Nurul Chairani

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
LIMA ZULHIJJAH

LIMA ZULHIJJAH

Lima Zulhijjah, tepat lima hari sebelum pelaksanaan wukuf di Arafah. Katering Indonesia yang biasanya menyediakan makanan jamaah haji sedang berpusat di Mina. Mereka menyiapkan makanan jamaah haji selama di Mina dan Arafah saat puncak haji nanti.

Dampaknya, jamaah haji harus mempersiapkan sendiri makanannya. Biasanya makan siang dan malam lengkap dengan buah dan air mineral sudah tersedia. Sarapan pagi disiapkan roti. Tetapi lima hari menjelang puncak haji, jamaah mempersiapkan sendiri makanannya.

Regu kami, bersepakat bahwa makanan dimasak sendiri maksudnya tidak beli di warung makan yang jumlahnya cukup banyak di sekitar hotel. Makanan khas Indonesia juga tersedia cukup beragam.

Terdapat sebelas orang dalam regu kami. Lima pasang suami istri beserta seorang ibu yang berangkat sendiri karena suaminya sudah menunaikan ibadah haji pada tahun sebelumnya. Masak dilakukan secara bergantian. Dibuat tiga kelompok masak. Kami mengumpulkan uang yang dipergunakan untuk belanja bahan-bahan mentah.

Pilihan tempat belanja sangat banyak. Sayuran seperti bayam, kangkung, wortel, buncis tersedia. Lucunya disini, jika kita berbelanja sayuran tersebut, semua jenis sayur ini harganya sama. Penjual akan menimbangnya. Misalnya akan membeli bayam, kangkung, sawi dan buncis. Keempat sayuran ini diletakkan di atas timbangan lalu penjual menyebutkan jumlah uang yang harus dibayarkan.

Selain sayuran yang lengkap, tahu, tempe juga ada. Memasak masakan masakan ini, setelah hampir 1 bulan di tanah arab membuat lidah seperti sedang berada di tanah air.

Lima Zulhijjah, empat tahun silam, masih tergambarkan jelas.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Barokallah Bu Nurul Chairani, silahkan dibukukan kisahnya, saya juga sudah membukukan perjalan ibadah haji saya dalam Buku Pak Guru Menjadi Tamu Allah

15 Jul
Balas

In sha allah Pak Syaifu, guru kami. Masih timik timik ini. Terima kasih motivasinya

15 Jul
Balas



search

New Post