Nur Sofiah

Perempuan biasa-biasa saja yang lahir di kota Pahlawan....

Selengkapnya
Navigasi Web
Mencari Ilmu Waktu Libur Itu Menyenangkan

Mencari Ilmu Waktu Libur Itu Menyenangkan

#Hari ke-2

#TantanganMenulisGurusiana

 

Karena masih liburan, tak banyak aktivitas yang berkaitan dengan pekerjaan. Sebagian besar mungkin lebih memilih mager alias berdiam diri di rumah. Apalagi saat ini pandemi covid-19 masih tinggi. Bagi saya, itu menjenuhkan. Untungnya, pagi ini ada pelatihan Creative Writing Camp (CWC) 2 sehingga meski libur masih mendapat asupan ilmu. 

Pelatihan yang berlangsung selama 2,5 jam (09.00-11.30) terasa sangat singkat. Apalagi dimentori oleh Eko Prasetyo, pemred MediaGuru dengan ciri khasnya. Peserta jadi tertawa sendiri dan muka yang awalnya terlihat serius di zoom menjadi ceria. Selalu ada saja bahan gurauannya. 

Tidak kalah menariknya, 100 lebih peserta berasal dari berbagai wilayah di Indonesia dan berbagai profesi. Bukan hanya guru, ada dokter hewan, pegawai kementrian, widyaiswara, dan pustakawan. Antusias mereka luar biasa. Ketika sesi tanya jawab dibuka, hampir semua ingin bertanya tetapi dibatasi hanya 3 penanya. Untungnya, tak ada yang melempar sandal saat tidak mendapat kesempatan itu. Mungkin juga mereka mikir, kasian sandal satunya tidak punya pasangan nantinya. Ini semua menunjukkan semangat peserta untuk belajar. 

Semua berbaur mendengarkan materi yang disampaikan oleh pemred mengenai kebahasaan dalam penulisan. Dari paparan yang disampaikan membuatku semakin tersadar tentang pentingnya penempatan tanda baca, pemilihan kata dalam menulis kalimat, dan bagaimana penggunaan kalimat langsung. Selain itu, kita harus dapat menemukan pasion kita sendiri dalam menulis.  Ini lah yang menurutku masih berat. 

Seperti pesan mentor CWC 2, jangan sampai kurang piknik dan banyak membaca agar ide tulisan kita bisa mengalir deras.  Nah, setelah pelatihan saya pun bergegas untuk piknik, eh jalan-jalan walau tidak jauh. Royal Plaza, tempat piknik terdekat yang bisa dijangkau. Melihat hilir mudik orang-orang di Royal setidaknya memberi saya inspirasi untuk menulis. Ditambah lagi, ada yang menraktir saya makan siang, serasa mendapat durian runtuh. Melihat si kecil meme, anak sahabat yang masih batita  sedang bermain di Kookooroo jadi semakin meningkatkan mood boster menulisku. Sambil menunggu si kecil main, digunakan untuk menulis sangatlah asyik. 

 

 

Royal Plaza Surabaya,  2 Januari 2021

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mencari Ilmu Waktu Libur Itu Menyenangkan, Mantul.

02 Jan
Balas

Terima kasih bun...

02 Jan

Keren Bu, selalu suka membaca karya-karya njenengan.

03 Jan
Balas

Terima kasih bu Ninuk tapi saya juga masih harus banyak belajar dari njenengan. Ayo, mulai menulis.

04 Jan

Wah, yg habis jalan-jalan ya bun?

02 Jan
Balas

Tadi masih jalan-jalan waktu posting ini.

02 Jan

Keren... Mediaguru memang keren bund. Mengajak kita terus belajar.

02 Jan
Balas

Iya bun...Dipertemukan dengan orang-orang yang bersemangat buat belajar juga sehingga klop.

04 Jan

Reportase yang sangat menarik. Mantap surantap.

02 Jan
Balas

Terima kasih bu Nur. Nama kita sama-sama depannya Nur, semoga menjadi kekuatan saling menginspirasi ya bun

04 Jan

Ulasan yang keren dan informatif. Salam kenal bunda semoga sukses selalu. Izin saya follow bunda..sala. kenal

03 Jan
Balas

Terima kasih bunda. Salam kenal juga. Sukses selalu buat bu Siti. Mari kita saling menyemangati.

04 Jan

Ulasan yang keren Bu.

02 Jan
Balas

matur nuwun bapak. Setelah dibaca ulang, masih ada yang kurang pas. Benar kata pemred.

02 Jan

Hasil piknik nggih bunda cantik tulisan ini....suiplah...jqlan-jalan aja dpt tulisan kece lo....enak bahasa sdh mengalir renyah..sykses sll nggih

02 Jan
Balas

Aamiin Allahumma aamiin. Terima kasih bun. Tulisan bunda Titik juga mantul.

02 Jan

keren, salam kenal ya bu nur , sukses selalu bu nur

03 Jan
Balas

Salam kenal bunda Yelli. Sukses juga buat ibu.

04 Jan

Hebat bu, masih sempat nulis. Saya ada kendala waktu dan kesehatan. Sudah saya follow tulisan ibu bagus lho. Jadi pingin ikutan nulis, tp tunggu waktu yg tepat.

03 Jan
Balas

Syafakillah bun. Semoga segera selalu diberi sehat oleh Allah. Menulis jangan menunggu waktu bun, saatnya melakukan perubahan diri. awalnya harus dipaksa, itu yang saya lakukan. Semangat ya, bun

04 Jan

enak ya, bisa jalan-jalan, tetap menghasilkan tulisan. Mau nulisnya apa ya di rumah cuma beres2 aja gak kelar2, sukses bu

02 Jan
Balas

Terkadang kita harus keluar rumah supaya dapat ide bun. Semangat bu Sundari.

04 Jan

Keren bund. Sdh di follow ya bund

02 Jan
Balas

Terima kasih bunda.

02 Jan



search

New Post