Nurul Hidayah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Permudah Sitasi dengan Mendeley

Saat membuat karya tulis semisal proposal atau laporan penelitian, seringkali kita merujuk pada berbagai sumber baik buku maupun jurnal. Bila pustaka yang menjadi acuan kita kurang dari sepuluh tentu tak jadi soal. Kita bisa menuliskan nama pengarang di belakang kalimat yang kita kutip atau kita parafrase, kemudian menuliskan bibliografi lengkapnya. Saya pribadi kadang kerepotan harus menulis satu per satu. Ternyata ada alat yang bisa mempermudah hal ini. Sarana yang bisa kita gunakan adalah Mendeley.

Mendeley adalah perangkat lunak yang tersedia gratis. Kita tinggal mengetik “Mendeley” di mesin pencari maka akan muncul link untuk mengunduh software tersebut. Setelah terunduh, kita install di laptop atau komputer. Di akhir installasi, kita diminta register (mendaftar). Link register akan membawa kita ke situs mendeley.com. Di sana kita akan diminta menuliskan nama, alamat email, area spesialisasi serta status pekerjaan. Untuk area spesialisasi saya memilih Art and humanities berhubung tak ada education. Sebetulnya ada juga area Biologi hanya meski saya guru biologi, saya lebih memilih Art and humanities sehubungan dalam hal penelitian akan lebih mempelajari pendidikan ketimbang biologi. Situs ini juga sebenarnya mirip media sosial hanya lebih bersifat akademik. Kita bisa berteman dengan kolega kita misalnya. Tentunya yang sama-sama memiliki akun di Mendeley.

Nah, usai daftar, kita buka kembali Mendeley yang ada di dekstop. Masukan email dan password, maka kita sudah bisa memulai mengeksplore pustaka yang kita miliki dengan bantuan Mendeley. Kita tinggal menambahkan file atau folder jurnal kita ke sana. Saat kita membaca jurnal lewat Mendeley kita bisa menandai, memparafrase kemudian salin tempel ke dokumen karya tulis yang sedang kita kerjakan. Setelah menginstal Mendeley, software tersebut otomatis terpasang sebagai tambahan di miscrosoft word kita. Kita tinggal klik “citation” di menu bar word kita, lalu buka mendeley, klik jurnal yang kita sitasi maka otomatis nama pengarang dan tahun muncul. Kita tak perlu repot menghafal jika pengarang satu, dua atau lebih bagaimana. Pada bagian daftar pustaka di tulisan di word kita, kita tempatkan kursor lalu klik “add bibliografi” maka pustaka bersangkutan langsung muncul. Gaya penulisan daftar pustaka juga bisa dipilih gaya APA misalnya.

Untuk menulis satu atau dua daftar pustaka harus menginstal Mendeley sepertinya merepotkan, namun jika kita akan banyak menulis karya ilmiah dengan banyak pustaka pasti sangat membantu. Atau kita sedang mengerjakan tugas akhir misalnya. Oya, di Mendeley juga terdapat fasilitas sinkronisasi sehingga kita bisa membuka pustaka yang tersimpan secara daring meski kita tidak menggunakan laptop di mana kita menyimpan pustaka kita. Bagaimana, mau mencoba?

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mauuu...tapi ajarin ahh

12 Apr
Balas

Hehe...hayuuu

12 Apr



search

New Post