NURUL FITRIA

Nurul Fitria, lahir di Banyuwangi, 3 September 1978. Saat ini berprofesi sebagai guru di SMPN 2 SRONO, Banyuwangi. Menjadi guru adalah cita-cita mulai kecil, ka...

Selengkapnya
Navigasi Web
HERO CHALLENGE
Menanam dan menumbuhkan jiwa entrepreneurship

HERO CHALLENGE

Jiwa entrepreneurship pada generasi muda bisa ditumbuhkan sejak dini. Kemauan untuk mempunyai mimpi dan keinginan yang kuat menjalani bisnis harus terus ditanamkan sebagai bekal untuk menjadi sosok generasi yang mandiri.

Salah satu upaya untuk menumbuhkan ketertarikan pada enterpreneur adalah dengan memilih sosok 'hero' atau panutan untuk memotivasi.

Berikut ini adalah hasil wawancara dari seorang mahasiswa Universitas Ciputra kepada salah satu 'hero' yang dipilihnya, yaitu pemimpin CV. SURYA ANANTA SENTOSA. Wawancara tersebut dilakukan untuk menyelesaikan salah satu tugas belajar yang di beri nama 'HERO CHALLENGE.

PERTANYAAN DAN JAWABAN :

1. PERTANYAAN 1.

Nilai tambah apa yang Anda tawarkan dibanding pesaing Anda? Dapatkah anda menceritakan proses pencipataan nilai tambah tersebut?

JAWABAN

CV. Surya Ananta Sentosa selalu berupaya semaksimal mungkin untuk menghasilkan produk yang berkualitas sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh buyer. Upaya tersebut diantaranya memilih bahan baku terbaik, mengolah dengan cermat, mengemas dengan aman dan selalu mengirimkan hasil produksi tepat waktu. Selain itu dalam operasionalnya CV. Surya Ananta Sentosa berupaya mewujudkan visi dan misi perusahaan, yaitu:

VISI :

Menjadi perusahaan penyedia produk bahan pangan awetan dan bahan baku produk sampingan dari hasil perikanan yang berwawasan lingkungan.

MISI:

1. Memproduksi bahaan makanan beku dan bahan makanan awetan yang berkualitas dan berdaya saing.

2. Berkomitmen untuk melakukan pengolahan produk sampingan hasil perikanan untuk menghasilkan bahan baku yang berkualitas.

3. Bersama deangan mitra kerja menjalin kerja sama yang saling menguntungkan.

4. Menjalin kerja sama yang harmonis dengan supplier dan beritikat baik untuk bekerja sama yang saling menguntungkan.

5. Menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat sekitar dan bertanggung jawab untuk ikut menjaga lingkungan.

PERTANYAAN 2.

Apakah anda pernah melakukan perubahanan yang berdampak positif dari perusahaan/bisnis Anda?

JAWABAN

PERNAH.

Perubahan yang berdampak positf salah satu contohnya adalah mengubah sistem pengeringan ikan sebagai bahan baku dari produksi fish meal dari perusahaan kami. Awalnya sistem pengeringan ikan dengan cara konvensional yang memanfaatkan angin dan matahari sebagai energi alam. Kekurangan dari teknik pengeringan ini adalah proses pengeringan yang membutuhkan waktu yang lama, apalagi saat musim penghujan. Selain itu pengeringan ikan secara konvesional mempengaruhi kualitas produk karena kurang bisa terkontrol kebersihan ikan dari gangguan binatang (misalnya lalat) dan debu. Dari segi penghematan anggaran juga terlalu memutuhkan banyak tenaga kerja untuk jenis pengeringan ini.

Dari berbagai kelemahan proses pengeringan secara konvensional, akhirnya perusahaan mengubah cara pengeringan dengan menggunakan peralatan modern yaitu Tunnel Dryer (alat pengeringan yang berbentuk lorong/ruangan berbentuk tabung dari baja ). Dalam proses pengeringannya, ikan yang basah dimasukkan melalui pintu lorong masuk dan akan keluar melalui pintu yang lain. Kelebihan dari sistem pengeringan tunnel dryer adalah efisiensi waktu karena proses pengeringan tidak tergantung cuaca. Selain itu kualitas dari ikan yang dikeringkan dapat dipertahankan. Kualitas ikan kering yang baik akan mengasilkan fish meal (tepung ikan) yang baik pula, karena setelah proses penggilingan kualitas fish mela tetap terjamin bagus dari segi kadar air, kadar protein, kadar garam, kadar abu, kadar lemak, kadar karbohidrat, kenampakan, tekstur dan aroma.

