Tina S. Atmasasmita

Lahir di Bogor, tahun 1973. Telah dikaruniai 2 (dua) orang putri. Mulai mengajar pada tahun 1996 di Kota Bogor, Alhamdulillah pada tahun 2005 Allah memberi kese...

Selengkapnya
Navigasi Web
Doel oh Doel .... #TantanganGurusiana Hari ke-4
Doel oh Doel ....

Doel oh Doel .... #TantanganGurusiana Hari ke-4

Doel oh Doel ….

(Oleh : Meriam Mochas)

Sejak kemarin siang, badan rasanya 8L. Lemah Letih Lesu Lelah Laper Lagi Laper Lagi. Diklat tiga hari menyisakan rasa lelah yang teramat sangat. Mungkin karena faktor U, diklat yang hanya berdurasi 32 jam pun seperti menguras tenaga. Mungkin juga faktor cuaca yang membuat aku mager (males gerak) begini. Udara Lembang yang dingin menusuk ke tulang semakin membuatku betah selonjoran sambil berselancar dengan gawaiku. Padahal aku belum menyiapkan tulisan untuk tantangan Gurusiana hari ini. Ah, malasnya aku.

“Ma, ga minat jalan-jalan?” si bungsu membuyarkan konsentrasiku, “Minat sih, tapi ga kuat dingin, liat nih…” jawabku sambil memperlihatkan kulitku yang mulai bentol-bentol karena alergi udara dingin. “Ya udahlah, kita stalking aja dari rumah” jawab kesayangku ini sambil bersandar manja di sebelahku.

Bungsuku yang cantik ini bercerita kalau saat ini emak-emak sedang heboh membicarakan sekuelnya film “Si Doel”. Sebenarnya sebagai ABG, dia sendiri tidak tahu judul pastinya film itu, yang jelas katanya beberapa bioskop di negara ini penuh diantri ibu-ibu yang penasaran dengan kelanjutan kisah cinta segitiga Sarah - Doel – Zaenab. Aku jadi penasaran juga dengan fenomena itu. Akhirnya kubuka medsos, mulai dari IG, facebook, sampai grup WA yang anggotanya khusus emak-emak gaul, barangkali ada rekomendasi menarik.

Pencarianku terfokus pada ulasan film itu dari seorang penulis muda dengan akun @Jayaning Hartami, dengan Caption PELAJARAN BERHARGA DARI KISAH CINTA SI DOEL. Ya ampun, ulasannya disajikan dengan sangat menarik, gaul, ringan, dan renyah, hingga membuat kita senyam-senyum sendiri membacanya. Mohon ijin kepada Mbak Jayaning Hartami, saya mencantumkan ulasan yang mbak tulis di akun milik mbak, supaya teman-teman tau kenapa aku sampai senyam-senyum sendiri. Cuplikan ulasannya seperti ini :

Apa yang bisa kita pelajari dari kisah cintanya Si Doel?

1. 𝐀𝐩𝐚𝐩𝐮𝐧 𝐦𝐚s𝐚𝐥𝐚𝐡 𝐫𝐮𝐦𝐚𝐡 𝐭𝐚𝐧𝐠𝐠𝐚 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐤𝐢𝐭𝐚 𝐩𝐮𝐧𝐲𝐚, 𝐠𝐚 𝐮𝐬𝐚𝐡 𝐜𝐮𝐫𝐡𝐚𝐭 𝐤𝐞 𝐥𝐚𝐰𝐚𝐧 𝐣𝐞𝐧𝐢𝐬 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐠𝐚𝐤 𝐩𝐮𝐧𝐲𝐚 𝐤𝐞𝐩𝐞𝐧𝐭𝐢𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐝𝐢 𝐝𝐚𝐥𝐚𝐦𝐧𝐲𝐚.

Perempuan yang nangis itu... buat lakik ngegemesin, Cuy. Bawaannya pengen nge-puk-puk trus bawa pulang

Alih alih dapet solusi, yang ada malah bikin benih benih cinta yang salah tumbuh di hati.

