Nur Solisoh, SP.d

Guru SMP Negeri 1 Kertanegara, kabupaten Purbalingga Jawa Tengah, pernah kuliah di IKIP Negeri Jakarta ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Mati Listrik untuk Motivasi Belajar Anak Didik

Mati Listrik untuk Motivasi Belajar Anak Didik

Pengalaman hidup secara nyata berupa Mati listrik yang tidak bisa dikompromi dan datangnya secara mendadak membuat sebagian besar bahkan hampir semua orang diberbagai status kehidupan mengalami kekacauan.

Ibu rumah tangga yang dengan lihai mask nasi tinggal colok, lantas berbarengan dengan itu rendaman pakaian yang sedianya tinggal menggilas dan mengeringkan menggunakan tenaga ajaib berupa mesin cuci. Seketika kacau balau tak karuan.

Belum lagi para penggila tulisan yang setiap saat bergulat dengan komputer. Seketika itu menjadi vacum karenanya.

Yang berhubungan dengan para pelajar dan mahasiswa, kerap ada tugas dari guru untuk membuat makalah ataupun sekedar informasi dari Mbah Google. Menjadi sangat kecewa dengan terjadinya pemadaman listrik.

Pemadaman listrik sering terjadi manakala cuaca tidak mendukung seperti hujan,angin dan petir yang kerap melanda khususnya di pedesaan.

Pengalaman hidup yang seperti demikian kita manfaatkan untuk memotivasi anak didik dalam pembelajaran IPA materi listrik Dinamis.

Bahwasanya Listrik dinamis merupakan salah satu dari energi yang penggunaannya sangat fleksibel sesuai dengan kebutuhan. Karena Energi listrik dapat diubah menjadi bentuk energi lain. Semisal Energi Listrik dapat diubah menjadi energi Kalor contohnya setrika listrik, dapat diubah menjadi energi cahaya contohnya lampu, dapat diubah menjadi energi bunyi contohnya bel listrik dapat diubah menjadi energi gerak contohnya kipas angin dan juga dapat diubah menjadi energi kimia contohnya pengisian baterai.

Dengan demikian anak didik akan merasa tertantang dan termotivasi untuk belajar IPA tentang listrik.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Aamiin ... Ibu juga keren ... Makasih

23 Jan
Balas

Subhanallah, keren Bund tantangan pembelajaran seperti itu. Sukses selalu dan barakallah

23 Jan
Balas

Mantaaabbb...

27 Jan
Balas



search

New Post