PERTANYAAN 3.

Keterampilan bekerja apa yang Anda pelajari sendiri selama berbisnis di luar studi yang yang pernah dijalani?

JAWABAN.

Sebagai pemimpin perusahaanyang berbekal ilmu managemen keuangan, maka dalam menjalankan usaha harus memiliki beberapa keterampilan yang lain, diantaranya adalah:

1. KETERAMPILAN KONSEP

yaitu keterampilan yang harus dimiliki

berupa ide, gagasan dan rencana kerja. Keterampilan ini juga mencakup kecermatan dalam memanfaatkan sumber daya alam sebagai bahan baku, sumber daya manusia dan permintaan pasar untuk produksi barang yang akan dihasilkan. Selain itu juga harus memiliki visi dan misi yang jauh kedepan untuk menjalankan perusahaan.

2. KETERAMPILAN MEMBUAT KEPUTUSAN

misalnya harus memiliki kejelian dalam mengambil keputusan saat menentukan harga beli bahan baku dari supplier, jumlah bahan baku yang harus di stock, jumlah kontrak kerja yang harus diambil, harga barang yng sesuai dengan kebutuhan operasional, dan lain-lain.

3. KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI

merupakanketerampilan yang penting karena dalam menjalankan perusahaan harus selalu menjalin hubungan yang harmonis dan saling menguntungkan antara perusahaan dengan buyer, perusahaan dengan karyawan, perusahaan dengan para supplier dan perusahaan dengan masyarakat.

4. KETERAMPILAN PENGELOLAAN WAKTU

Keterampilan pengelolaan waktu, hal ini penting untuk dipelajari karena setiap perusahaan harus memiliki skala prioritas, contohnya saat menerima kontrak dari buyer hal utama yang harus diupayakan adalah barang datang tepat waktu, jadi harus diperkirakan waktu yang dinutuhkan untuk produksi barang, waktu pengemasan, dan waktu pengiriman.

PERTANYAAN 4.

Apakah bisnis Anda sesuai dengan passion Anda sehingga menjadi sangat all out dalam bekerja? Jika belum sesuai dengan passion bagaimana tips Anda agar membangun bisnis dengan baik?

JAWABAN:

Bisnis ini sangat sesuai dengan passion yang saya miliki, karena selama dua puluh tahun merintis usaha di bidang produksi fish meal, fish oil dan cold storage (masih satu tahun) selalu dikerjakan all out. Untuk membangun bisnis dengan baik salah satunya adalah mamapu memanfaatkan peluang dari ketersediaan bahan baku di lingkungan sekitar, kemampuan berproses, kemauan yang kuat, disiplin yang tinggi, jeli dalam membaca permintaan pasar dan kemampuan komunikasi yang baik.

PERTANYAAN 5.

Jika Anda mengulang masa sebelum berbisnis, hal apa yang anda sarankan untuk dipelajari dan dipersiapkan sebelum berbisnis?

JAWABAN :

Yang harus dipelajari dan dipersiapkan sebelum berbisnis adalah

Menentukan jenis usaha yang betul-betul ingin dikerjakan.

Jenis usaha harus sesuai dengan possion dan jeli membaca peluang

Menghitung dengan teliti biaya produksi, biaya sewa (jika tempat usaha masih sewa), biaya pengiriman, susut/ausnya mesin, biaya tenaga kerja, dan biaya lain untuk disesuaikan dengan harga produk yang dijual.

Fokus dan disiplin dalam melakukan bisnis

Pantang menyerah, selalu terus mencoba dan belajar dari kesalahan.

Selalau berkreasi dan berinovasi.

PERTANYAAN 6.

Pesan-pesan untuk mahasiswa.

JAWABAN:

Untuk mahasiswa diharapkan mampu menjadi generasi yang handal, selalu berinovasi , berkreasi, disiplin dan bekerja keras. Mahasiswa juga diharapkan mampunyai jiwa yang mandiri yang memiliki cita-cita dan impian menjadi enterpreuner yang handal dan mempunyai bisnis yang sukses.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Hehehe....selalu saja ada dan ada ada saja...SALUT. Salam literasi!

05 Oct
Balas

Siap bapak, salam literasi.Terima kasih sudah menyempatkan waktu menyimak @opini saya.

05 Oct



search

New Post