Nurin Nuzulia

Seorang Guru PAUD di Bojonegoro bagian Barat, tepatnya di YPI AN NUUR Purwosari (TPA-KB-TK-SDIT). Rumah di desa Banjarjo (mBaru) Padangan. Ingin terus berlatih ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Happy Milad

Happy Milad "Sholatku"

Bagaimana Sholatku?Adalah tulisan yang terpampang di background sederhana dalam peringatan isra miraj yang diadakan oleh TPA-KB-TK Islam An Nuur Purwosari Bojonegoro. Kreatifitas ustadzah dalam mengemas acara ternyata mampu membuat anak-anak ingin berdiri semua dari duduknya untuk melihat lebih dekat. Ya, terutama saat ustadzah bermain drama singkat yang menggambarkan tingkah polah anak-anak saat sholat. Spontanitas, tidak pakai latihan, hanya alur singkat dan tujuan diketahui oleh semua ustadzah, jadilah tampilan. Anak-anak juga langsung merespon yang ditanyakan ustadzah saat ada perilaku yang kurang baik dalam sholat. Misalnya ada yang mainan peci temannya, “anak-anak, bolehkah saat sholat seperti itu...tidak boleh..dengan serempak anak-anak menjawab. Selain berperan yang tidak sungguh-sungguh, ada yang memperagakan sholat dengan sunguh-sungguh, sehingga tujuan yang diharapkan ke anak tercapai.

Begitulah semua ustadzah kebagian tugas. Ustadzah dengan memakai celemek cerita adalah sebagai pembukanya. Dilanjutkan memperlihatkan gambar-gambar orang sholat, bahwa sholat bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, asalkan rukun dan syarat sah sholat terpenuhi. Anak-anak sangat tertarik ketika melihat gambar orang sholat di atas rakit, di atas batu, dan di hutan. Selain itu ada pula ustadah yang mengajak tepuk sholat serta tabak nama gerakan sholat. Sebagai penutup, lantunan gerak lagu “Alfa Mabruk” sangatlah pas untuk mengucapkan “Happy Milad Sholatku”, karena dengan diingatkan peristiwa isra’ mi’raj adalah mengenang bagaimana pertama kali Nabi Muhammad mendapatkan perintah Sholat lima waktu. Sebagai momentum untuk refleksi diri para ustadzah saat mengajarkan sholat kepada anak-anak PAUD, mulai praktek wudlunya dan bacaan serta gerakan sholat. Selain itu yang lebih penting lagi adalah muhasabah diri, bagaimana sholatnya para ustadzah sebagai contoh anak-anak, apakah sudah tepat waktu?Apakah sudah dapat khusyu’, atau bahasa ke anak-anak adalah sungguh-sungguh?Apakah sudah dilengkapi dengan sholat-sholat sunnah qobliyah atau ba’diyah?

Alhamdulillah, adalah ucapan syukur kepada Allah SWT. karena masih diberi kesempatan untuk bertemu kembali dengan bulan bulan Rajab, Sya’ban dan semoga sampai bulan Ramadhan...Aamiin. May useful. EnNuzul.#catatandipenghujungRajab#

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Aamiin... Alhamdulillah bunda sdikit tulisan ini msh sbg latihan menulis, smg brmanfaat untuk diri sendiri khususnya....

17 Apr
Balas

pengin seperti bunda Raihana...aktif menulis dan pembacanya Subhanallah...bagaimana resepnya bunda.....jazaakillah khairan

19 Apr
Balas

Subhanallah...,inspiratif banget bunda. Baarakallah.

16 Apr
Balas



search

New Post