Nurul Hidayaty Suhaimi

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Taksonomi Bloom
Photo;Https://images.app.goo

Taksonomi Bloom

#tantangan menulis gurusiana hari ke-89

#tantangan Gurusiana

Taksonomi, menurut kamus besar bahasa Indonesia mempunyai arti “klasifikasi bidang ilmu; kaidah dan prinsip yang termasuk pengklasifikasian objek”. Pada tahun 1956 Benjamin S.Bloom merancang sebuah taksonomi untuk tujuan pendidikan yang saat ini dikenal dengan Taksonomi Bloom. Misalnya tujuan pendidikan antara peserta didik di SMA, SMK, antara SD/MI dengan SMP/MTs.

Menurut Taksonomi Bloom tujuan pendidikan dibagi menjadi beberapa domain atau ranah yaitu Ranah Kognitif (Cognitive Domain), Ranah Afektif (Affective Domain), dan Ranah Psikomotor (Psychomotor Domain). Setiap domain itu dibagi lagi kedalam pembagian yang lebih rinci berdasarkan hirarkinya.

Ranah kognitif (Cognitive Domain) berisi perilaku-perilaku yang menekankan aspek intelektual seperti pengetahuan, pengertian dan keterampilan berfikir. Pada ranah kognitif ini terdapat 6 sub-kategori; pengetahuan (Knowledge), pemahaman (Comprehension), aplikasi (Application), analisis (Analysis), sintesis (Syntesis) dan evaluasi (Evaluation).

Ranah Afektif (Affective Domain) menekankan kepada aspek perasaan dan emosi seperti minat, sikap, apresiasi dan adaptasi. Ranah afektif ini mempunyai 5 sub-kategori yaitu; penerimaan (Receiving/Attending), tanggapan (Responding), penghargaan (Valuing), pengorganisasian (Organization), dan karakterisasi berdasarkan nilai-nilai (Value Complex).

Ranah Psikomotor (Psychomotor Domain) berisi perilaku-perilaku yang menekankan aspek keterampilan motorik seperti tulisan tangan, mengetik, berenang dan mengoperasikan mesin. Pada ranah psikomotor ini ada 7 sub-kategori yaitu; persepsi (Perception), kesiapan (Set), respon terpimpin (Guided Response), mekanisme (Mechanism), respon tampak yang kompleks (Complex Overt Response), penyesuaian (Adaptation), dan Penciptaan (Origination).

Ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotor mempunyai prioritas-prioritas tertentu. Dari ketiga ranah tersebut di atas, ranah Afektif harus diutamakan daripada yang lain karena ranah Afektif inilah karakter peserta didik dalam ranah kognitif dan ranah psikomotor ditentukan.

Pariaman, 07 Oktober 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantapppp unsay, terima kasih untuk ilmunya. Barakallahu fiik

08 Oct
Balas

Keren....terima kasih telah berbagi ilmu...salam sukses selalu mama farhan.

07 Oct
Balas

Terimakasih Ilmunya bu Nurul

07 Oct
Balas



search

New Post