2. 𝐊𝐚𝐠𝐚𝐤 𝐮𝐬𝐚𝐡 𝐀𝐛𝐚𝐧𝐠-𝐀𝐝𝐞𝐤-𝐚𝐧 𝐬𝐚𝐦𝐚 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐛𝐮𝐤𝐚𝐧 𝐦𝐚𝐡𝐫𝐨𝐦.

Akui aja, budaya timur kayak kita tuh masih gampang baper sama istilah begituan.

Baru juga sekali disapa "Dek", udah mikir besok mau kawinan pake adat sunda apa jawa.

Baru juga sekali manggil "Bang", udah mikir besok mau beli Halo Balita apa Confidence in Science dulu buat calon anak anak kita #EeeGimana

3. 𝐊𝐚𝐥𝐨 𝐝𝐢𝐜𝐮𝐫𝐡𝐚𝐭𝐢𝐧 𝐬𝐚𝐦𝐚 𝐥𝐚𝐰𝐚𝐧 𝐣𝐞𝐧𝐢𝐬, 𝐚𝐩𝐚𝐥𝐚𝐠𝐢 𝐮𝐫𝐮𝐬𝐚𝐧 𝐫𝐮𝐦𝐚𝐡 𝐭𝐚𝐧𝐠𝐠𝐚 𝐝𝐢𝐚.. 𝐬𝐤𝐢𝐩 𝐚𝐣𝐚, 𝐁𝐨𝐬𝐬.. 𝐠𝐚𝐤 𝐚𝐝𝐚 𝐟𝐚𝐞𝐝𝐚𝐡𝐧𝐲𝐚.

Mending diarahin aja buat dia balik curhat ke keluarganya. Kalo keluarga ga dukung, refer ke tenaga profesional yang sesuai sama masalahnya.

Intinya diarahin supaya dia punya pegangan, sehingga ga perlu curhat ke kita. BUKANNYA MALAH DIAJAK KETEMUAN BERKALI KALI KEK SI DOEL INI #Monmaap #JadiNgegas

4. 𝐊𝐚𝐥𝐨 𝐮𝐝𝐚𝐡 𝐧𝐢𝐤𝐚𝐡, 𝐭𝐞𝐫𝐛𝐮𝐤𝐚 𝐝𝐞𝐡 𝐬𝐚𝐦𝐚 𝐩𝐚𝐬𝐚𝐧𝐠𝐚𝐧. 𝐓𝐞𝐫𝐦𝐚𝐬𝐮𝐤 𝐮𝐫𝐮𝐬𝐚𝐧 𝐢𝐧𝐭𝐞𝐫𝐚𝐤𝐬𝐢 𝐤𝐢𝐭𝐚 𝐬𝐚𝐦𝐚 𝐥𝐚𝐰𝐚𝐧 𝐣𝐞𝐧𝐢𝐬.

Kalo harus ketemuan di luar urusan kerjaan, ajak istri sekalian. Itu WA kagak usah di-hide, di-password, apalagi di-clear chat.

Bohong berkali kali bilang ketemu klien padahal nyamperin Zaenab, itu yang bikin Sarah susah percaya meski Doel bilang,

"Kan gak terjadi apa apa antara saya sama dia, Sar.."

Yeee, Bambaank.. Kalo emang ga ngapa ngapain, kenapa elu pake ngumpet ngumpet segala cobak?

5. 𝐊𝐞𝐭𝐢𝐤𝐚 𝐚𝐝𝐚 𝐦𝐚𝐬𝐚𝐥𝐚𝐡 𝐬𝐚𝐦𝐚 𝐬𝐮𝐚𝐦𝐢, 𝐣𝐚𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐥𝐚𝐧𝐠𝐬𝐮𝐧𝐠 𝐩𝐞𝐫𝐠𝐢 𝐝𝐚𝐫𝐢 𝐫𝐮𝐦𝐚𝐡 𝐛𝐞𝐠𝐢𝐭𝐮 𝐚𝐣𝐚.

