nuryanis syarif666

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

TUGAS I KOLOM Kendala Pembelajaran Akibat Pandemi Covid 19

Tugas I Kolom

Kendala Pembelajaran Akibat Pandemi Covid 19

Pembejaran adalah mentransfer ilmu pengetahuan kepada peserta didik yang biasanya kita lakukan secara bertatap muka di dalam kelas sehingga terjadi interaksi aktif antara guru dan peserta didik yang sudah kita lakukan sejak semester 1 sampai pada awal bulan Maret 2020.

Dengan muncunya virus corona yang berasal dari kota Wuhan China pada akhir Desember 2019 yang telah menyebar ke hampir semua negara termasuk Indonesia hanya dalam waktu beberapa bulan membuat beberapa negara menerapkan kebijakan untuk memberlakukan lockdown dalam rangka mencegah penyebaran virus corona. Di Indonesia sendiri diberlakukan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menekan penyebaran virus ini, yang mengakibatkan hampir semua pekerjaan di lakukan di rumah masing masing.

Satu diantara pekerjaan yang harus dilakukan dari rumah itu adalah mengajar. Sejak pertengahan bulan Maret ( tanggal 16 Maret) di Indonesia sekolah tidak lagi dibuka untuk belajar. Pembelajaran dilakukan dengan Daring yaitu menggunakan jaringan internet. Pembelajaran dengan sistem Daring kami lakukan dengan bervariasi diantaranya: membuat video pembelajaran dan menyertakan 5 soal yang harus dikerjakan peserta yang dikirimkam lewat WA group kelas orang tua peserta didik (OTPD), membuat materi pembelajaran dan latihan lewat google classroom, membuat Quiziz dan membuat materi pembelajaran dengan menggunkan video cribe yang didampingi orang tua saat belajar.

Semangat para guru untuk menyiapkan bahan ajar walaupun mereka berada di rumah ditanggapi dengan bervariasi oleh para peserta didik, guru tidak puas dengan hasil yang didapat karena belum semua peserta didik mempelajari dan mengerjakan tugas yang diberikan disebabkan karena beberapa alasan:

1. Tidak semua peserta didik yang punya HP androit sendiri (kondisi kelas V) mereka menunggu HP dari orang tuanya yang masih harus bekerja di luar rumah

2. Keadaan ekonomi peserta didik yang bervariasi, ada yang kesulitan untuk pengadaan paket internet yang menunjang pembelajaran

3. Letak geografis tempat tinggal yang bervariasi, ada yang mengalami jaringan lelet sehingga terkendala untuk mengerjakan tugas quiziz

4. Keterbatan kemampuan teknologi yang dimiliki peserta didik

Demikian beberapa keluhan yang saya rasakan dalam memberikan pelajaran kepada peserta didik dimasa pendemi covid 19, semoga segera berakhir dan kita bisa sekolah lagi,dan bisa belajar dengan tatap muka secara langsung

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

lanjuut bun...menginspirasi

07 Jun
Balas

Keren bu

16 May
Balas



search

New Post