Nursaniah Pasri

Nursaniah Pasri lahir di sebuah kota kecil Padangsidimpuan 46 tahun yang lalu. Selain mengadu kepada Allah, pensil dan kertas adalah sahabat setia saat didera s...

Selengkapnya
Navigasi Web
Membedakan si Kembar Identik
30 Januari 2023

Membedakan si Kembar Identik

Trik Membedakan Anak Kembar Identik di Kelas

Beberapa tahun belakangan ini setelah selesainya proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB),di sekolah kami selalu terjaring satu sampai dua pasang anak kembar setiap tahunnya. Sebagai guru kelas 1 yang memang benar-benar mengawali pengenalan siswa secara menyeluruh baik fisik maupun latar belakang keluarga, ada kalanya kita menemukan kesulitan untuk membedakan pasangan anak kembar, terutama anak kembar identik. Sebelum memaparkan beberapa trik dalam membedakan anak kembar, ada baiknya kita menyimak terlebih dahulu informasi tentang jenis anak kembar berikut.

1. Kembar Identik

Kembar identik adalah sebuah kondisi yang juga disebut dengan kembar monozygotic. Artinya anak yang lahir dari 1 sel telur yang dibuahi dan kemudian membelah dua setelahnya. Kedua bagian tersebut pun tumbuh menjadi bayi.

Keistimewaan kembar identik adalah, karena mereka berasal dari sperma dan juga indung telur yang sama, kromoson mereka akan sama 100 persen.Dengan demikian mereka akan memiliki jenis kelamin yang sama, memiliki genetik karakter yang sama seperti rambut dan juga warna mata.

Meski demikian, hal-hal yang terjadi di lingkungan, seperti seberapa besar ruang yang mereka miliki di dalam rahim bisa menimbulkan beberapa perbedaan dalam penampilannya. Hal yang unik dari kembar identik adalah ternyata mereka juga bisa lahir dengan kelamin yang berbeda. Meski demikian, hal ini sangatlah jarang terjadi.

Biasanya, kembar identik yang seperti ini pertama terbentuk sebagai kembar identik dengan jenis kelamin laki-laki. Mereka berdua memiliki kromosom XY, bukan XX seperti kromosom perempuan.ketika sel telurnya membelah menjadi dua, mutasi gen akan menyebabkan salah satunya kehilangan kormosom Y dan berubah menjadi XO.Mutasi ini disebut dengan turner syndrome karena salah satu dari bayi tersebut hanya memiliki X kromosom, ia akan terlihat seperti perempuan namun memiliki kesulitan untuk berkembang saat lahir dan akan memiliki masalah kesuburan ketika sudah dewasa nanti. Namun demikian, bayi yang lain tidak akan terpengaruh.

Hal lain yang perlu diketahui dari kembar identik adalah mereka bisa memiliki perilaku yang berbeda. sikap dan sifat. Meski berasal dari satu sperma dan sel telur, keunikan dari kembar identik adalah keduanya memiliki perbedaan antara sikap dan juga ekspresi diri. Kemungkinan perbedaan dari sisi kecerdasan, struktur sensorik dan tempramen bisa jadi hal yang membedakan anak kembar identik.

2. Kembar Flaternal

Kita biasanya mendeskripsikan kembar berdasarkan terbentuk dari berapa banyak telur satu atau dua dan apakah kembar ini berbagi plasenta di rahim ibu.

Jenis utama bayi kembar yang biasanya kita temui di dalam masyarakat adalah kembar fraternal dan kembar identik. Ketika sperma membuahi sel telur dan menjadi zigot, ovarium wanita melepaskan dua sel telur, dan dua sperma terpisah membuahi setiap sel telur tersebut. Hal inilah yang membentuk bayi kembar fraternal, kembar dizigotik (artinya dua zigot) atau kembar tidak identik.

Kembar fraternal berasal dari konsepsi yang terpisah, maka jenis kelaminnya bisa laki-laki, perempuan, atau campuran dari keduanya.Kromosom dari sperma Ayah menentukan jenis kelamin anak, XX untuk anak perempuan dan XY untuk anak laki-laki. Akibatnya, kemungkinan kembar fraternal menghasilkan anak laki-laki, perempuan, atau kombinasi adalah sama dengan bayi lainnya sedangkan kembar monozigot atau yang dikenal dengan kembar identik, selalu berjenis kelamin sama, baik dua perempuan atau dua laki-laki

Setiap orang menerima setengah dari DNA mereka dari sel telur Ibu dan separuh lainnya dari sperma ayah, sehingga setiap keturunan akan memiliki kualitas yang tumpang tindih. Tapi bukan pasangan genetis sempurna yang kembar identik.

Selama kehamilan, plasenta memberikan makanan vital bagi bayi. Pada kehamilan ganda dengan kembar fraternal, plasenta berkembang untuk setiap bayi.

