Nur Khamimah

"Beruntung menjadi seorang guru karena selalu berprinsip learning by example, menjadi orang yang ingin mengubah dunia tanpa melupakan mengubah dirinya sendiri...

Selengkapnya
Navigasi Web
Peran orang tua dalam penerapan pola asuh anak

Peran orang tua dalam penerapan pola asuh anak

Agenda hari ini adalah mengambil hasil belajar anak bungsu yang masih duduk di Play Group(PG). Saya datang tepat waktu agar tidak ketinggalan informasi. Dan benar adanya,jam 08.00 WIB, rapat pembagian hasil belajar dimulai.

Acara yang pertama adalah "parenting" orang tua terhadap anak. Disampaikan oleh Bunda Narmiasih,dimana beliau adalah seorang psikolog dan motivator. Disini saya membagi ilmu kepada Anda semua sebagai orang tua. Ternyata saya pribadi masih sering melakukan kesalahan dalam mendidik anak. 😰

Monggo dipirsani:

Yang pertama adalah bagaimana mendidik sisi emosional si kecil agar ia tak hanya tumbuh cerdas dan sehat tapi juga berbudi pekerti yang baik, cara yang bisa kita lakukan adalah:

1. mulai dari diri anda sendiri, seorang anak cenderung meniru orang tuanya, oleh karena itu orang tua harus berhati-hati dalam menjaga emosi diri sendiri, bukan saja dalam menangani anak tetapi juga dalam berinteraksi dengan orang lain.

2. Ajarkan perilaku yang baik. Tunjukkan bagaimana mengkomunikasikan emosinya dengan benar, ajarkan cara yang benar untuk mengekspresikan dirinya.

3. Perhatikan kebutuhan anak.kenali apa yang disuka dan tidak disuka anak, jangan memaksanya untuk selalu mengikuti kemauan orangtua tanpa mendengarkan kemauannya.

4. Jangan bersikap kasar. Jangan biasakan bersikap kasar kepada si kecil, bila ia melakukan kesalahan,beritahukan dengan tegas tetapi lembut.

5. Jangan memberikan label. Label negatif bisa berdampak buruk terhadap rasa percaya diri anak.

Tips berbicara dengan anak:

1. Berjongkok atau duduk agar bisa berhadapan sejajar dengan anak.

2. Saat berbicara, tataplah mata anak dan jangan mulai berbicara bila anak belum melakukan kontak mata.

3. Genggamlah tangan anak saat berbicara untuk menjaga perhatian mereka.

4. Minta mereka mengulangi apa yang telah anda katakan.

Anakmu mengenalkan siapa dirimu

1. Anak berbohong... Karena orang tua menghukum terlalu berat.

2. Anak tidak percaya diri, karena orang tua tidak memberikan semangat.

3. Anak kurang bicara, karena orangtua tidak pernah mengajaknya bicara

4. Anak pengecut, karena orang tua yang selalu membela.

5. Anak tidak menghargai orang lain, karena orang tua berbicara terlalu keras pada anak.

6. Anak marah, karena orang tua tidak pernah memujinya.

7. Anak lemah, karena orang tua suka mengancam.

8. Anak tertutup, karena orang tua yang sibuk

9. Anak tidak mematuhi, karena orang tua menuntut terlalu banyak.

10. Anak yang mengasari orang lain, karena orang tua suka melakukan kekerasan terhadap anak.

:: dan pada akhirnya cara mendidik anak yang terbaik adalah dengan memberikan contoh yang baik.

Semoga bermanfaat ya...😊

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren. Smga bisa dipraktikkan. Aamiin

18 Dec
Balas

Ibu adalah segalanya...IbuIbuIbuBapak

27 Jan
Balas



search

New Post