NURUL FAIZAH, S.Pd.M.Si

Tempat kerjaku di SD Negeri Rowosari Kec Limpung Kabupaten Batang Provinsi Jawa Tengah Lahir di Batang, 13 Pebruari 1967 Tempat tinggal di Limpung Kabupaten B...

Selengkapnya
Navigasi Web
Nuzulul Qur'an

Nuzulul Qur'an

Tantangan hari ke-80 #TantanganGurusiana

Malam Nuzulul Qur'an atau malam turunnya Al Qur'an untuk seluruh umat manusia melalui Nabi Muhammad SAW. Al Qur'an adalah pembeda antara yang hak dan yang bathil, sumber petunjuk untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat.

Malam Nuzulul Qur'an diperingati umat muslim setiap tanggal 17 Ramadhan yang jatuh pada hari, Sabtu, 9 Mei 2020. Bertepatan dengan malam Nuzulul Quran, umat Islam dianjurkan melakukan amalan-amalan karena di malam itu mustajab untuk memanjatkan doa. Peringatan Nuzulul Qur'an tahun ini tidak seperti tahun-tahun sebelumnya.

Saat ini bangsa sedang dihadapkan pada ujian wabah Covid-19. Kebersamaan dan ketaatan atas komitmen bersama yang diajarkan Al Qur'an adalah modal dan solusi bagi permasalahan bangsa termasuk dalam mengatasi wabah Covid-19. Kita harus optimis bahwa wabah ini akan segera bisa diatasi dan segera berlalu. Al Qur'an mengajarkan bahwa Allah memberi cobaan sesuai dengan kemampuannya.

Seperti yang terdapat pada surat Al Baqarah ayat 286:

لَا يُكَلِّفُ ٱللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا ۚ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا ٱكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَآ إِن نَّسِينَآ أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُۥ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِۦ ۖ وَٱعْفُ عَنَّا وَٱغْفِرْ لَنَا وَٱرْحَمْنَآ ۚ أَنتَ مَوْلَىٰنَا فَٱنصُرْنَا عَلَى ٱلْقَوْمِ ٱلْكَٰفِرِينَ

Yang artinya: Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa): "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir".

Berikut amalan malam Nuzulul Qur'an yang dilansir dari Liputan6.com, Minggu, 10/5/2020. 1. Istiqomah dengan membacs Al Qur'an. Sebaiknya kita khatam membaca Al Qur'an selama bulan Ramadhan minimal satu kali. 2. Iktikaf. Layaknya amalan malam Lailatul Qadar. Iktikaf adalah berdiam di dalam masjid dengan syarat tertentu dan niat beribadah semata-mata hanya untuk Allah. 3. Perbanyak bacaan doa. Bisa lebih mendekatkan diri kepada Alloh. 4. Perbanyak salat malam. Bisa dilakukan menjelang sahur atau tengah malam.

Keutamaan membaca Al Qur'an di malam Nuzulul Qur'an adalah mendapatkan pahala dan kemuliaan yang berlimpah, syafaat di hari kiamat. "Bacalah Al Qur'an. Sesungguhnya Al Qur'an kelak akan datang pada Hari Kiamat untuk memberikan syafaat kepada penganutnya (Hadist Riwayat Muslim). Selain itu keistimewaan membaca Al Qur'an yakni sebagai obat dan rahmat.

"Dan kami turunkan dari Al Qur'an suatu yang menjadi penawar (obat) dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Qur'an itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian". (QS Al Isra: ayat 82).

"Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit yang berada di dalam dada, petunjuk, dan rahmat bagi orang-orang yang beriman". (QS Yunus: ayat 57).

Semoga dengan Nuzulul Qur'an ini dimana umat Islam diseluruh dunia semua berdoa mendekatkan diri kepada Sang Khalik, mohon ampunan serta instrospeksi memperbaiki diri. Dan semoga wabah ini segera berakhir.

Senin, 11 Mei 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Aamiin

11 May
Balas

Matur suwun mb

11 May

Aamiin.Luwarr biasa .kupas tuntas.Tapi saya th ini berkurang tdk seperti tahun lalu karena baru hatam 1 x bund ini ke untuk yg ke 2 baru nyampai jus 15.Smg Allah mengampuniku.karena th ini ada gawai yg minta ditimang..Astavfirullahal adzim.semoga Allah Ampunikj.

11 May
Balas

Aamiin, makasih Bun

11 May

Aamiin Aamiin Ya RoballAlaminMantab smg Istikomah

11 May
Balas

Aamiin, .Matur suwun Bu

11 May



search

New Post