NURIN NUZULIA

Guru PAUD di ujung Barat Kabupaten Bojonegoro, tepatnya di TK Islam An Nuur Kecamatan Purwosari. Ingin berlatih menulis dan menulis, karena dengan menulis bisa ...

Selengkapnya
Navigasi Web

Puasa Ayyamul Bidh

#TantanganGurusiana(Hari ke-23)

Jum'at, 7 Februari 2020/13 Jumadil Akhirah 1441 H

Tanggal berapa sekarang? Kalau kalender Masehi (Januari-Desember) semua orang pasti akan langsung bisa menjawab. Namun kalau ditanya tanggal dengan kalender Hijriah (Muharram-Dzulhijjah) apakah semua ingat? Mungkin tidak semua ingat, hehe. maaf termasuk saya contohnya. Padahal sebagai orang Islam harusnya selalu ingat, bahwa ada tiga hari di setiap bulannya untuk melakukan amalan sunah yang sangat besar keutamaannya. Adalah Puasa Ayyamul Bidh yang dilaksanakan setiap tanggal 13, 14 dan 15 di bulan Hijriah, kecuali tanggal 13 Dzulhijjah, karena bagian dari hari tasyriq. Salah satu keutamaannya yaitu seperti puasa sepanjang tahun, sebagaimana Hadits Riwayat Bukhari : dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ‘Ash, Rasulullah SAW bersabda, “Puasa pada tiga hari setiap bulannya adalah seperti puasa sepanjang tahun.”

Alhamdulillah di jaman tehnologi serba canggih ini, kalender yang bertanda amalan puasa sunah sudah banyak bertebaran di medsos. Sehingga bisa saling mengingatkan untuk menambah amalan-amalan sunah yang dicontohkan Rasulullah SAW seperti puasa Senin-Kamis dan puasa Ayyamul Bidh. Bahkan ada beberapa pondok pesantren yang sangat menganjurkan santrinya untuk melaksanakan puasa ini, seperti di pesantren anak saya. Saya sangat bersyukur terkadang diingatkan oleh anak saya, Bismillah semoga bisa ikhtiar untuk istiqomah melaksanakannya, Aamiin

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post