ODING

Perjalanan hidup ini bagaikan mengendarai kendaraan di tengah keramaian jika terlalu santai pasti akan tertinggal, jika terlalu cepat tapi sembrono resiko kecel...

Selengkapnya
Navigasi Web
BUKAN CUMA MIMPI

BUKAN CUMA MIMPI

Menulis buku adalah impianku sejak aku masih kecil, namun karena keterbatasan pengetahuan dalam merangkai kata, maka aku harus menunda hasrat menulisku itu hingga waktu yang tidak ditentukan, entahlah mungkin mimpi itu hanya sebatas impian dari seorang anak desa yang menghiasi lembaran hidupnya dan tidak akan menjadi kenyataan, seiring dengan berjalannya waktu, perlahan tetapi pasti harapan untuk menjadi penulis itu mulai sirna, aku tidak lagi terobsesi untuk menjadi penulis buku, yang ada dipikiranku saat itu hanya bagaimana aku bisa berjuang dan bertahan hidup ditengah derasnya arus globalisasi, bersama istri tercintaku untuk membesarkan kedua buah hatiku dengan penuh kasih sayang.

Hingga akhirnya pada suatu hari secara tidak sengaja aku menemukan blog gurusiana. Blog gurusiana adalah blog guru-guru yang hobinya menulis, di blog gurusiana itulah para penulis hebat berkumpul mereka bersatu saling berbagi pengalaman dan pengetahuan dalam menulis dan dari grup itu pula aku tahu bahwa pemimpin redaksi Media Guru akan mengadakan pelatihan menulis buku yang diberi judul Satu Guru Satu Buku yang selanjutnya disebut “SAGU SABU” di Propinsi banten yang kebetulan lokasinya di Kantor BAPPEDA Propinsi Banten. Tanpa pikir panjang akupun langsung mendaftarkan diri untuk ikut menjadi peserta pada kegiatan tersebut dengan harapan setelah mengikuti kegiatan pelatihan menulis buku itu, impianku untuk menjadi penulis bisa terwujud, sejak itu pula harapan yang telah sirna, kini muncul kembali dan menggebu-gebu bagaikan ombak laut selatan, tekadku semakin bulat dan darahku kembali mengalir dengan derasnya seiring dengan timbulnya kembali semangat menulisku yang telah lama sirna. Pelatihan menulis itu rencananya akan diadakan pada tanggal 24 - 25 maret 2018.

Jum’at 23 Maret 2018 pukul 07.00 aku berangkat dari rumah, niatku hanya satu yaitu aku harus menjadi penulis buku yang sukses, dan terkenal diseantero jagat ini, aku ingin buku hasil karyaku nanti dibaca oleh semua orang, dan memberikan manfaat bagi semua orang serta mampu memotivasi dan menginsprasi orang lain, diperjalanan hujan turun dengan derasnya karena aku berangkat menggunakan sepeda motor tua yang sudah kurang laik jalan dan tanpa pakaian pelindung (mantel) maka air hujan dengan bebasnya mengguyur tubuhku hingga aku menggigil kedinginan, akhirnya tepat pukul 16.00 aku tiba serang dan langsung menuju ke tempat kontrakan anakku, yang saat ini sedang skolah di SMK Informatika Kota Serang . Lelah, letih dan lesu karena perjalanan jauh membuat badanku tidak mampu lagi bertahan dan akhirnya akupun tertidur pulas.

Sabtu 24 Maret 2018 pukul. 04.30 aku terbangun dari tidur karena mendengar suara adzan di mesjid sekitar tempat kost anaku, akupun langsung mandi dan berwudhu kemudian langsung menunaikan ibadah shalat subuh, usai melaksanakan kewajiban sebagai umat muslim aku langsung berkemas mempersiapkan segala sesuatunya yang berkaitan pelatihan.

Tak sabar rasanya hatiku ingin segera datang ke lokasi pelatihan, aku sudah membayangkan bahwa di tempat pelatihan itu aku akan bertemu dengan para penulis hebat, para penulis yang sudah malang melintang di dunia penulisan, pokoknya moment itu menjadi moment yang paling ditunggu-tunggu karena baru pertama kali ini dalam sejarah hidupku aku bertemu langsung dengan para penulis buku.

Pukul 09. 00 WIB acara dimulai diawali dengan pembukaan, dilanjut dengan sambutan-sambutan dan penutup. Selanjutnya narasumber dan juga sekaligus pemimpin redaksi media guru yaitu Bapak Eko memberi tugas kepada peserta pelatihan agar membuat tulisan sebanyak 300 kata. Tugas sekaligus tantangan itu aku terima dengan senang hati. Akupun mulai bercerita aku tuangkan ide-ide yang aku miliki ke laptop meskipun aku merasa kalimat-kalimatnya kurang tertata dengan rapi, namun aku bangga karena inilah tulisan pertamaku pada kegiatan pelatihan menulis yang diadakan oleh media guru.

