Pamula Trisna Suri

Lulusan dari FIK UNY tahun 2009, lahir di Purworejo dan tumbuh besar di kota berhati nyaman, Yogyakarta. Merantau ke Pulau sumbawa selama kurang lebih li...

Selengkapnya
Navigasi Web
Giat Pegiat Literasi Rokan Hulu

Giat Pegiat Literasi Rokan Hulu

Giat Literasi

Oleh : Pamula Trisna Suri

Literasi meliputi literasi bahasa, literasi finansial, literasi numerisasi, literasi digital, literasi sains, dan literasi budaya dan kewargaan. Untuk sementara tema yang telah dijalankan yaitu literasi bahasa. Salah satu program Pegiat Literasi Rokan Hulu adalah bincang literasi. Kegiatan ini mencoba menggabungkan beberapa literasi dalam satu tema yang rutin dilaksanakan setiap bulannya.

Bagi sebagian orang membaca sebagai kesenangan, sebagian lainnya membaca sdbagai kebutuhan, dan segelintir orang membaca hal yang sangat berat. Mereka lebih senang main game, ngerumpi atau menonton.

Beberapa tema yang sudah terselenggara mendapatkan apresiasi yang cukup banyak dari kalangan remaja maupun dewasa. Dalam bincang literasi tersebut memaksa kita membuka lembar demi lembar buku sebagai referensi sebagai modal dalam bincang tersebut.

Sejauh ini bincang literasi telah mengusung tema yaitu : Penulisan Cerpen, Bedah Buku Mengemas Perih dalam Senandung Kasih karya Nirma Herlina Ghanie, dan Cara mudah menghafal Al-Quran.

Pada bincang literasi di pertemuan keempat mengangkat tema "Penulisan Berita (Jurnalistik) sebagai pemateri yaitu salah satu jurnalis dari media online sekaligus anggota dari Pegiat Literasi Rokan Hulu.

Selain bincang literasi progam dari pegiat literasi yaitu buka lapak baca yang diadakan seminggu sekali pada hari Ahad bertempat di Taman Kota dari pukul 07.00-09.30 Wib. Kemudian pada pukul 10.00-11.00 secara bergantian para pegiat literasi bertolak ke Dinas Komunikasi dan Informatika untuk mengisi acara di Radio Swara Lima Luhak Kabupaten Rokan Hulu.

Pegiat Literasi terdiri dari berbagai kalangan, yaitu : mahasiswa, guru, dosen, ibu rumah tangga dan lain-lain. Tujuan komunitas ini adalah menebarkan semangat baca tulis serta membangkitkan dan merangkul masyarakat Rokan Hulu memanfaatkam waktu luang dengan kegiatan yang positif.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post