Kecuali kasusnya KDRT dan hal membahayakan lainnya, pergi memang jadi opsi yang lebih aman buat dilakukan.

Tapi kalo masalahnya masih seputar miskomunikasi atau ada uneg uneg di hati, better duduk bareng buat nyelesein semuanya dulu.

Apakah nanti endingnya kita bersedia memaafkan atau lanjut ke perpisahan.. itu urusan belakangan. Yang penting udah selesai. Gak ada yang ganjel diantara kita.

Kalopun butuh waktu nenangin diri, pulang aja ke rumah orang tua. Jangan ujug ujug pindah ke Belanda woy, susah bener kan disamperinnya

6. 𝐃𝐚𝐥𝐚𝐦 𝐩𝐞𝐫𝐜𝐞𝐫𝐚𝐢𝐚𝐧, 𝐚𝐧𝐚𝐤 (𝐡𝐚𝐫𝐮𝐬) 𝐭𝐞𝐭𝐚𝐩 𝐣𝐚𝐝𝐢 𝐩𝐫𝐢𝐨𝐫𝐢𝐭𝐚𝐬 𝐮𝐭𝐚𝐦𝐚 𝐛𝐚𝐠𝐢 𝐤𝐞𝐝𝐮𝐚 𝐨𝐫𝐚𝐧𝐠 𝐭𝐮𝐚.

Okelah elu sebel sama mantan suami, sakit hati sampe susah maafin. Tapi plis, ga usah warisin rasa benci itu ke anak. Kasian. Nanti dia jadi susah respek sama Ayah/Ibunya.

Nah. Buat urusan yang satu ini, gw salut banget sama Sarah yang menyampingkan masa lalu dia sama Doel, dan tetep encourage Dul (nama anak mereka) buat ketemu sama Ayahnya.

Gak heran Dul gampang bangeeet buat sayang dan deket sama Ayahnya, juga keluarga Ayahnya. Bahkan sama Zaenab dia pun dengan senang hati mau manggil "Ibu".

7. 𝐉𝐚𝐧𝐠𝐚𝐧 𝐬𝐞𝐛𝐞𝐥 𝐬𝐞𝐛𝐞𝐥 𝐚𝐦𝐚𝐭 𝐚𝐦𝐚 𝐬𝐞𝐬𝐮𝐚𝐭𝐮, 𝐧𝐭𝐚𝐫 𝐦𝐚𝐥𝐚𝐡 𝐣𝐚𝐝𝐢 𝐜𝐢𝐧𝐭𝐚.

Jadi ceritanya waktu esde dulu, saya jadi sebel sama orang betawi karena gambaran tokoh di film Doel yang Dih-Kok-Gitu-Amat-Sih.

Sampe pernah nyeletuk dalam hati, "Duh, jangan sampe deh gw kawin ama orang betawi."

Trus sekarang... yak, ternyata laki owe anak betawi asli. Kerjaannye sembahyang mengaji. **

Nah, renyah kan dibacanya? Cara penyampaiannya pun mengasyikkan untuk mengedukasi anak muda tanpa terkesan menggurui atau menghakimi. Walaupun tokoh dalam film itu sendiri sebenarnya bukan ABG lagi, tapi kaum muda pun harus bisa mengambil hikmah dari sebuah kejadian. Setelah baca ulasan di atas, sumpah aku jadi penasaran. Bukan penasaran untuk menonton filmnya, tapi penasaran ingin kenal dengan Mbak Jayaning, penulis ulasan tersebut. Semoga suatu saat bisa bertemu.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wow, keren Bund. Benar sekali gaya bahasa yang digunakan, nyantai namun dalam. Sukses selalu dan barakallahu fiik

03 Feb
Balas

Aamiin.... , trima kasih Bu Siti Ropiah yang tidak bosan memberikan support pada saya... Jazakallah

03 Feb



search

New Post