Nur Jannah

Pengais Aksara, Pengabdi Generasi dan Penjaga Tiang Merah Putih Tepi Utara Jakarta...

Selengkapnya
Navigasi Web
Media Literasi

Media Literasi

Entahlah kecintaanku pada literasi semakin menjadi. Apalagi setelah mengikuti pelatihan pembuatan media literasi sekolah di LPMP DKI Jakarta, Jalan Nangka, Jagakarsa. Media ini dapat meningkatkan minat belajar siswa di sekolah.

Sekurangnya ada tiga model media yang diajarkan. Pertama poster unik. Siswa dapat membuat poster berukuran besar yang berisi rangkuman materi pelajaran. Namun pembuatannya sangat menarik. Poster ini dapat diberi tambahan gambar warna-warni atau hiasan dari kertas origami atau lainnya.

Kedua big book. Benda ini seperti buku biasa namun ukurannya besar sekali. Dapat dibuat dari kertas gamba ukuran A4 atau kertas karton aneka warna yang dilipat dua, lalu tengahnya dilubangi untuk diberi tali atau pita. Isinya dapat berupa cerita, puisi, pantun, dan lain-lain.

Ketiga mini book. Kebalikan dari big book, maka mini book berukuran sangat kecil. Hanya setengah HVS saja. Kertas berukuran HVS ditumpuk jadi satu lalu dilipat dua dan dibinder atau distapler sehingga menjadi sebuah buku. Isinya dapat dihias dengan berbagai kreasi gambar yang unik.

Hmmm.... Terbayang serunya membuat media literasi ini jika dilakukan bersama-sama siswa.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post