Nyi Rodiah,S.Pd

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Tantangan Menulis Hari Ke-19 (Yuk Menabung)

YUK MENABUNG

Dari tahun ke tahun saya memperhatikan anak didik kami di tk, setiap hari meminta atau membawa uang saku rata-rata Rp.5.000,-. Jumlah yang cukup besar menurut saya, sebab mereka sudah mendapat sarapan dari rumah. Di sekolah anak juga mendapat makanan tambahan.

Tidak mengapa orangtua memberi saku kepada anak tetapi harus diingatkan jajan apa saja yang boleh dibeli. Ada baiknya juga orangtua menyampaikan kepada guru apa saja yang tidak boleh dimakan oleh anak. Nah melihat banyaknya anak yang membawa uang saku Rp.5.000,- saya berpikir apa yang harus dilakukan agar anak dapat mengambil manfaat dari uang saku mereka.

Akhirnya saya menyimpulkan bahwa uang saku anak harus ditabungkan. Selama ini orangtua memang selalu menabung di sekolah tapi saya ingin anak yang menabung dari uang saku mereka. Sebelumnya saya menerangkan kepada mereka bahwa anak-anak itu membawa uang saku cukup Rp.2.000,- saja. Jadi jika ada anak yang membawa uang saku lebih dari itu maka sisa uangnya akan diambil bu guru untuk ditabungkan.

Kesepakatan dicapai bersama anak-anak dan mereka menyetujuinya. Perlu diingat apapun peraturan yang akan dibuat harus dibicarakan dengan anak-anak. Kita membiasakan untuk berdiskusi, dengarkan apa pendapat mereka. Mulai saat itu maka anak-anak yang membawa uang diatas kesepakatan maka mereka dengan rela menyerahkan uangnya untuk ditabung.

Setiap hari Sabtu akan diumumkan berapa jumlah tabungan mereka. Akhirnya setiap anak berlomba-lomba menabung dari uang saku mereka, bahkan ada yang rela tidak jajan.

Alhamdulillah diakhir tahun ajaran dibagikanlah uang tabungan mereka. Terlihat dari wajah mereka rasa gembira menerima hasil menabung selama ini. Ternyata ada orangtua yang kaget melihat hasil tabungan anaknya, orangtua tidak menyangka anaknya bisa menyimpan uang sebanyak itu. Semoga kebiasaan ini terus berlanjut di sekolah mereka yang baru.

Tebing Tinggi, April 2020

#tantanganmenulisharike-19

#tantanganmenulisgurusianadanmediaguru

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren ..Ni lagu nya...Dang ding dong yok Kita nabungTang ting tong yok Kita ke bankDang ding dong yok Jangan di hitungTau tau tiap bulan kita dapat untung

10 Apr
Balas

Yesss

10 Apr

Mantap bu. Salam literasi.

10 Apr
Balas

Thank u

10 Apr

Mantap Bu..

10 Apr
Balas

Thank u

10 Apr



search

New Post