Nurul Kumala Azzahra

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
(87). PANGGILAN ILAHI (bagian 4)
Gambar Ilustrasi: Google

(87). PANGGILAN ILAHI (bagian 4)

eps. BIMBINGAN MANASIK HAJI

Oleh: Nurul Kumala Sari

***

Untuk persiapan ibadah, kita wajib mencari Ilmu Manasik Haji sehingga tahu apa yang harus dilakukan ketika melaksanakan ibadah haji, tahu apa yang dimaksud dengan umroh dan haji, serta paham rukun dan wajib haji.

Manasik haji adalah peragaan pelaksanaan ibadah haji sesuai dengan rukun - rukunnya. Selain itu para CJH juga akan belajar bagaimana cara melakukan praktik tawaf, sa 'i, wukuf, lempar jumrah, dan prosesi ibadah lainnya dengan kondisi yang dibuat mirip dengan keadaan di tanah suci.

Pada bulan November 2018 saya mendaftar di KBIH At-Taqwa yang bertempat di Masjid Agung At-Taqwa. Pelaksanaan bimbingan dimulai sejak bulan Januari 2019 setiap hari Ahad dari pukul 07.30 WIB sampai pukul 12.00 WIB atau setelah sholat dhuhur.

Saya senang bisa mengikuti kegiatan manasik haji setiap hari Ahad. Ada sekitar dua ratus lima puluhan calon jamaah haji yang belajar di KBIH At-Taqwa. Seluruh CJH dan para pembimbing memakai baju putih. Melihat ummat berpakaian putih duduk dengan khusuk sambil melantunkan talbiyah dan sholawat, hati bergetar terharu dan kedua mata selalu berlinang air mata, seolah saya sudah berada di tanah suci.

Materi yang disampaikan dari hal yang pokok yaitu ilmu tata cara ibadah haji sampai hal - hal yang harus dilakukan CJH dari persiapan sebelum keberangkatan sampai selama berada di tanah suci. CJH juga belajar bacaan atau doa - doa baik yang sederhana maupun yang rinci pada saat pelaksanaan ibadah haji. Diberikan bimbingan meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah harian, seperti sholat berjamaah, sholat - sholat sunnah, dzikir, membaca Al-Qur'an dan sebagainya. Dikenalkan dengan tempat - tempat yang istijabah seperti Ka'bah, Multazam, Maqom Ibrahim, Hijir Ismail, Hajar Aswad dan sebagainya.

(BERSAMBUNG)

Taman Mutiara, 12 Juli 2020

#taGur ke-87

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih ibu atas ilmunya. Semoga bisa kesana secepatnya aamiin

13 Jul
Balas

Mantap..istilahnya itu pembekalan bu..dan sangat bermanfaat seblum ibadah haji..suka artikelnya

12 Jul
Balas

Betul Pak Eko. Terima kasih apresiasinya. Barakallah..

12 Jul

Mantab bu, semoga saya segera dapat mengikuti bunda

12 Jul
Balas

Barakalloh !

14 Jul
Balas

Mantap bu

13 Jul
Balas



search

New Post