Okti Umi Widhayati,S.E

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Ketika hati dipilih,bukan memilih (part 5)
Nama,tempat dan gambar hanya rekaan semata,bukan yang sebenarnya

Ketika hati dipilih,bukan memilih (part 5)

Riuh celoteh anak anakTK kusuma pagi itu terdengar cukup akrab di telinga Ajeng,tiap hari Ajeng mengantar Tiara ke sekolah,setelah terlebih dahulu mengantar Laras yang masuk nya lebih awal. Hari ini ada pertemuan orang tua murid di sekolah Tiara,seperti nya berkaitan dengan akan di adakan nya lomba fashion show peringatan hari Kartini di tingkat kabupaten. Saat Ajeng datang,di dalam ruangan sudah ada beberapa orang tua murid,yang di dominasi oleh ibu ibu. Alhamdulillah, Tiara terpilih untuk mengikuti Lomba mewakili sekolah nya, yang memang Tiara meraih juara 1 saat lomba antar siswa di sekolah nya beberapa saat yang lalu. "Mama Tiara,panggil bu guru pelan,mohon maaf,kira kira keberatan atau tidak ya,kalo biaya untuk ke Salon,untuk make up di tanggung orang tua?kalo dari sekolah yang ada hanya baju dan selop nya aja,"...gimana bunda...sapa bu guru halus. "Belum sempat Rahajeng menjawab,seorang ibu ibu yang dari tampilan nya saja sudah terlihat borju nyeletuk,.." kalo gak,biar di dandanin sendiri aja sama mama nya,pasti bisa,wong mama nya cantik kok," sahut nya,diikuti oleh tawa kecil ibu ibu yang lain. Ajeng terdiam,sama sekali dia tidak menyangka,ternyata selama ini tatapan mata kasihan yang muncul dari orang lain terhadap nya,jadi...selama ini mereka menganggap Ajeng termasuk tidak mampu secara finansial,...kurang Ajar..batin Ajeng. "Saya siap bu...nanti akan saya carikan salon make up terbaik,terima kasih bu atas dukungan nya untuk Tiara," jawab Ajeng agak tegas.

"Mamaaaa...."sambut Tiara di depan ruang rapat,ternyata dia sudah dari tadi menunggu di situ,...kata bu guru tadi ma,kata nya nanti rambut Tiara di sanggul,terus bibir nya juga di kasih lipstick,...tapi Tiara mau nya yang rasa strawberry yaa ma...gak kaya yang punya mama kemarin,yang ada kuas nya itu,pahiiiit...cerocos nya sambil menggoyang goyang kan genggaman tangan Ajeng saat mereka berjalan menuju mobil. Ajeng pun tersenyum...terjawab sudah siapa yang membuka lipstick nya dan membiarkan nya terbuka,tanpa di tutup lagi. "Tiara,...kita jemput Om Rayhan dulu yaa,kata Ajeng sambil mempercepat langkah nya,setelah melihat angka di jarum jam tangan nya sudah menunjukkan waktu pesawat Rayhan Landing. "Emang nya ngapain Om Rayhan ke rumah nenek ma,..." tanya Tiara sambil melambaikan tangan ke arah teman teman nya. " Yaa main aja,kebetulan pas dinas di Solo.."...sahut Ajeng pelan. "Om Rayhan pernah bilang sama Tiara, kata nya nanti mau tinggal sama kita,trus katanya nanti kita pindah,gak di rumah kita yang sekarang,kata nya nanti Tiara punya kamar sendiri,kakak juga bobok sendiri...bener kah ma," cerocos Tiara dengan logat nya yang lucu. "Nahhh pesawat nya sudah turun tuh...coba bantu cari Om Rayhan ya sayang,..".kata Ajeng mengalihkan pertanyaan Tiara,saat mereka sudah di area kedatangan.

