Nurseha

Nurseha. Dia adalah seorang mahasiswa PASCASARJANA di Universitas Islam "45" Bekasi. Lahir di Bekasi, 06 Februari 1991. Anak ke 8 dari 9 bersaudara. "Mot...

Selengkapnya
Navigasi Web

HAL APA YANG MEMBUATMU SEMANGAT MENULIS ?

#Tantangan hari ke 5, tantangan 30 hari menulis

Yang paling diutamakan dalam memulai menulis adalah niat. Jika di dalam hati sudah bertekad bulat akan mulai menulis, maka lakukanlah. Jangan ditunda-tunda.

Sering kita merasa semangat dalam memulai menulis. Rasa semangat biasanya timbul karena adanya motivasi dan pujian dari orang lain.

Kata-kata motivasi selalu mendorong kita untuk selalu bersemangat dalam melakukan segala hal, dan terutama menulis. Kita bisa mendapatkan motivasi dari para motivator hebat di berbagai seminar kepenulisan. Baik berupa seminar kepenulisan ilmiah dan non ilmiah. Dengan berbagai paparan mengenai trik jitu menulis dari para speaker handal dalam menulis dapat kita jadikan acuan demi terwujudnya hasil tulisan yang menarik. Oh iya, kamu harus tahu bahwa motivasi juda terdiri dari 2 jenis yaitu motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Motivasi intrinsik adalah motivasi yang timbul dari diri sendiri untuk memulai atau melakukan sesuatu. Sedangkan motivasi ekstrinsik adalah motivasi yang datang dari luar atau lingkungan sekitar kita. Dari kedua motivasi tersebut yang lebih dominan dapat mendorong diri dalam menulis adalah motivasi intrinsik. Loh mengapa demikian ? Hal ini disebabkan karena yang dapat memacu diri untuk menulis dari sekarang adalah pribadi kita bukan orang lain. Bisa jadi berbagai seminar kepenulisan telah diikuti, namun jika pribadinya tidak memulai maka tidak ada gunanya mengikuti kegiatan seminar. Karena dalam seminar didapatkan ilmu dan teori-teori mengenai kepenulisan, sisanya adalah praktek menulis yang dilakukan perindividu di lingungan hidupnya masing-masing.

Selain motivasi, pujian pun memiliki pengaruh besar dalam meningkatkan semangat dalam menulis. Selain itu pujian pun bisa membuat orang lain merasa hatinya berbunga-bunga. Namun, tetap waspada ! Pujian pun dapat menurunkan nilai-nilai yang telah tertanam dalam diri. Sebagai contoh seseorang bisa saja melakukan kegiatan menulis demi mendapatkan pujian saja. Hal tersebut termasuk ke dalam perbuatan riya' semata. Nah Lo !

Stop riya' ! Masa sih menulis aja jadi ajang riya'??? Astaghfirullah...

Nah, dari pemaparan di atas dapat kita simpulkan bahwa ada beberapa hal yang dapat membuat semangat dalam menulis adalah :

1. Niat menulis

2. Mulai menulis dari sekarang

3. Motivasi intrinsik

4. Motivasi ekstrinsik

5. Pujian

Yuk ah kita niatkan dari dini hari untuk memulai menggorenskan tinta emas ke dalam sebuah tulisan yang unik, menarik dan bermanfaat.

Salam literasi !

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Saya niat dan motivasi, dengan gabung di gurusiana semakin tumbuh dan berkembang.salam literasi

18 Apr
Balas

Luar biasa... Selamat menggelorakan literasi ibu...

26 Apr



search

New Post