Syaiful Rahman

Guru di SMAN Plus Sukowono, Jember. Alumni IKIP PGRI Jember tahun 2003 jurusan Pendidikan Matematika...

Selengkapnya
Navigasi Web
Akar dan Akal
Akar tumbuhan

Akar dan Akal

#TantanganGurusiana ke-5

Oleh : Syaiful Rahman, S. Pd

(Guru SMAN Plus Sukowono, Jember )

Setiap tumbuhan memiliki akar. Dalam ilmu biologi disebutkan ada 5 jenis akar diantaranya :

Akar serabut.Akar ini umumnya terdapat pada tumbuhan monokotil. Walaupun kadang-kadang, tumbuhan dikotil juga memilikinya (dengan catatan, tumbuhan dikotil tersebut dikembangbiakkan dengan cara cangkok, atau stek). Fungsi utama akar serabut adalah untuk memperkokoh berdirinya tumbuhan Akar tunggang.Akar ini umumnya terdapat pada tumbuhan dikotil. Fungsi utamanya adalah untuk menyimpan makanan. Sebagai contoh wortel, ubi dan sebagainya dalam bentuk umbi-umbian Akar gantung. Akar gantung tumbuh dari bagian atas batang dan tumbuh ke arah tanah. Oleh karena itu, akar tersebut terlihat menggantung di udara. Akar gantung ini berfungsi menyerap uap air dan gas dari udara. Namun, bila telah mencapai tanah, akar tersebut masuk ke dalam tanah dan berfungsi menyerap air dan garam-garam mineral. Tumbuhan yang memiliki akar gantung misalnya beringin.. Akar napas. Akar napas tumbuh keluar dari batang bagian bawah. Akar tersebut sebagian muncul di permukaan tanah dan sebagian lagi berada di dalam tanah. Akar ini terlihat seperti menopang tegaknya batang. Akar napas mempunyai banyak celah tempat masuknya udara. Jadi, sesuai namanya, akar napas berfungsi untuk bernapas. Tumbuhan yang mempunyai akar napas, misalnya bakau dan pandan Akar pelekatAkar pelekat tumbuh di sepanjang batang. Akar pelekat terdapat pada tumbuhan yang tumbuh memanjat. Akar ini berfungsi untuk melekatkan batang pada tembok maupun tumbuhan lain. Tumbuhan yang mempunyai akar pelekat, misalnya sirih.( Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Akar#Fungsi_akar).

Dari berbagai jenis akar diatas secara umum memiliki fungsi sebagai berikut :

Untuk menyokong dan memperkokoh berdirinya tumbuhan di tempat hidupnya Untuk menyerap air dan garam-garam mineral (zat-zat hara) dari dalam tanah Mengangkut air dan zat-zat makanan yang sudah diserap ke tempat-tempat pada tubuh tumbuhan yang memerlukan Pada beberapa macam tumbuhan ada yang berfungsi sebagai alat respirasi, misalnya tumbuhan bakau Pada beberapa jenis tumbuhan, ada yang berguna sebagai tempat menyimpan cadangan makanan atau sebagai alat reproduksi vegetatif. Misalnya wortel yang memiliki akar tunggang yang membesar, berfungsi sebagai tempat menyimpan makanan. Pada tumbuhan sukun, dari bagian akar dapat tumbuh tunas yang akan tumbuh menjadi individu baru.

Subhanallah luar biasa…. Itu semua atas kuasa-Nya.

Apa hikmah yang dapat kita ambil dari uraian akar diatas ? mari kita bersama-sama sejenak bertafakkur bersama.

Setiap manusia diberi akal untuk berpikir, menyerap dan memahami ilmu pengetahuan serta meneruskan untuk dipraktikan dalam bentuk amal. Ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang membawa setiap hamba taqwa kepada Sang Ilahi Robbi. Kata “taqwa” tentunya menjadi bahasan tersendiri yang harus dikupas oleh ahlinya.

Dalam hal ini, kita mencoba mengambil gambaran sederhana dari tumbuhan. Ambillah contoh sebatang pohon yang tumbuh berkembang menjulang tinggi keatas tidak lepas dari peran akar yang menyokongnya, memberi asupan makan berupa air dan garam-garam mineral. Tumbuh besar kokoh, merindangi lingkungan sekitar dan mungkin buah yang dihasilkan memberi manfaat bagi makluk termasuk manusia. Ada sebagian tumbuhan yang menyuguhkan keindahan warna dan semerbak wangi dari bunganya. Sungguh luar biasa…. bisa bermanfaat bagi lingkungan sekitar.

Bagaimana dengan kita sebagai manusia? kita belajar dari tumbuhan diatas dengan ilmu yang kita dapat, pelajari dan kita pahami semaksimal mungkin dapat memberi manfaat bagi diri kita pribadi, keluarga, masyarakat dan bahkan bagi makluk lainnya ( tumbuhan dan hewan).

Manusia menadapat keistimewaan dari makluk lain ciptaan Allah SWT berupa akal. Akal digunakan untuk menerima, mengetahui, memahami menganalisa segala sesuatu yang kita terima melalui indra. Akal menjadi menjadi ujung tombak “bak” akar pada tumbuhan. Harus kuat,kokoh,dan mampu menyerap dan mengolah ilmu pengetahuan yang diterimanya. Dengan akal pulalah kita akan dapat membedakan yang benar dan yang salah , baik dan buruk. Maka dari itu pentinglah kita memiliki akal yang sehat untuk bertafakkur atas segala yang ada dimuka bumi ini.

Sekelumit tentang Aka dan Akal. semoga bermanfaat.

Semoga kita semua dikarunia akal yang sehat dan mensyukurinya serta mendapat taufik hidayah-Nya. Amiin

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Aamiin

04 Feb
Balas

Amiin. terimaksih Bu

04 Feb

Amiin

04 Feb
Balas

Amiin. terimakasih Bu

04 Feb

Semakin tinggi pohon, semakin dalam akarnya menembus bumi,Akal yang membedakan kita dengan makhluk Allah lainnya . Salam literasi..

04 Feb
Balas

Terimaksih Bu. Salam literasi

04 Feb

Samasama, semoga sukses ya?

04 Feb
Balas



search

New Post