pendidikan sekolah

Nama : Antonius Himawan Jayanto,S.Pd Mengajar : SDN Payola Umbu (www.sdnegeripayolaumbu.wordpress.com) ALamat : BTN Blok 6 Pogotena Kecamatan Loura Kabupaten ...

Selengkapnya
Navigasi Web
KURSUS DIGITAL STORYTELLING DAN LOMBA KARYA DIGITAL. JUMAT,16 MARET 2017 DI SDK MARSUDIRINI

KURSUS DIGITAL STORYTELLING DAN LOMBA KARYA DIGITAL. JUMAT,16 MARET 2017 DI SDK MARSUDIRINI

Di Era Digital SDK Marsudirini

Apa itu IPTEK! Ilmu dan Teknologi, di Era Digital ini, Semua serba komputer dan elektronik. seperti HP, Laptop, TV dan masih banyak lagi, terkadang jika kita tidak mengenal komputer atau HP berarti Gaptek atau Gagap Teknologi. Untuk menjawab semua itu makanya kita perlu bertanya kepada Guru atau belajar Otodidak menggunakan jasa Warnet : Warung Internet. Belajar Internet sangat mudah jika kita mau belajar. Terpenting di Era digital kita siap mengalami perubahan teknologi, contoh dulu kita berkomunikasi dengan menggunakan Telpon Koin ( Telpon Umum) sekarang menggunakan HP. Perubahan begitu cepat di Era Digital ini. Apakah Anda Siap atau Mau Mengalami Perubahan?

“Jawaban adalah Kami Siap!”, kata Beliau kepala SDK Marsudirini Kec.Loura Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Jika kita ingin ada perubahan di Dunia pendidikan maka kita harus mau berubah, sebagai contoh untuk membuat perangkat pembelajaran menggunakan Mesin Ketik Manual, Di Era Digital ini tidak mau atau suka tidak suka harus menggunakan Komputer! “Apakah anda Siap?” Tutur Sr.Leoni,OSF.

Kepala SDK Marsudirini berkerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sumba Barat Daya, Macabuku, dan Tim Inovasi dari Universitas Katolik Parahyangan, Bandung. Mengadakan kegiatan Kursus Digital Storytelling Dan Lomba Karya Digital dan dapat diikuti seluruh warga secara gratis berdomisili di Kecamatan Loura dan Kota Tambolaka,yang mana pendaftaran dari 06 – 15 Maret 2018. Acara yang diselenggarakan pada Jumat, 16 Maret 2018 Pk 07.00 s/d 15.00 WITA bertempat di SDK Marsudirini, Tambolaka, Kabupaten Sumba Barat Daya.

Antusias yang cukup diminati oleh salah satu peserta dalam mengikuti kegiatan Strorytelling dan Kursus Digital dari Ibu Maria O Y Dahat (SDN …). Kegiatan ini didikung oleh pemateri dari Tim Inovasi Universitas Katolik Parahyangan, Bandung Bernama Drs. Agus Sukmana, M.Sc, Dr Erwinna Chendra, S.Si.,M.Si dan Bersama Dosen STKIP Weetabula Bernama Ibu Melisa Apriyani dan Ibu Pupu Purwaningsih.

Acara Kursus Digital Storytelling dan Lomba Karya Digital di pandu oleh Antonius Himawan Jayanto,S.Pd., Gr. sebagai MC. Banyak acara yang diseleanggarakan dalam kegiatan ini yakni Pengenalan Dosen Universitas Katolik Parahyangan dan Dosen STKIP Weetabula, doa yang dipimpin oleh Sr.M Leona, OSF, menyanyikan Lagu Indonesia Raya 3 Stanza dipandu oleh Ermilinda Neng,S.Pd., ramah tamah Kepala SDK Marsudirini oleh Sr.M Leoni, OSF, Dosen Unpar oleh Drs. Agus Sukmana,M.Sc, dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sumba Barat Daya oleh Dra. Yohanna Lingu Langgo,M,Si.

Kepala SDK Marsudirini sebagai Ketua Penyelenggara Acara Kursus Digital Storytelling Dan lomba karya digital berpesan kepada Pemateri : Selamat datang Bapak Agus dan Ibu Erwinna di SDK Marsudirini di Kabupaten Sumba Barat Daya, inilah keadaan kami di Kabupaten Sumba Barat Daya yang antusias ingin ada perubahan dibidang Pendidikan sekaligus membuka acara. Pesan Sr.M Leoni, OSF

Pak Agus sebagai tutor dan Bu Erwinna sebagai pendamping tutor membawakan materi Kursus, menggenalkan Perangkat Lunak antara lain Windows Movie Maker, Photo Story, Sceencast-O-Matic, Viva Vedio, sambil menerangkan satu persatu perangkat lunak. “Memang perubahan sangat sulit sekali karena memang membutuhkan proses, kalau bukan dari sekarang kapan lagi?”, Ucap motivasi dari Tutor.

Acara yang dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sumba Barat Daya. Acara yang baru pertama kali diadakan di kabupaten ini memberikan semangat tersendiri oleh peserta karena besar harapan Kepala Dinas P&K SBD dapat bertindak lanjut kedepannya dan dapat menambah wawasan serta pengetahuan IT sebagai tuntutan zaman menuju Abad 21.

Kegiatan Kursus Digital yang berlangsung sekitar kurang lebih 4 jam ini, mampu menggali bakat peserta dalam memahami materi dan mengaplikasikannya ke praktek, kegiatan berkelompok untuk membuat naskah cerita, foto dan video menggunakan perangkat lunak yaitu Movie Maker, Photo Story dan Screencast-O-matic / Viva Video, peserta sangat antusias sekali mengikut kegiatan kursus Storyteling. Akhir kata peserta mempersentasikan hasilnya. Karya kelompok satu memberikan tema Batu Kubur Di Kabupaten Sumba Barat Daya, dan kelompok lainnya membagikan karyamua dengan tema Pesta Memotong Kerbau di Kabupaten Sumba Barat Daya. Sebagai tindak lanjut dalam acara ini, diharapkan panitia bisa melanjutkan karya siswa sekolah masing-masing.

Creatif :Antonius Himawan

https://www.youtube.com/watch?v=x6_mep0fLOA&t=47s
DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post