Peni Handoko

Yang mempunyai pengalaman sebagai pendidik PAUD kurabg lebih 9 thn, membuat pengalamana yg sangat berharga untuk karier kedepanx. Karena sebagai Pamong Belajar ...

Selengkapnya
Navigasi Web
MEMBIASAKAN MENCUCI TANGAN SEJAK DINI
Kegiatan mencuci tangan pertama kali bagi anak PAUD Nuri di Pulau Ayapo

MEMBIASAKAN MENCUCI TANGAN SEJAK DINI

Pentingnya menjaga kebersihan harus dibiasakan sejak dini, terlebih bagi anak PAUD yang biasa main kotor-koran dan makan sembarangan. Kebersihan diri anak dapat dimulai dari membiasakan mencuci tangan dengan sabun setelah bermain dan saat anak mau makan. Biasakan anak mencuci tangannya sendiri dengan sabun dan membasuhnya dengan air yang mengalir. Dengan anak dapat melakukan cuci tangan sendiri, memberitahu pada mereka begitu pentingnya menjaga kebersihan diri anak, agar mereka selalu sehat.

Mengajarkan kesehatan pada anak PAUD dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti melalui bernyanyi, melalui bercerita baik cerita langsung atau cerita dengan memanfaatkan media yang ada seperti : cerita boneka, cerita bergambar, cerita dengan benda-benda yang berhubungan dengan kesehatan dan kebersihan, dan pembiasaan di sekolah melalui menjaga kebersihan diri sendiri seperti mencuci tangan setelah bermain dan sebelum makan. Pendekatan seperti itu yang dapat dilakukan agar anak – anak mengerti dan tahu akan pentingnya kebersihan agar tetap sehat. Terlebih melalui pembiasaan setiap hari yang dilakukan di sekolah tentunya akan lebih dapat dilakukan oleh anak.

Dalam mengajarkan kebersihan diri anak, lebih baik dengan anak praktek langsung dan kegiatan tersebut sering diulang sehingga anak menjadi terbiasa. Seperti bernyanyi, bercerita dan mencuci tangan sebelum makan bersama di sekolah. Dengan anak langsung mempraktekkan dan dilakukan setiap hari, membuat anak tahu dan biasa langsung diterapkan dalam keseharian dalam menjaga kebersihan tangannya dengan mencuci tangan.

Hal pertama yang harus dilakukan oleh guru saat mengajarkan pada anak PAUD cara mencuci tangan yang baik dan benar adalah dengan memberi contoh terlebih dahulu. Karena biasanya anak PAUD itu senang bermain air, jangan sampai mereka mencuci tangan tetapi tidak bersih karena asik main air. Selain itu biasakan mereka disiplin saat mencuci tangan, dan buat kesepakatan agar mereka tertib saat menunggu giliran cuci tangan.

Pembiasaan cuci tangan di PAUD yaitu : sebelum cuci tangan bisa ajak anak bernyanyi yang bertemakan cuci tangan misal : Syair lagu “CUCI TANGAN”

Sebelum kita makan dik..

Cuci tanganmu dulu

Menjaga kebersihan dik...

Untuk kesehatanmu

Banyak-banyak makan

Jangan sampai sisa

Makan jangan bersuara

Setelah bernyanyi buat kesepakatan antara guru dan anak saat mencuci tangan agar anak tertib seperti buat kelompok kecil yang terdiri dari 4 – 6 anak tiap cuci tangan. Pembagian kelompok bisa sepontan, bisa sebagai reward bagi anak yang tadi mengikuti aturan saat proses pembelajaran dengan menyelesaikan tugas dari guru sampai selesai. Agar tidak baku rebut minta anak untuk berbaris dan tidak saling dorong. Pada hari pertama guru memberikan contoh mencuci tanggan yang baik dan benar, hari berikutnya biarkan anak mencuci tangan sendiri guru hanya mengawasi. Berikut ini adalah cara mencuci tangan yang baik yang dapat di ajarkan pada anak PAUD yaitu :

1. Basahi tangan kemudian ambil sabun

2. Usap sabun pada telapak dan punggung tangan sampai merata sambil di gosok dengan lembut

3. Bilas dengan air yang mengalir sambil di gosok – gosok sampai busa bersih

4. Keringkan tangan dengan lap tangan yang sudah disediakan

5. Bagi yang sudah selesai cuci tangan minta anak untuk masuk dalam kelas lagi dan mengambil bekal.

Bila kegiatan mencuci tangan dilakukan setiap hari maka lama – lama anak akan terbiasa untuk mencuci tangannya sebelum makan dan setelah bermain atau aktivitas. Dengan begitu anak akan terbiasa menjaga kebersihan diri. Tetapi kenyataannya tidak lembaga PAUD melakukan pembiasaan mencuci tangan sebelum makan dan setelah aktifitas. Banyak lembaga yang beralasan bahwa mereka kesulitan menyiapkan air bersih, hal ini mungkin karena lembaga ada di pulau, atau mungkin di sekitar lembaga untuk sarana air bersih belum ada karena untuk Papua masih banyak yang memanfaatkan air hujan untuk kebutuhan sehari – hari.

Walaupun kita tahu banyak lembaga PAUD di Papua yang kesulitan mengakses air bersih di lembaganya. Tetapi diharapkan semua lembaga PAUD untuk membiasakan anak didiknya mencuci tangan sebelum makan. Selain untuk menjaga kebersiahan juga untuk mengajarkan pada anak bahwa kebersihan itu sangat penting untuk kesehatan badannya.

Kesehatan dimulai dari menjaga kebersihan diri dan dari hal terkecil melalui pembiasaan yaitu dengan mencuci tangan. Dengan anak sadar akan pentingnya mencuci tangan diharapkan dapat menekan tingkat penyebaran penyakit mutaber dan penyakit lainnya yang sering di alami oleh anak PAUD seperti batuk dan flu. Selain menjaga kesehatan tangan juga mengenalkan pada anak tentang manfaat sabun cuci tangan untuk membersihkan tangan dari kotoran.

Mengingat banyak anak – anak PAUD yang ada di pedalaman Papua yang tidak mengenal sabun, biasanya mereka hanya tahu akan deterjen karena orang tua mereka terbiasa menggunakan deterjen untuk mencuci sabun, mencuci perabot dapur, dan untuk mandi juga. Untuk itu pentingnya mengajarkan cara cuci tangan dengan sabun yang benar pada anak PAUD, sebagai sarana untuk mengenalkan kebersihan diri anak dalam menjaga kesehatan tubuhnya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Tulisan yg bagus untuk guru PAUD dalam menanamkan sikap tanggung jawab pada anak akan diri sendiri

22 May
Balas

Terimakasih bu...,

23 May

Bagus, mengajari anak Paud, apalagi menanamkan disiplin cuci tangan, kerren sukses selalu...

28 Jan
Balas



search

New Post