Tiara sudah berada dalam gendongan Rayhan,di tangan Tiara sudah ada boneka Little pony kesukaan nya yang sengaja tidak di masukkan ke bagasi oleh Rayhan,supaya dengan segera bisa di berikan pada Tiara. Rahajeng mengikuti di belakang nya,sementara seorang portier airport sudah lebih dulu berjalan di depan membawa tas dan beberapa dus besar. Sampai di depan rumah,Tiara yang dari tadi minta duduk di pangkuan Ajeng,ternyata sudah tertidur,...ssst...biar aja...jangan di bangunin,sebentar,aku yang angkat ke dalam,kata Rayhan sambil meminta tolong Anik membantu menurunkan 2 dus dari bagasi mobil Ajeng. "Lho...kok di turunkan semua,mas...seru Ajeng heran. " Itu semua dari ibu,untuk Laras sama Tiara,sahut Rayhan sambil terduduk di sofa,wajah nya terlihat dia belum cukup istirahat. " Jeng...ceritanya nanti aja ya..habis ini antarkan aku pulang dulu,ngantuk banget,aku belum tidur,semalaman ngobrol sama mas Yudho,sampai akhir nya sudah subuh tadi baru balik ke hotel,suara Rayhan sambil menguap menahan kantuk nya. " Oke mas...tapi bentar aku nyiapin makan Tiara dulu,biasa nya dia bangun tidur minta makan,soal nya Anik lagi beresin halaman belakang,sudah tinggi banget rumput nya,sahut Ajeng sambil menggoreng ayam bacem kesukaan Tiara. 10 menit kemudian Ajeng bersiap mengantar Rayhan,saat akan masuk kamar untuk mengambil tas,dilihat nya Rayhan sudah tertidur di sofa,tangan kiri nya berada di dahi,dan dengkur halus nya terdengar teratur.

Rahajeng berpesan kepada Anik,jika nanti Rayhan terbangun,tolong sampaikan kalo aku lagi jemput Laras, terus bilang suruh tunggu sebentar...belum selesai Ajeng berbicara kepada Anik,Rayhan menggeliat,dan langsung terbangun,tergopoh gopoh duduk dan melihat jam,langsung beranjak ke wastafel untuk membasuh muka nya. " Ayo jeng,jemput Laras dulu,sudah keluar kelas dia kalo sudah jam segini,kata Rayhan sambil meminum secangkir teh yang dari tadi sudah di buatkan Ajeng untuk nya. Di dalam mobil,dengan wajah berbinar,Rayhan mengatakan kalo Ibu sudah menyetujui pernikahan kita ,2 bulan lagi,pas anak anak libur sekolah,jadi sambil menunggu waktu, bantu aku untuk lebih dekat dengan Laras ya,...pinta Rayhan. Rahajeng memang selalu mengingatkan Laras saat sudah mulai duduk di Sekolah Dasar,untuk berhati hati dalam menjaga harkat martabat nya sebagai wanita,Ajeng selalu mengajarkan bagian tubuh mana yang boleh di sentuh dan tidak. Ini yang melekat erat pada diri Laras,sehingga saat Rayhan ingin mengecup pipi Laras,sebagaimana yang di lakukan nya terhadap Tiara, Laras selalu menutup pipi dengan kedua tangan nya.

Suasana Lomba peringatan hari kartini di sebuah TK negeri di Kota itu cukup ramai,pelaksanaan Lomba yang di jadwalkan pukul 08.00 Wib itu pun molor 2 jam kemudian,informasi nya tidak jelas,karena keterlambatan Panitia atau menunggu kehadiran Pejabat yang akan membuka acara. Deretan Putri putri Kartini kecil pun sudah tampak kelelahan,ada beberapa anak Laki laki yang hadir meramaikan grup marching band,tampak iseng menarik narik *sunduk mentul* di sanggul teman perempuan nya,dan berakhir dengan linangan air mata, serta sang bunda yang susah payah membujuk nya,sementara lelaki kecil yang iseng tadi sudah kabur entah kemana. Demikian dengan Tiara, dia tidak mau makan sesuap pun, hanya minum susu kemasan,itu pun dengan bibir yang terbuka hanya sedikit saja,takut lipstick nya hilang kata nya. Ajeng menatap gadis kecil nya,semua garis wajah nya ada di sana, mata,hidung,bibir,semua lengkap ada pada Tiara. Hanya saja postur tubuh Tiara terlihat bongsor, warisan dari Anton sang Bapak. Karena tampil paling akhir, hari pun cukup terik kala itu,membuat penampilan Tiara bak Putri Kartini yang sedih karena di pingit,sama sekali tanpa senyum,walau Ajeng,Rayhan yang baru saja tiba,beberapa orang guru dari TK Kusuma,menyupport nya dengan teriakan..."Tiara sayang,semangat,senyum cantik..." yang tak henti henti di ucapkan di samping dan depan panggung,namun Tiara yang bentuk wajah nya oval,mata bulat ,dengan sanggul mungil dan tubuh montok nya berbalut busana Kartini itu tetap tampil tanpa senyuman. Rayhan langsung menggendong Tiara dan membawa nya masuk ke dalam mobil nya selepas Tiara turun dari panggung, rupanya dia sudah membelikan makanan cepat saji untuk Tiara,menyuapi nya dengan telaten setelah membesarkan volume AC mobil karena melihat baju Tiara basah oleh keringat. Ajeng yang menunggu di area lomba,hingga di umumkan Juara lomba nya,Alhamdulillah,walau tanpa senyum,Tiara meraih juara 3.

