Panji Amboro

Pengalaman adalah guru terbaik...

Selengkapnya
Navigasi Web

JURAGAN KIMIA DARI TARAKAN

Sosok pria kalem dan santun yang memiliki tanda di pipi. Usia sekitar empat puluh satu tahun, Pardi nama sapaannya. Beliau bertempat tinggal di Mamburungan RT 03 No 39 Tarakan Kalimantan Utara. Profesinya sebagai guru SMKN 2 Tarakan Kalimantan Utara. Beliau sebagai guru pada tahun 2007 sampai sekarang. Prestasinya sangat mengesankan. Tidak mudah untuk seorang guru bisa pergi ke luar negeri. Banyak guru SMK baik negeri maupun swasta berprestasi belum bisa pergi keluar negeri. Supardi alumni pasca sarjana Universitas Negeri Surabaya Jurusan Kimia, pernah mewakili Kaltim pada kegiatan pelatihan guru-guru di Thailand tahun 2012. Proses panjang dan sulit ia lalui. Mulai dari tes administrasi di tingkat Kabupaten sampai tes akademik di tingkat provinsi. Test bahasa Inggris pun juga ia lakukan. Bagaimana tidak? di Thailand harus menguasai bahasa Internasional yakni Bahasa Inggris. Tes tulis dan wawancara Bahasa Inggris ia lakukan.

Selama 2 bulan Supardi menimba ilmu di negeri gajah putih. Sama seperti perkuliahan, ia menerima materi dan praktik. Perjuangan belum berakhir, Supardi mencoba memahami materi tersebut. Bahasa pengantarnya adalah bahasa asing ia berjuang keras dalam memahami bahasa asing yang disampaikan oleh Dosen-Dosen di Thailand. Setelah menerima materi, Supardi dituntut untuk praktik mengajar di Thailand. Seperti halnya guru profesional yang tugas pokoknya adalah membuat perencanaan, melaksanakan pembelajaran, penilaian dan Evaluasi. Supardi melaksanakan praktek pembelajaran di salah satu Sekolah Kejuruan di Thailand. Perjalanan tidak berjalan dengan mulus, dengan evaluasi dan semangat belajar yang tinggi Supardi berhasil menyelesaikan pembelajaran dengan baik. Ilmu yang ia peroleh tidak disimpan sendiri. Melalui forum MGMP Kimia ia meneteskan ilmunya. Tidak jarang kalau Supardi mendapat julukan juragan Kimia dari sesama rekan guru baik di lingkungan sekolah maupun dikalangan MGMP Kimia.

Ayah 2 putra ini memiliki semangat luar bisa dalam membangun daerah kabupaten Tarakan di bidang Pendidikan. Kabupaten Tarakan bagian dari Provinsi Kalimantan Utara. Lima tahun menjadi provinsi baru yang sebelumnya ikut Provinsi Kalimantan Timur.

HUMAN FEATURE

KARANGAN KHAS

APA SAJA YANG DIGALI

NAMA LENGKAP ATAU SAPAAN, TEMPAT TGL LAHIR, PROFESI, TEMPAT KERJA.

UNSUR 5W 1H

BIODATA:

Nama lengkap : Supardi, S.T, M.Pd

Panggilan : Pardi

TTL : Enrekang, 27 Agustus 1974

Alamat : Mamburungan RT 03 No 39 Tarakan Kalimantan Utara

Profesi : Guru

Instansi : SMKN 2 Tarakan Kalimantan Utara

Pengalaman : pernah mewakili Kaltim pada kegiatan pelatihan guru-guru di Thailand th 2012

Keluarga : menikah dengan anak dua

Pendidikan : SD di Enrekang (SulSel)

SMP di Enrekang (SulSel)

SMK di Pare-pare (SulSel)

S1 (UMI Makassar)

S2 (Unesa Surabaya) kimia

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post