nur rahmadhani

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Kehadiran Bulan Suci di Tengah Pandemi

Kehadiran Bulan Suci di Tengah Pandemi

#Tantangan gurusiana ke 38 (60)

Tidak terasa bulan Ramadhan akan segera tiba. Tinggal hitungan hari. Di tengah wabah penyakit ini umat muslim berharap bulan suci Ramadhan menjadi penawar hati yang gundah gulana di tengah Pandemi yang belum juga mereda. Doa-doa pun dipanjatkan berharap wabah segera sirna sebelum bulan suci Ramadhan.

Menghadapi hadirnya Ramadhan sebagian daerah telah menerapkan berupa himbauan untuk tidak melaksanakan tarawih berjama'ah dan tadarusan di Mesjid. Ini untuk mengantisipasi kegiatan berkumpul yang dikhawatirkan akan memperlebar penularan virus. Tentu saja kebijakan beberapa daerah akan membuat bulan Ramadhan akan terasa sepi dan hambar. Mengingat tarawih dan tadarusan adalah agenda rutin selama bulan suci Ramadhan.

Kebijakan tentang peniadaaan sholat tarawih berjama'ah dan tadarusan di Mesjid menjadi perdebatan di kalangan masyarakat. Sebagian masyarakat menyetujui kebijakan yang diambil oleh pemerintah karena mereka berpendapat bahwa sholat tarawih dan tadarusan masih bisa dilaksanakan di rumah bersama dengan anggota keluarga. Namun, masyarakat yang tidak menyetujui kebijakan ini beranggapan bahwa peniadaan taraweh berjama'ah dan tadarusan di Mesjid akan menyebabkan hilangnya keberkahan Ramadhan.

Pro dan kontra sudah menjadi hal yang biasa di tengah masyarakat. Yang menjadi pertanyaan apakah kita sudah mempersiapkan diri menyambut bulan suci Ramadhan dengan beramal ibadah. Jangan sampai hadirnya Ramadhan di tengah pandemi menjadi alasan bagi kita untuk bermalasan menjalankan ibadah. Apabila kita bisa menjalankan bekerja dari rumah dengan penuh antusias, begitu pula dengan beribadah kita lakukan dengan penuh semangat dan keikhlasan. Allah beri umat muslim cobaan wabah pandemi pada saat berpuasa karena Allah ingin melatih kesabaran dan keikhlasan kita.

Ahlan wa Sahlan ya Ramadhan, kami sambut kehadiranmu di tengah kondisi wabah ini. Marhaban ya Ramadhan kami yakin Allah akan melimpahkan kasih sayangNya dan kekuatan kepada kami untuk menjalankan ibadah puasa. Semoga kehadiran bulan suci ini penggugur dosa bagi kita semua. Aamiin ya Robbal alamiin.

Panyabungan, 17 April 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post