Nurul Kumala Azzahra

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
(86). PANGGILAN ILAHI
Gambar ilustrasi: Google

(86). PANGGILAN ILAHI

eps. MENATA HATI

Oleh: Nurul Kumala Sari

***

Sejak pulang dari acara sosialisasi ibadah haji tahun 2019, pada bulan November 2018 yang diselenggarakan oleh Kemenag Kabupaten Bondowoso, saya langsung memantapkan hati dan meneguhkan niat bahwa keberangkatan saya ke tanah suci untuk memenuhi panggilan Allah SWT dan menyempurnakan Rukun Islam serta untuk meningkatkan ketaqwaan dan kecintaan saya kepada Allah SWT bukan untuk mencari pujian manusia.

Saya berusaha memperbaiki akhlak dan sikap saya. Melakukan muhasabah. Berusaha lebih sabar menghadapi permasalahan terutama di sekolah. Setiap saat selalu beristighfar, berzikir, memperbaiki sholat fardhu dan memperbanyak sholat sunnah. Berusaha sholat fardhu tepat waktu dan menyempurnakannya dengan sholat sunnah rawatib dua belas rakaat. Setiap hari berusaha menjaga wudhu, istiqomah sholat tahajut, sholat dhuha, sholat taubat dan mengaji one day one juz. Apa yang saya lakukan ini sangat berguna karena berlanjut terus hingga saya berada di tanah suci.

Ada hal yang juga sangat penting, yaitu saya memperbaiki hubungan saya dengan sesama manusia, tak segan untuk meminta maaf kepada setiap orang yang saya kenal, pada keluarga, kerabat, teman dan para siswa. Ketika semua ikhtiar ini sudah dilakukan, datanglah ujiannya. Ujian datang dari keluarga dan guru/ staf di sekolah. Ujian yang menguji kesabaran saya. Saya paham mengapa Allah memberikan ujian-ujian sebelum saya berangkat ke tanah suci, tujuannya untuk membersihkan saya dari segala dosa saya.

Ibadah haji merupakan ibadah fisik. Saya mengikuti program menjaga kesehatan yang disarankan oleh dr. Umi, Kepala Puskesmas Tegalampel, yaitu diet makanan yang mengandung lemak jahat, tidak minum minuman yang bersoda, mengurangi asupan karbohidrat dan gula supaya berat badan berkurang dan tubuh menjadi sehat. Rajin berolah raga. Dan olah raga yang disarankan adalah jalan kaki atau jogging. Selain itu banyak makan makanan yang bergizi , sayuran dan buah, serta minum air putih 2 liter sehari.

(BERSAMBUNG)

***

Taman Mutiara, 11 Juli 2020

#taGur ke-86

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap, ..tidak hanya menyiapkan mental, namun juga menyiapkan fisik dan stamina..klop banget utk ibdah haji..salut

11 Jul
Balas

Betul Pak...Hal ini selalu diingatkan oleh pembimbing ibadah haji. Supaya ibadah hajinya sempurna wsjib dan rukunnya. Terima kasih apresiasinya...

12 Jul

Persiapan yang cukup matang.

11 Jul
Balas

Iya Bu. Supaya sempurna ibadah hajinya baik wajib maupun rukunnya. Terima kasih sudah singgah Bu...

12 Jul



search

New Post