Namun, kadang-kadang, kedua plasenta bersatu dan nampak sebagai satu plasenta tunggal. Karena beberapa kembar monozigot memiliki satu plasenta, ini dapat membuatnya sulit untuk menentukan zigositas dalam rahim.

Dari uraian di atas jelas sekali lebih mudah membedakan anak kembar Flaternal daripada anak kembar identik. Beberapa trik berikut semoga dapat membantu bapak ibu guru dalam mengenali peserta didik kembar identik kita.

1. Memperhatikan kepribadiannya.

Biasanya anak kembar identik memiliki perbedaan kepribadian.Jika salah satunya pendiam dan pemalu maka pasangannya biasanya lebih ramah dan periang.

2. Membedakan warna pavorit.

Mintalah orangtua memasangkan warna asesoris yang berbeda, karena saat di sekolah mereka akan menggunakan seragam dengan warna yang sama.

3. Perhatikan aktivitas tangannya. Biasanya salah satu dari mereka kidal dan ini dapat dijadikan referensi untuk membedakan satu sama lain.

4. Bedakan tempat duduk saat berada di kelas, hal ini membantu kita sebagai guru untuk mengingat kembar 1 dan kembar 2.

5. Perhatikan susunan geliginya. Susunan gigi anak kembar identik cenderung berbeda dan ini dapat kita temukan saat mereka sedang tersenyum atau tertawa.

Demikian trik mengenali kembar identik di kelas, semoga kita tidak dianggap tak sayang karena selalu salah menyebut nama.

Referensi : Buku Asiknya Merawat Anak Kembar;Elisabeth Lyons;Bhuana Ilmu Populer (BIP)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya Uni.. Rancak bana.. Pernah mendapatkan siswa kembar, kadang suka salah manakala bertemu dengan salah satunya,, tapi lama-lama akhirnya bisa mengenali juga perbedaan antara keduanya.. Sukses selalu

01 Feb
Balas

Tksh uda....perjuangan di awal tahun ajaran, hehehe...salam sukses kembali

01 Feb

Ulasan yang menarik dan bermanfaat...sehat dan sukses selalu bu

31 Jan
Balas

Tksh bunda, salam sukses kembali

01 Feb

Mantap ulasannya Bu Nur, si kembar yang shalihah, sukses selalu

30 Jan
Balas

tksh bunda, salam literasi

30 Jan

Keren ulasannya...sukses selalu

30 Jan
Balas

Tksh bunda, salam sukses kembali...

30 Jan

Keren bun

31 Jan
Balas

tksh bunda...salam sukses

31 Jan

Subhanallah mantap informasi nya

31 Jan
Balas

tkash kunjungannya bunda, salam sukses....

31 Jan

Ulasan keren & informatif bunda. Anak sy jg kembar identik.

31 Jan
Balas

Waah senang sekali ya bunda dapat anak kembar, salam sayang untuk si twin ya bun....

31 Jan

Siip ulasannya, Bu. Saya sering dapat murid kembar. Ada yang tripel, malah. Sering salah panggil juga...hehe... Salam sukses.

31 Jan
Balas

tksh bunda....

31 Jan

Siip ulasannya, Bu. Saya sering dapat murid kembar. Ada yang tripel, malah. Sering salah panggil juga...hehe... Salam sukses.

31 Jan
Balas

Saya belum dapat yang triple bun, lebih seru lagi ya bun dalam membedakannya hehehe. Salam sukses kembali bun

31 Jan

Keren bu ulasannya, menambah wawasan, kebetulan juga punya siswa kembar, akan saya coba triknya. Terima kasih. Salam literasi.

30 Jan
Balas

Tksh pak, alhamdulillah jika bermanfaat, salam sukses selalu pak....

30 Jan

Keren Bun ulasannya...Saya juga punya ponakan kemba cowok..wajah sukar membedakannya.. Kadang -kadang salah panggil nama.. karena sukar membedakannya

30 Jan
Balas

Iya bunda,hehehe... hampi tiap tahun dapat siswa kembar, dan perlu beberapa bulan pertama untuk berlatih bisa membedakan mereka. Salam literasi bunda, sukses selalu

30 Jan

Saya juga sering dapat peserta didik yang kembar, minggu -minggu pertama memang agak sulit tetapi lama kelamaan bisa juga membedakannya . Ulasan yang mantap Bunda.

31 Jan
Balas

Tksh kunjungannya bunda, salam sukses

01 Feb

mantap keren cadas... ulasan keren menewen, mencerahkan... salam literasi sehat sukses selalu bunda Nursaniah Pasri bersama keluarga tercinta

01 Feb
Balas

Tksh apresiasinya pak, salam literasi

01 Feb



search

New Post