Nurleini,S.S

NURLEINI,S.S lahir di Tanjung Balit Kecamatan X Koto Diatas, Kabupaten Solok,Sumbar.Sekarang mengajar bidang studi bahasa inggris di MTsN 7 Solok yang dulu nama...

Selengkapnya
Navigasi Web
KATAKAN YES  JANGAN NO( Part 1)

KATAKAN YES JANGAN NO( Part 1)

Tantangan Hari Ke-79

Tantangan Gurusiana

KATAKAN “YES” JANGAN “NO”( Part 1)

Oleh : NURLEINI,S.S

Belajar bahasa Inggris merupakan suatu hal yang sangat diperlukan pada zaman now (memakai istilah anak sekarang) karena tidak bisa dipungkiri bahwa semakin majunya perkembangan zaman dan teknologi penggunaan bahasa Inggris sangat diperlukan terutama pada bidang pendidikan, industri, bisnis, dan juga berbagai bidang lainnya

Pada dasarnya belajar bahasa Inggris itu mudah, tidak sesulit yang kita bayangkan selama ini karena masih banyak diantara kita yang mengatakan bahwa bahasa Inggris itu sulit, menjadi hal yang menakutkan dan mengerikan terutama bagi para siswa-siswi di sekolah- sekolah. Banyak sekali alasan yang kita kemukakan sehingga malas mempelajari bahasa inggris diantaranya mungkin kita mengatakan bahwa bahasa inggris itu susah untuk dipelajari, bahasa inggris itu bahasa aneh bahasa langit,,tulisanya “one” dibaca “wan” ada kata kerja,pertama, kedua dan ketiga contohnya “go” ( pergi ) kata kerjanya kedua nya “ went” dan ketiganya “ gone “ tulisannya berbeda tapi artinya masih satu yaitu “pergi” padahal kalau di bahasa kita bahasa ibu kalau “pergi” ya pergi aja tidak ada perubahannya apakah pergi nya hari ini ,kemaren ataupun besok.

Bahasa inggris itu membuat lidah saya patah dan air liur saya jadi muncrat kemana -mana jadinya saya tidak suka bahasa Inggris, pekerjaan saya tidak di bidang bahasa inggris, atau kegiatan saya tidak ada hubungannya dengan bahasa Inggris dan lain sebagainya. Mungkin ada seribu alasan yang membuat kita menunda serta malas untuk mempelajari bahasa inggris sehingga kita juga malas untuk mencari solusi bagaimana cara belajar bahasa inggris itu dengan mudah.

Salah satu alasan yang menyebabkan kita malas menemukan cara belajar bahasa inggris dengan mudah adalah karena kita takut salah, takut melakukan kesalahan dalam mempraktekkannya, takut ditertawakan karena keterbatasan kosakatanya tidak tahu dan tidak hafal kosakata yang akan dipakai saat itu maka muncul lah pertanyaan pertanyaan pada diri kita “gimana kalau ucapann nya salah?”“nanti diketawain orang-orang.”” Benar gak ya kosakatanya ?”dan lain sebagainya.

Alasan berikutnya adalah kita selalu mengatakan bahasa inggris itu sulit dan sulit dan didalam memori otak kita sudah terkonsep bahwa bahasa inggris itu sulit, maka secara otomatis otak kita sudah menyimpan bahwa bahasa inggris itu sulit sehingga setiap keluar kata kata didalam bahasa inggris atau sesuatu yang berhubungan dengan bahasa inggris maka yang terbayang oleh kita adalah sulitnya bukan arti atau maksud dari bahasa tersebut sehingga kita sangat sulit untuk merobah konsep yang sudah tertanam pada memori otak kita yang akhirnya yang terjadi bahasa inggris itu benar benar sulit..

