NURROHMAH PUJI MASTUTI

Guru IPA yang sejak kecil gemar sastra. Seringkali menulis puisi dan cerpen di sela kegemaran traveling.Lebih suka diam dan suka dengan ketenangan. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Cahaya Dapat Dibiaskan (H148)

Cahaya Dapat Dibiaskan (H148)

Selain cahaya bersifat merambat lurus, cahaya dapat dipantulkan, dan juga dapat dibiaskan. Bagaimana cahaya dapat dibiaskan? Untuk mengetahuinya para siswa diajak melakukan kegiatan percobaan Ayo Kita Lakukan sesuai Aktivitas 11.2. Mengapa Sendok Terlihat Bengkok?

Namun dalam percobaan kali ini alat dan bahan yang kami gunakan tidak sama persis dengan alat bahan yang ada dalam data di buku siswa halaman 170. Hal ini untuk memberikan pemahaman kepada siswa, bahwa benda-benda apa saja di sekitar kita bisa digunakan untuk berbagai percobaan. Juga agar siswa dapat memahami sekaligus menerapkan bahwa belajar IPA dapat dilakukan di mana saja, kapan saja, dengan bahan yang ada di sekitarnya, alat-alat yang sederhana, dan berbagai hal mudahnya belajar IPA.

Adapun alat yang kami pilih dalam percobaan pembiasan cahaya kali ini adalah : sedotan bekas warna putih, air, gelas kimia 250 ml. Masing-masing kelompok mendapatkan satu set alat dan bahan tersebut.

Percobaan dilakukan di laboratorium IPA tiga puluh menit setelah percobaan yang pertama.

Langkah-langkah dalam percobaan adalah dengan lebih dulu menyiapkan alat dan bahan. Kemudian mengisi gelas kimia dengan air sebanyak 3/4 bagian (200 ml). Sedotan warna putih dimasukkan ke dalam gelas berisi air dan selanjutnya dilakukan pengamatan.

Semua siswa termotivasi untuk melakukan pengamatan dengan baik dan gembira. Bahkan ada yang mengamati dari berbagai arah. Setiap kelompok dengan anggota 4-5 siswa selanjutnya mencatat hasil pengamatan dan melengkapi dengan gambar.

Pengamatan dilakukan dengan cermat sehingga posisi sedotan dapat terlihat dengan tepat. Baik sedotan yang berada di atas air maupun yang ada di dalam air. Dan inilah hasil dari percobaan mereka. Sedotan terlihat bengkok saat dimasukkan ke dalam gelas kimia berisi air.

Dalam diskusi kelompok ada beberapa pertanyaan yang mereka jawab dengan kerjasama. Antara lain : (1) Apa yang terjadi pada sedotan? Mengapa peristiwa tersebut dapat terjadi? Jelaskan!, (2) Mengapa cahaya dapat dibiaskan melalui medium yang berbeda kerapatannya?, (3) Gambarkan diagram yang dapat menjelaskan proses terjadinya pembiasan pada sedotan.

Untuk kesimpulan dapat diambil dari semua hasil percobaan tersebut. Cahaya akan dibiaskan ketika melalui dua medium yang memiliki kerapatan optik yang berbeda. Kecepatan cahaya akan menurun saat dari udara memasuki air atau medium yang lebih rapat.

Semakin besar perubahan kecepatan cahaya saat melalui dua medium yang berbeda, akan semakin besar pula efek pembiasan yang terjadi. Namun pembiasan tidak akan terjadi saat cahaya masuk dengan posisi tegak lurus bidang batas kedua medium.

Semoga bermanfaat. Salam literasi.

H 148

Nganjuk, 28 Mei 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post