NURROHMAH PUJI MASTUTI

Guru IPA yang sejak kecil gemar sastra. Seringkali menulis puisi dan cerpen di sela kegemaran traveling.Lebih suka diam dan suka dengan ketenangan. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Lingkungan sebagai Sumber Belajar

Lingkungan sebagai Sumber Belajar

Cuaca terasa panas. Suhu udara pun meningkat daripada biasanya. Di dalam kelas, bahkan angin hampir tak terasa membelai raga. Suasana menjadi semakin kurang nyaman. Apalagi anak-anak sudah merasa agak jenuh berada di ruangan. 

Jalan terbaik adalah dengan mengajak mereka rekreasi ke luar. Tidak perlu jauh. Cukup dengan menikmati udara bebas di luar kelas. 

Kali ini mungkin beberapa guru merasa heran. Karena di antara mereka tidak ada yang membawa peralatan. Bahkan hanya satu dua siswa saja yang membawa bukunya. Ada apa sebenarnya? 

Memang hari ini mereka sedang belajar. Menikmati alam dan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar. Mereka bebas bereksplorasi asalkan masih berada di lokasi yang aman. Guru pun sudah memberikan kepercayaan kepada mereka. Jadi jangan ragu bila mereka mungkin tidak kembali. Sang guru yakin mereka tidak ingin ketinggalan dalam pelajaran hari ini. 

Hingga dua tiga jam pelajaran dilakukan sesuai rencana. Praktik mendeskripsikan tekstur tanah yang mereka peroleh dari beberapa lokasi. Mereka pun bergembira. Belajar memang tidak harus melulu di kelas saja. 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap Mbak. Sukses selalu

26 Mar
Balas

Keren ulasannya

26 Mar
Balas



search

New Post