Hari yang sangat di nanti Rayhan dan Ajeng pun tiba, akad nikah di laksanakan di rumah Ajeng dan hanya di hadiri keluarga dekat serta tetangga sekitar itu ,berlangsung dengan khidmat, Rayhan tak kuasa membendung rasa haru nya setelah penghulu mengucapkan kata "Sah",Dengan terisak langsung mendekat ke kursi Bapak nya,memeluk nyan erat dan baru di lepaskan saat Tiara sudah bersandar di pinggang nya,...bergegas menghapus air mata dengan Tissue yang di sodorkan Ajeng dan langsung memangku Tiara yang masih heran menatap nya. Beberapa tetangga mengucapkan selamat ke pada Ajeng dan Rayhan,serta Bu Hartati yang pagi itu terlihat sangat Anggun dengan balutan kebaya merah maroon. Selain mengucapkan selamat,banyak juga yang memuji kecantikan Ajeng yang terlihat makin matang di usia nya. Ibunda Ajeng memang meminta Jasa perias penganten terbaik di Solo,karena walaupun pernikahan ke dua bagi Ajeng, sang Ibu tetap menginginkan yang terbaik untuk Ajeng. Hal ini juga sangat di rasakan Rayhan,tadi pagi saat acara belum dimulai,dia sangat takjub melihat Rahajeng,dengan riasan penganten Adat Solo,kebaya broken white di padu kain jarik motif parangkusumo,membuat Ajeng begitu sempurna,tak sabar rasanya untuk segera merengkuh nya.

" Kakak...kakk...Tiara menggedor pintu kamar mandi," ayoo...jangan lama lama mandi nyaa....nanti kesiangan keburu ramai orang nyaa.." Kak...seru Tiara..hampir menangis karena Laras menggoda nya dengan berlama lama sambil bersenandung di kamar mandi." Mau kemanaa sih,"...nenek boleh ikut nggak...canda nenek menghibur Tiara yang sudah terlihat gak sabar. Bahagia nya Laras dan Tiara di arena waterboom ternama di kota Solo itu,membuat Ajeng tersenyum lebar,kedua nya asyik bermain di kolam ombak di temani oleh Rayhan yang ikut berenang. "Ayo ma...sini,ikutan sapa Rayhan yang membiasakan diri memanggil Ajeng dengan sebutan Mama,walau kadang masih terdengar kaku. Ajeng hanya berharap ketulusan Rayhan membesarkan Laras dan Tiara dengan sepenuh hati sampai mereka besar nanti. Walaupun diri nya yang sekarang tidak bekerja,tapi Ajeng sebagai ibu rumah tangga yang tidak bisa tinggal diam,dia membuat aneka cake dan jajanan tradisional Jawa yang di pasarkan secara online,dengan sistem made by order.Ajeng juga sudah mempunyai label " Kinanti Bakery " dengan pelanggan yang cukup banyak di Pasar Online nya. Jika pesanan cukup banyak,Ajeng mempekerjakan Sari,kakak nya Anik yang memang perlu tambahan penghasilan. Satu hal yang kadang masih menggelayuti pikiran Ajeng, sampai saat ini,Anton masih sering mengirim pesan gelap nya melalui massenger, dengan berbagai nada sindiran atau bahkan ancaman,dia mengancam akan mengambil Laras dan Tiara,karena Ajeng memang berat untuk mempertemukan mereka,bukan nya tanpa alasan Ajeng untuk tidak mempertemukan anak anak dengan Papa nya, tapi karena Wulan,...ya..Wulan istri Anton,akhir akhir ini dia sangat temperamental di kantor,bisa marah atau bahkan sedih tanpa sebab,seperti nya agak terganggu psikis nya,mungkin karena terlalu tertekan oleh sikap otoriter dalam keseharian nya. Ajeng sangat menjaga perkembangan mental Laras dan Tiara,sehingga begitu mendengar cerita dari Novi tentang kondisi Wulan ,yang sudah di rumahkan beberapa bulan lalu dari kantor, Ajeng tidak akan pernah mengijinkan Laras dan Tiara di bawa kesana. Apapun itu saya ibu nya,saya orang yang pertama kali berhak atas nasib anak anak saya,begitu jawaban Ajeng jika ada pernyataan nyinyir segelintir orang yang selalu menyalahkan dia karena menghalangi pertemuan Ayah dan anak.

