Faridah Aini

Pengajar di SMP Negeri di Bandung, bermimpi mempunyai sebuah sekolah yang dapat membanggakan orangtua, Alhamdulillah terwujud. SMP Islam Al Washliyah ... ...

Selengkapnya
Navigasi Web

Belajar Pentigraf dari Suhunya

Pentigraf merupakan akronim dari cerpen tiga paragraf. Karya sastra jenis baru ini, kali pertama digagas dan dikembangkan oleh sastrawan dan akademikus dari Unesa, Dr. Tengsoe Tjahjono. Dinamakan pentigraf sebab syarat utamanya adalah terdiri dari tiga paragraf, 120 kata tidak kurang dan tidak lebih. Tentunya pentigraf ini haruslah memiliki tokoh, alur cerita, dan konflik yang kuat. Untuk itulah, mengapa dalam menuliskan pentigraf harus memperhatikan pemilihan diksi untuk menciptakan kalimat yang efektif.

Sabtu, 20 Juni 2020 Mediaguru yang digawangi oleh Pak CEO telah menghadirkan pakar pentigraf langsung. Webinar Mediaguru V bertema Meneroka Dapur Pentigraf menjadi tempat belajar para pembelajar pentigraf. Pak Tengsoepun memberikan topik yang cukup menarik pada acara ini yaitu, pengantar pentigraf, formula pentigraf, paragraf dalam pentigraf, kalimat langsung dalam pentigraf, bukan memindahkan fakta, elemen pentigraf, dan manfaat pentigraf dalam pengajaran.

Belajar langsung pada suhunya ternyata banyak manfaat. Ilmu baru diperoleh dari acara ini. Namun demikian ada satu yang membuat saya sedikit sedih. Disaat sesi kuis, Pak CEO sudah memilih 5 jawaban teratas yang benar dan salah satunya nama saya. Namun karena belum rizkinya hadiah bukupun hanya diberikan pada jawaban pertama teratas. Walaupun tidak dapat hadiahnya, tetapi ilmu yang diberikan saat itu sangat bermanfaat sekali. Terima kasih saya ucapkan pada Pak CEO Mediaguru (Mr. You Know), Pak Pemred (B-joe), Pakar Pentigraf Pak Tengsoe dan semua Tim Mediaguru yang telah sukses mengadakan acara yang super top markotop.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post