Alasan lainnya adalah kita menganggap bahasa Inggris sebagai ilmu pengetahuan saja Padahal, bahasa inggris itu merupakan keterampilan berbahasa. Mengapa keterampilan? Karena bahasa merupakan alat untuk komunikasi yang digunakan manusia untuk menyampaikan apa yang ada di pikiran kita kepada orang lain termasuk bahasa inggris yang merupakan bahasa internasional. Sementara kita selalu terfokus pada pengetahuan saja sehingga kita merasa malas dan merasa tidak nyaman dengan bahasa inggris tersebut. Sehingga tidak ada terjadinya komunikasi dan keterampilan berbahasa didalam bahasa inggris.

Bersambung…

Tantangan Hari Ke-79

Tantangan Gurusiana

KATAKAN “YES” JANGAN “NO”( Part 1)

Oleh : NURLEINI,S.S

@Gonting Bangun, Solok, 4 Agustus 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Saya pernah harus mengajar matematika dalam dua bahasa, di usia yang tidak lagi muda. Belajar ke Pare sangat membantu, yes I like it he he

05 Aug
Balas

Tulisan informatif dan inspiratif. Sukses selalu. Salam literasi

04 Aug
Balas

Terimakasih udah berkunjung, salam sukses selalu

04 Aug

Keren. Salam. Sukses selalu Bucan.

04 Aug
Balas

terimaksih,sukses selalu

04 Aug

Saya ingiiin banget belajar bercakap-cakap dalam bahasa Ingrris. Hanya ya, itu, kurang berani dan takut salah. Tapi kalau mendengar percakapan di film saya agak mengerti maksudnya.

04 Aug
Balas

Ayo bun jangan takut dan malu, semangat belajar nya, salam sukses

04 Aug

Opini yang keren bu

04 Aug
Balas

Terimakasih bunda, salam sukses selalu

04 Aug

Ulasan yang mantap bu. Sukses selalu

04 Aug
Balas

Terimakasih,sukses juga ya

04 Aug

terimakasih ilmunya Bun, sudah saya fallow Bun

04 Aug
Balas

terimaksih juga bun udah di follow juga

04 Aug

Mantap

04 Aug
Balas

terimakasih ya.salam sukses

04 Aug

Ulasan yang mantap ibu cantik.. Sangat informatif.. Terima kasih sudah berbagi ilmu untuk kita semua ya bu. Salam santun

04 Aug
Balas

Terimakasih bunda,semoga bermanfaat,salam

04 Aug

Salam santun dan sukses juga

04 Aug

Sebelum kursus di Pare, saya juga menganggap Bahasa Inggris itu Sulit Bun. Seulan di sana membuat pemahaman dan sudut pandang saya thd Bhs. Inggris berubah 180 derajat.

04 Aug
Balas

Wah hebat dan Mantap Pak ,sukses selalu

04 Aug

Terimakasih ilmunya BuSukses selalu

04 Aug
Balas

Terimakasih bun, sukses juga

04 Aug

Tulisannya menginspirasi. Keren. Salam kenal, sudah saya follow ya Bu. Salam literasi ya Bu.

04 Aug
Balas

Yes, ditunggu lagi Bun

04 Aug
Balas

Terimakasih ya, salam sukses

04 Aug

Yes!

04 Aug
Balas

Thanks ,salam sukses

04 Aug

Yes keren banget tulisanny

04 Aug
Balas

Terimakasih,salam sukses

04 Aug

bener bunda, saya pengen banget bisa bahasa inggris, tapi sudah terlanjur terformat di otak sulit, yah beneran sulit, terima kasih bunda atas ulasannya, keren banget bunda,salam sukses dan salam literasi

04 Aug
Balas

Ayoo mulai lagi belajarnya, bisa secara online sekarang, terimakasih semoga bermanfaat, salam sukses juga

04 Aug

Yes ma'am....kita sama2 english teacher, semangat sllu bunda.

04 Aug
Balas

Owh, nice to meet you, Thank you so much,

04 Aug

Yes ! Keren bu ... Salam kenal

04 Aug
Balas



search

New Post