Nur Jannah

Pengais Aksara, Pengabdi Generasi dan Penjaga Tiang Merah Putih Tepi Utara Jakarta...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pohon Harapan

Pohon Harapan

Pohon harapan adalah pohon buatan kreasi guru atau murid yang tebuat dari batang kayu dan dibuatkan beberapa cabang atau ranting.

Pohon harapan bisa berukuran kecil ataupun besar. Pohon harapan yang kecil dibuat dari sebuah pot kecil yang ditancapkan batang-batang lidi yang sudah dicat atau dilapisi kertas krep berwarna hijau. Sedangkan pohon harapan yang besar dapat dibuat dengan menggunakan sebatang bambu sepanjang 3-4 meter yang dibuatkan cabang-cabang dan ranting-ranting. Lalu dicat berwarna hijau tua atau coklat.

Kemudian mintalah murid menuliskan harapan-harapan mereka di atas selembar kertas Sticky Note. Lalu tempelkan pada ranting-ranting pohon yang tersedia. Kertas tersebut bisa dibuat beraneka bentuk. Kotak, bulat, hati, daun, dan lain-lain yang nantinya seolah menjadi daun-daun pada pohon harapan tersebut.

Tujuan kegiatan membuat pohon Harapan adalah meningkatkan kesadaran diri siswa bahwa harapan itu ibarat pohon. Mulanya hanya berupa benih kecil, namun jika diairi dan diberi pupuk serta cahaya matahari maka kemudian akan tumbuh akar, batang, daun, bunga dan buah. Menjadi sebatang pohon yang kokoh.

Begitulah harapan anak-anak. Mulanya hanya sebuah kalimat kecil, tetapi lama-kelamaan jika dipupuk dan dirawat dengan baik, harapan dan cita-cita itu akan terwujud juga dan berbuah yang manis rasanya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post