Tina S. Atmasasmita

Lahir di Bogor, tahun 1973. Telah dikaruniai 2 (dua) orang putri. Mulai mengajar pada tahun 1996 di Kota Bogor, Alhamdulillah pada tahun 2005 Allah memberi kese...

Selengkapnya
Navigasi Web

Sistematika Penulisan Laporan Hasil PTK #TantanganGurusiana Hari ke-15

Sistematika Penulisan Laporan Hasil PTK

(Oleh : Meriam Mochas)

Malam jumat ini, sepertinya saya jamaah pengajian yang terlihat paling terburu-buru pulang begitu ustadz menutup kajian. Bagaimana tidak, waktu sudah menunjukkan pukul 21.00 sementara saya belum menulis apapun untuk dikirimkan ke tantangan Gurusiana hari ini. Sepanjang perjalanan pulang tak henti-hentinya berpikir ide apa yang bisa dikembangkan malam ini.

Teringat obrolan saat diklat minggu yang lalu, beberapa teman mengeluhkan kekecewaanya terhadap hasil penilaian kenaikan pangkat. Beberapa teman dinyatakan belum memenuhi syarat untuk kenaikan, dan diantara penyebabnya adalah belum maksimalnya penulisan laporan hasil penelitian tindakan kelas yang diajukan.

Bagi kami guru di Jawa Barat, proses penilaian kenaikan pangkat sudah menggunakan aplikasi Opak (Online PAK). Dengan aplikasi ini kami bisa dengan mudah mengakses perjalanan dokumen yang diajukan hingga koreksi-koreksi hasil penilaian para asessor tentang dokumen kami yang belum memenuhi syarat. Refleksi dan masukan dari para penilai dapat dengan jelas kami baca dalam aplikasi tersebut.

Bagi saya pribadi, aplikasi ini benar-benar sangat memudahkan dan transparan. Saya pun tak henti-hentinya mengucap syukur karena dalam proses pengajuan pangkat periode kemarin, saya telah dinyatakan lolos untuk naik ke golongan IVb. Karena melihat karya tulis yang saya buat sudah dinyatakan lolos, seorang teman meminta pendapat saya tentang maksud koreksi penilai yang berbunyi ‘Laporan hasil penelitian belum menggambarkan secara utuh sebagai hasil penelitian tindakan kelas’. Dengan kapasitas saya yang sangat terbatas sebenarnya saya tidak bisa memberikan jawaban secara pasti. Tetapi setelah melihat dan membandingkan laporan hasil penelitian tindakan yang dibuat oleh kami masing-masing, kemungkinan penyebabnya adalah penyajian laporan penelitian tindakan yang dibuat oleh teman saya itu kajian isinya masih belum lengkap sebagai laporan hasil penelitian tindakan kelas.

Dengan tidak bermaksud menggurui, berikut ini dengan senang hati saya akan membagikan oleh-oleh hasil diklat literasi (Fiksi dan Non Fiksi) yang pernah saya ikuti di PPPPTK BMTI Bandung, khususnya tentang Sistematika Penulisan Laporan Hasil Penelitian Tindakan Kelas, sebagai berikut :*)

Isi dari laporan penelitian dapat dibuat menggunakan sistematika berikut :

Halaman Judul

Halaman Pengesahan

Abstrak

Kata Pengantar

Daftar Isi

Daftar Gambar/Tabel

I. Pendahuluan

1.1 Latar belakang

1.2 Identifikasi masalah

1.3 Pembatasan masalah

1.4 Rumusan masalah

1.5 Tujuan penelitian

1.6 Manfaat penelitian

II. Landasan Teori

2.1 Teori yang mendukung/relevan

2.2 Hasil penelitian yang relevan

2.3 Kerangka berpikir/paradigma penelitian

2.4 Hipotesis tindakan

III. Metode Penelitian

3.1 Setting

3.2 Subyek Penelitian

3.3 Sumber Data

3.4 Teknik Pengumpulan Data

3.5 Validasi Data

3.6 Teknik Analisis Data

3.7 Indikator kinerja

3.8 Prosedur/langkah-langkah penelitian

IV. Hasil Penelitian dan Pembahasan

4.1 Deskripsi Kondisi Awal

4.2 Deskripsi Hasil Siklus I

4.2.1 Perencanaan Tindakan

4.2.2 Pelaksanaan Tindakan

4.2.3 Hasil Pengamatan

4.2.4 Refleksi

4.3 Deskripsi Hasil Siklus II

4.4 Pembahasan Tiap Siklus & Antarsiklus

4.5 Kesimpulan dari Hasil Penelitian

4.5.1 Sajikan tiap siklus (rencana tindakan, pelaksanaan pembelajaran guru-siswa, tanggapan siswa, variabel yang diteliti, analisis dan refleksi)

4.5.2 Siklus I

4.5.3 Siklus II

4.5.4 Pembahasan antar siklus

V. Penutup (Simpulan dan Saran)

Daftar Pustaka

Lampiran

Untuk teman-teman yang belum lolos kenaikan pangkatnya pada periode lalu, jangan patah arang, tetap berjuang lagi, kalian pasti bisa. Semoga oleh-oleh ini bisa bermanfaat. Semangat.

*)Sumber materi : Modul “Penelitian Tindakan Kelas (PTK)” disusun oleh Wiyoto, P4TK BMTI Bandung

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post