Nursaniah Pasri

Nursaniah Pasri lahir di sebuah kota kecil Padangsidimpuan 46 tahun yang lalu. Selain mengadu kepada Allah, pensil dan kertas adalah sahabat setia saat didera s...

Selengkapnya
Navigasi Web
Hindari Jenuh Saat Daring
hari ke 36

Hindari Jenuh Saat Daring

Pembelajaran Jarak Jauh dalam  kurun waktu yang lama bisa membuat si kecil merasa bosan. Rutinitas yang monoton,pasti sangat menjemukan. Menonton video pembelajaran, mengerjakan tugas lalu menguploadnya. hal yang selalu dilakukannya  berualang-ulang dari hari ke hari.  Perlahan kejenuhan bisa  menciptakan stress ringan pada anak. Sedangkan kondisi tak mengijinkan kita untuk mengajaknya melakukan aktivitas di luar rumah.

Untuk menghilangkan rasa bosan yang mendera si kecil saat daring, ada baiknya kita mencoba trik berikut ini :

1. Mengajak Anak Bernyanyi

Ajak anak menyanyikan lagu lagu kesukaannya. Lagu yang pernah dipelajarinya di sekolah, maupun lagu-lagu favorit yang dari soundtrack film-film kesaayangannya. Menyanyi dapat membantu menenangkan saraf, mengeluarkan endorfin (hormon bahagia), mengeluarkan oksitosin (hormon yang berhubungan dengan rasa cemas dan kadar stres dalam tubuh), dan meredakan gejala serangan panik. Bernyanyi sambil bergoyang atau menggerakkan badan akan menambah perasaan senang. 

 

2. Mengajak Anak Memasak 

Ajaklah anak memasak makanan yang mudah dibuat namun disukai hampir semua anak. Misalnya membuat burger dengan toping pilihan anak. Ajak anak menikmati setiap proses dan langkah-langkah memasaknya. Berikan pujian saat menikmati sajian yang telah dibuat bersama. Anak akan merasa bangga dengan hasil karyanya. 

 

3. Mewarnai atau Menggambar Bersama

Aktivitas yang disukai anak anak termasuk kegiatan menggambar dan mewarnai. Meskipun kita tidak memiliki bakat senia yang baik, tak ada salahnya mengajak anak menggambar dan mewarnai bersama. Gambarlah benda benda yang menarik atau moment lucu yang pernah kita lewati bersama. Meskipun hasilnya tak sesempurna yang kita inginkan akan ada keseruan yang membuat anak gembira.

4. Senam Irama

Senam irama dengan musik ceria akan sangat menyenangkan. Carilah tutorial yang sesuai untuk anak lewat channel Youtube. Bergerak dengan aktif dan gembira akannmembuat si kecil bisa beristirahat sejenak dari melupakan rutinitas daringnya yang monoton. Kegiatan ini kan lebih menyenangkan jika dilakukan bersama anggota keluarga lainnya.

5. Menonton Film

Kita bisa menemukan berbagai judul Film anak terbaru lewat Youtube, sesekali ajak anak menikmati tontonan seru yang sudah anda tonton sebelumnya untuk mengetahui pantas atau tidaknya film film tersebut untuk di konsumsi oleh anak. Film seru dengan petualangan yang menantang adalah pilihan yang pas yang dapat memancing emosi.

6. Berkebun

Ajak anak merawat taman atau tanaman kesukaan anda. Kenalkan cara menyayangi tanaman hingga akan memberi hasil yang indah sebagai imbalan atas perlakuan kita terhadap mereka. Berkebun mengajarkan seseorang untuk lebih mengenal dan memahami kehidupan. Lingkungan yang hijau dan segar bisa menenangkan pikiran kita sekaligus memberikan asupan oksigen yang baik ke tubuh serta otak sehingga tubuh jadi makin sehat serta bahagia.

Kita dapat memilih aktivitas yang kita anggap paling mudah dilaksanakan. Semoga dapat mengurangi kejenuhan ananda tercinta dalam menghadapi daring yang masih panjang. Semoga bermanfaat.

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap Bu, ide menawan. salam kenal

07 Sep
Balas

Tksh bun... salam kenal kembali, sukses selalu ya...

07 Sep

mantap bu Nursaniah, sangat bermanfaat.

07 Sep
Balas

Tksh bun, snang dapat kunjungan, salam sukses...

07 Sep

mantap bu Nursaniah, sangat bermanfaat.

07 Sep
Balas

Mantap Bu...., sudah di follow ya bu

07 Sep
Balas

Tksh bu Elmi, salam sukses...

08 Sep

Mantap Bun ...supaya anaknya beta belajar dan sukses selalu

07 Sep
Balas

Tksh bun... smg membantu, salam sukses...

07 Sep

Salam literasi Bu

08 Sep
Balas

Salam literasi bunda, sukses selalu

08 Nov

Keren tipsnya Bu. Semoga sukses selalu. Barakallahu

08 Sep
Balas

Tksh kunjungannya pak Yusrin, salam sukses...

08 Sep

Ide yang keren Bun

07 Sep
Balas

Tksh bun, smg brmanfaat... Salam literasi...

07 Sep



search

New Post