Okta Arbatin Rawina

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Bicara Lewat Karya

Bicara Lewat Karya

Bicara Lewat Karya

Oleh Okta AR

Tagur 10

Bahasa Adalah alat komunikasi suatu bangsa. Bahasa juga sebagai salah satu indentitas bangsa. Semua bangsa meiliki bahasa dan ciri tersendiri dalam menggunakan bahasa dalam berkomunikasi. Ada beragam jenis bahasa di dunia. Di Indonesia sendiri memiliki beragam jenis bahasa daerah. Setiap daerah di Indonesia memiliki bahasa daerah masing-masing. Akan tetapi Bangsa Indonesia disatukan dengan satu bahasa persatuan yaitu Bahasa Indonesia.

Bahasa merupakan alat komunikasi secara lisan dan tertulis. Berbagai informasi dan pengetahuan disampaikan menggunakan bahasa yang bisa dimengerti oleh semua orang. Komunikasi lisan bisa dilakukan dengan cara berbicara scara langsung kepada target agar pesan tersampaikan dengan baik.

Namun ada juga yang berbicara melalui tulisan karena kemapuan berbicara lisan secara personal tidak sebaik ketika disampaikan melalui tulisan. Bagi sebagian orang, berbicara secara langsung terkadang sulit mengungkapkan apa yang ingin diungkapkan. Bukan karena tidak pandai berbahasa, hanya saja semuanya berhubungan dengan kenyamanan.

Bagi orang yang tidak banyak bicara, berbicara melalui tulisan akan menjadi pilihan yang tepat dalam mengungkapkan rasa. Bermain dengan kata-kata menyampaikan kisah hingga menjadi sebuah cerita.

Begitu pula bagi seorang yang bergelut dengan dunia tulisan atau sedang mendalami kemampuan menulis, kelancaran berbahasa dan meramu kata adalah suatu keharusan. Untuk mendapatkan kemampuan tersebut, penulis harus banyak-banyak mengumpulkan amunisi atau peluru. Amunisi tersebut didapat dengan cara membaca dari berbagai sumber dan referensi. Semakin banyak membaca, semakin banyak tahu. Semakin banyak tahu, semakin banyak cerita yang akan di sampaikan.

Kemampuan berbahasa akan terus berkembang apabila terus diasah dan dimaksimalkan. Salah satu caranya adalah dengan menjadi seorang penulis. Penulis yang produktif akan terus mengasah kemampuan bahasanya agar setiap tulisan yang dihasilkan tidak monoton dan membosankan.

Mengikuti berbagai kegiatan menulis dan lomba menulis secara rutin di berbagai media akan terus mengasah keahiran dalam melahirkan sebuah karya. Misalnya saja rutin mengikuti tantangan menulis yang diadakan oleh Media Guru di gurusiana. Tidak hanya kemampuan yang berkembang namun juga bisa menghasilkan karya yang dibukukan dan berstandar nasional.

Katingan, 10 Oktober 2021

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post