"Mikir apa sih,"...tegur Rayhan halus,...agak kaget Ajeng,karena tiba tiba saja Rayhan sudah ganti baju sambil membawa baju berenang Laras dan tiara di kantong plastik." Eh...iya mas,...aku bawain baju mereka dulu yaa,..mereka sendirian di ruang ganti?...tanya Ajeng bernada khawatir,..."lha terus,...emang aku di suruh masuk ke ruang ganti cewek...hellooo...gurau Rayhan sambil memberi kode Ajeng untuk segera kesana. Begitu Ajeng beranjak,Rayhan menelpon staff nya di kantor usaha " Ray Advertising" milik nya untuk menanyakan bagaimana proses pemindahan barang di rumah Ajeng ke rumah nya sudah selesai atau belum,ini surprise untuk Ajeng,karena dia tidak tau kalo Rayhan sudah menyuruh pegawai nya untuk memindahkan barang barang nya. " Sudah pak,ini angkutan terakhir untuk peralatan dapur,...buseeet buanyakkk banget pak ,barang punya bakery ni,keluh Tomo, asisten nya,"oke oke....hari ini pasti selesai kan,...kata Rayhan..kalo gak sempat biar barang dapur nya gak perlu disusun,...taruh aja dulu di garasi,di jaga yang penting jangan sampai kena hujan," perintah Rayhan yang langsung mengalihkan pembicaraan ke topik ratusan lembar pesanan backdrop,saat melihat Ajeng dan anak anak berjalan menghampiri nya. "Ayahh...besok kita pulang beneran ya"..kata Laras sambil membuka minuman kemasan dari dalam tas mungil nya. Rayhan mengenalkan panggilan Ayah pada mereka,karena Rayhan tidak mau sosok Anton yang disebut Papa oleh mereka seolah hilang. Jadi Rayhan membiasakan diri dengan panggilan Ayah dan Mama untuk keluarga baru nya. " iyaa dongg...nanti Ayah di pecat kalo bolos nya kelamaan..seloroh Rayhan sambil menyisir rambut Tiara yang masih basah. " Tapi besok pesawat kita sore kok....masih bisaa pagi nya jalan jalan...besok mama kata nya mau beli Es Cepol di mana...di apa..Pasar Gede yaa,bujuk Rayhan pada Laras,karena Laras masih kerasan di Solo. " Bukan Cepol...itu mah cepol rambut yang ada...sergah Ajeng...Es Gempol, yah...bukan Cepolll"...kata Ajeng yang langsung di sambut tawa Laras dan Tiara bersamaan. " Ehhh....emang nya tau itu es apaan...seru Rayhan gemas kepada Laras dan Tiara, yang langsung di jawab gelengan kepala Tiara,..."Laras tau...yang bulat bulat putih itu kan,yang pake mangkuk kecil,yang jualan tuh di dekat tangga di pasar kan,..ocehan Laras makin membuat Raihan gemas.

* Hiasan yang di gunakan di atas sanggul pada adat Jawa*

BERSAMBUNG

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mohon bimbingan dan koreksi nya bu...masih taraf belajar...based on true story..tp tidak semuanya sama,ada yang fiktif

19 May
Balas

Mantap...

19 May
Balas



search

New Post