dan selalu diingatkan bagaimana seharusnya menjadi orang tua. Diibaratkan HP yang selalu harus dicharg, maka sebagai orang tua demikian juga. Terkadang tidak menyadari atau memang belum tahu bahwa yang dilakukan itu ternyata membawa dampak untuk anaknya, saat ini atau kelak beberapa tahun yang akan datang. Alhamdulillah melalui YPI An nuur para ustadz ustadzah yang kebanyakan juga telah menjadi orang tua, serta para orang tua siswa-siswi telah mendapatkan ilmu di parenting ini, yang sangat bermanfaat dan mengharap terus diadakan semacam ini, sehingga bisa menjadi orang tua yang Ridlo dan Peduli terhadap anak-anaknya. semoga yang dikhtiarkan oleh YPI An Nuur selalu mendapatkan keRidoan Allah SWT...Aamiin.May useful.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post