Alhamdulilah hari pertama pelatihan berjalan dengan lancar, dan inilah hasil dari pelatihan menulisku di hari pertama :

1. Untuk jadi seorang penulis kita harus rajin berlatih menuangkan ide-ide ke dalam media kertas ataupun laptop;

2. Untuk jadi seorang penulis hal yang paling penting harus diperhatikan adalah penguasaan kosakata karena dengan kemampuan seseorang dalam merangkai kata, pembaca bisa menangkap maksud dari tulisan kita;

3. Menulis ada dua kategori yaitu kategori tulisan populer dan dan kategori tulisan ilmiah;

4. Tulisan populer tidak perlu menggunakan kata baku artinya bahasa penulisannya boleh tidak resmi sedangkan Tulisan ilmiah menggunakan bahasa yang resmi.

5. Ada berbagai jenis buku yang bisa kita tulis, dan dihargai oleh penerbit sebagai sebuah karya yaitu :

1. Buku Mata Pelajaran

Minimal 50 hal

Pastikan sesuai dengan kurikulum 2013 edisi revisi spasi 1,5 di kertas A4

2. Buku pengayaan

Minimal 50 hal

3. Buku referensi (ensiklopedia,kamus )

4. TTS pembelajaran (disertakan kunci jawaban

Minimal 50 hal

10/5 = 10 Mendatar 5 Menurun Atau Sebaliknya Atau 15/7 15 Mendatar 7 Menurun Atau Sebaliknya

5. Outo biografi ( kisah masa kecil seseorang sampai sekarang yang menulis dirinya sendiri

6. Biografi ( Sama Dengan Outo Biografi Tapi Yang Menulis Orang Lain

Minimal 50 Hal

7. Memoar ( Cerita Tentang Seseorang )

Minimal 50 Hal

8. Novelet (Novel Pendek )

Minimal 50 Hal

9. Novel Fiksi ( Imajinnasi ) diksinya harus kuat (pilihan kata)

minimal 100 hal

10. Novel faksi ( fakta + fiksi )

11. Buku Kumpulan Puisi

40 JUDUL – kertas A4

12. Kumpulan Cerpen

15 Cerpen ( 1 Cerpen Minimal 500 Kata Maksimal 900 Kata )

13. Buku Kuliner

Minimal 50 halaman ( 40% teks 60% poto)

14. Buku Cerita Rakyat

Minimal 40 halaman

15. Asal Usul Daerah

Minima 50 halaman kertas A4 font arial ukuran huruf 12

16. Buku Cerita Anak Bergambar

( 1 hal – 1 gambar ) maksimal 15 hal

17. Buku Media Pembelajaran Dan Alat Peraga Edukasi

50 hal ( 50 % teks 50% photo gmbar atau ilustrasi pendukung )

18. Buku panduan (how to ) contoh cara praktis penelitian tindakan kelas

Minimal 50 Hal

19. Buku komik pembelajaran

Minimal 50 Hal

20. Buku catatan harian

Minimal 50 Hal

21. Buku religi

Minimal 50 Hal

22. Buku sejarah (butuh riset)

Minimal 50 Hal

23. Buku fotografi ( 1 photo diberikan teks)

Minimal 50 Hal

24. Kumpulan status medsos

Minimal 50 Hal

25. Buku parenting (pendidikan keluarga)

Minimal 50 Hal

26. Buku pendidikan inklusi

Minimal 50 Hal

27. Buku tentang pendidikan fokasi

Minimal 50 Hal

28. Buku cerita anak, dongeng, fabel

Minimal 50 Hal

29. Buku kumpulan opini pendidikan di media massa

Minimal 50 Hal

30. Buku saku

Minimal 50 Hal

31. Modul

Minimal 50 Hal

32. Kumpulan cerita bersambung

Minimal 50 Hal

33. Kumpulan pantun

Minimal 50 Hal

34. Kumpulan kalimat motivasi

1 HAL 1 KALIMAT 50 HAL

35. Kumpulan khotbah

Minimal 50 Hal

36. Buku kumpulan lirik lagu karya sendiri

Minimal 50 Hal

37. Kumpulan pidato

Minimal 50 Hal

38. Drama (karya sendiri)

Minimal 50 Hal

39. Buku humor

Minimal 50 Hal

40. Buku kumpulan ice breaking

Minimal 50 Hal

41. Buku profil sekolah

Itulah hasil pelatihan menulis dihari pertama, dan dari daftar buku yang bisa kita tulis tersebut di atas, aku akan menulis buku memoar, yang menceritakan pengalaman pribadiku dalam mencari dan menemukan media menulis yang mampu mengakomodir keinginan penulis pemula hingga menjadi sukses

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Info keren ini

11 Jun
Balas



search

New Post