Nurli Yanti

Hanya seorang guru bagi anak-anak di sekolah , istri bagi suami tersayang, dan ibu bagi anakku. Tidak sering menulis, baru mau belajar rajin menulis 😁...

Selengkapnya
Navigasi Web
Scrabble

Scrabble

Hari ke-79 #TantanganGurusiana

Scrabble adalah permainan menyusun kata dari keping-keping huruf yang diambil secara acak.

Permainan Scrabble mulanya diciptakan pada tahun 1938 dengan nama "Criss-Crosswords" oleh seorang arsitek bernama Alfred Mosher Butts. Permainan ini merupakan penyempurnaan dari permainan Lexiko yang lebih dulu diciptakannya, tetapi dilengkapi papan permainan dan cara bermain seperti teka-teki silang.

Scrabble dimainkan di atas papan dengan kotak kotak seperti catur. Jumlah masing-masing kolom dan baris ada 15. Kotak-kotak dalam Scrabble terdapat tulisan seperti double word, double letter, triple word, triple letter. Double word artinya jika kita berhasil menyusun kata, maka poin kata yang kita susun akan dikalikan 2, jika triple word maka akan dikalikan 3. Double letter artinya poin huruf yang kita pakai akan dikalikan 2, jika triple letter akan dikalikan 3.

Setiap keping huruf mempunyai poin. Misalnya huruf A, E, N, R, I, S, T, O, U bernilai 1 poin. Huruf D, G, bernilai 2, huruf B, M, P bernilai 3, huruf K bernilai 5, huruf X bernilai 8. Intinya huruf yang jarang muncul pada kata, akan semakin besar nilainya.

Dalam Scrabble, kita dilatih untuk menyusun kata bahasa Inggris. Bisa menggunakan kamus untuk membantu mencari kata yang sesuai. Tentu hal ini sangat bermanfaat untuk menambah kosakata dalam bahasa Inggris.

Permainan akan semakin seru jika dimainkan berempat. Tiap orang akan berlomba mengumpulkan poin dari kata-kata yang berhasil disusun. Sungguh mengasyikkan! Tertarik bermain Scrabble?

Sumber : https://id.m.wikipedia.org/wiki/Scrabble, diunduh tanggal 10 April 2020, pukul 20.11

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

kayanya bagus tuh untuk belajar mencari kosa kata

10 Apr
Balas

Betul Bun.

11 Apr



search

New Post