Nurli Yanti

Hanya seorang guru bagi anak-anak di sekolah , istri bagi suami tersayang, dan ibu bagi anakku. Tidak sering menulis, baru mau belajar rajin menulis 😁...

Selengkapnya
Navigasi Web

Membuat Kuis di Google Form

Hari ke-70 #TantanganGurusiana

Hari ini saya skip dulu menulis cerpen. Saya coba menulis di kategori best practice.

Saat tulisan ini dimuat, saya dan semua rekan-rekan guru masih menjalani pembelajaran jarak jauh. Sebetulnya pemanfaatan IT di lingkungan sekolah saya masih belum merata. Masih ada satu dua wali murid yang belum memiliki WA. Namun saya berusaha keras untuk membuat sebagian besar yang sudah siap menggunakan IT, agar tetap mendapat pembelajaran.

Mulanya, saya menggunakan cara jadul dalam memberikan tugas atau pun materi. Saya foto dari buku tugas, kemudian anak-anak disuruh menulis di buku masing-masing, lalu setiap anak mengirim foto hasil tugasnya.

Satu sisi, memang cara tersebut memudahkan guru di awal, tapi membuat ribet di akhir saat harus mengoreksi seluruh hasil tugas anak.

Hari ini, saya mencoba memanfaatkan fitur Google form dalam bentuk quiz. Di sini kita bisa membuat soal apa pun kemudian memilih jenis soal apa yang kita mau. Saya mencoba soal pilihan ganda.

Berikut caranya:

Ketik forms.google.com kemudian pilih blank, selanjutnya akan muncul sebuah tampilan. Di dalamnya ada Formulir tanpa judul. Kita ubah kalimat tersebut menjadi judul yang kita butuhkan. Misalnya Penilaian Harian Tema 8 Kelas 4. Pada setelan, di tab kuis, aktifkan jadikan ini sebagai kuis. Kemudian klik 'segera setelah pengiriman' di rilis nilai. Pastikan jangan memberi centang pada bagian responden dapat melihat pertanyaan tak terjawab, jawaban yang benar serta nilai poin.

Selanjutnya kita memilih jenis soal dengan cara mengklik tanda panah yang ada di sebelah kanan. Lebih jelasnya bisa dilihat di gambar ya. Saya memilih jenis soal pilihan ganda.

Ketikkan soal, dilengkapi dengan opsi pilihan. Kemudian pada kunci jawaban, ketik kunci jawaban sesuai soal dan masukkan skor penilaian. Klik selesai

Untuk menambah soal, klik tanda + yang ada di sebelah kanan.

Ketik soal lagi berikut kunci. Lakukan sampai seluruh soal yang kita inginkan untuk penilaian masuk ke dalam google form.

Terakhir, klik kirim. Bagikan link pada grup kelas. Selesai.

Keuntungan dari penggunaan Google form ini adalah meringankan guru dalam mengoreksi hasil. Kita bisa langsung mendapat hasil siswa tanpa harus menilai satu per satu. Sungguh menyenangkan!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Meringankan mita dalam mengoreksi dan menyenangkan bagi siswa yg mempunyai android buk. Aku sudah menggunakannya untuk ulangan harian. Siswa menyukainya buk. Salam kenal.

01 Apr
Balas

Salam kenal juga Bu. Terimakasih sudah mampir.

02 Apr



search

New Post