Nurjamilatul Chasanah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Adab memotong kuku (Tagur 30)

Adab memotong kuku (Tagur 30)

Islam sebagai agama yang Rahmatan Lil 'Aalamiin sangat menjunjung tinggi Akhlakul Karimah. Segala sesuatu yang akan dilakukan selalu ada adabnya. Seperti halnya makan. Adab seorang muslim saat makan sebaiknya mencuci tangan terlebih dahulu, membaca do'a, makan dengan tangan kanan dan tidak boleh berbicara ketika sedang makan.

Adab lebih utama dari pada ilmu. Apalah guna seseorang yang banyak ilmu namun tak beradab. Lebih baik sedikit ilmu tapi berakhlak dan selalu mengerjakan segala sesuatu dengan mengedepankan adab.

Memotong kuku mungkin di mata sebagian besar orang merupakan hal yang sepele. Namun dalam Islam, kegiatan memotong kuku pun ada adabnya dan ada tata caranya. Terdapat hari-hari yang dianjurkan juga tidak dianjurkan dalam memotong kuku. Sebagaimana dikutip dalam penjelasan Imam Qasim Al-Ghazi pada kitab Al-Bajuri bahwasanya jika kita memotong kuku pada :

1. Hari Senin : dapat membuat manusia menjadi alim dan memperoleh ilmu yang barokah.

2. Hari Selasa : akan menyebabkan kebinasaan dan mendatangkan bencana serta kerusakan.

3. Hari Rabu : akan menggambarkan buruk Budi dan akhlaqnya

4. Hari Kamis : dapat mendatangkan kekayaan dan kelapangan rejeki.

5. ,Hari Jum'at : dapat menambah ilmu dan sikap santun.

6. Hari Sabtu : akan menimbulkan penyakit yang dapat menggerogoti tubuh.

7. Minggu : dapat menyebabkan kehilangan barokah dalam hidupnya.

Pada penjelasan di atas, sebaiknya kita memotong kuku di hari-hari yang baik dalam Islam. Seperti pada hari Senin, Kamis, dan Jum'at.

Selain harus memperhatikan hari yang baik dalam memotong kuku, kita juga harus mengetahui urutan jari kuku mana yang lebih dulu harus kita potong. Dalam Islam dianjurkan hendaknya kita memotong kuku dimulai dari tangan kanan. Adapun jari kuku pertama yang harus dipotong yaitu dimulai dari jari telunjuk, kemudian jari tengah, jari manis, jari kelingking. Lalu baru menuju ke jari jempol. Sedangkan pada tangan kiri hendaknya memotong kuku dimulai dari jari kelingking, jadi manis, jari tengah, jari telunjuk, dan terakhir jari jempol.

Sebelum memotong kuku sebaiknya membaca basmalah dan do:a terlebih dahulu. Kuku-kuku yang sudah selesai dipotong dianjurkan untuk dikubur. Demikianlah adan memotong kuku dalam Islam. Mari kita praktikkan agar hidup kita semakin berkah.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya, terima kasih dan salam literasi dari Medan

15 Feb
Balas

Terima kasih atas kunjungannya.salam literasi juga

16 Feb



search

New Post