PERMA BAKTI

Adalah saya seorang guru dari Borneo, Anak seorang petani dari Sebuah desa nuuun jauh di pulau sumatera, dekat bukit barisan desa itu terletak. Saya mer...

Selengkapnya
Navigasi Web

Ingin atau Butuh

#Tantangan Gurusiana Tantangan hari ke-37

Ingin atau Butuh

Banyak kebutuhan atau banyak yang diinginkan? Kadang menjadi sulit membedakan yang mana yang dibutuhkan dan yang mana yang diinginkan. Antara kebutuhan dan keinginan menjadi sesuatu yang sulit dibedakan. Apakah setiap yang kita cari adalah sesuatu yang kita butuhkan atau hanya sekedar menuruti nafsu keinginan saja.

Banyak membeli barang tapi ternyata tidak dipakai kenapa? Jika sesuatu yang dicari adalah sesuatu yang dibutuhkan, maka wajib hukumnya mendapatkan barang itu. Karena kebutuhan akan sangat berpengaruh kepada bagaimana menjalan aktivitas sehari-hari. Jika kebutuhan akan sesuatu untuk beraktivitas, atau melakukan sesuatu tidak terpenuhi, maka pasti akan mempengaruhi keberlangsungan kegiatan tersebut. Seorang ayah membeli jam, dengan berbagai merek, itu kebutuhan atau hanya Karena ingin saja. Kalau itu kebutuhan, maka sesungguhnya, jika telah terpenuhi, maka akan mendukung pelaksanaan sesuatu. Namun untuk memiliki jam tangan yang banyak bukanlah kebutuhan, namun bagi sebagian orang hanya kesenangan mengkoleksi saja. Jika kebutuhan, maka cukup satu buah saja udah memenuhi kebutuhan.

Sementara keinginan, kadang jauh mengendalikan si empunya, Pergi ke suatu tempat perbelanjaan, tidak ada niat untuk membeli barang-barang, namun ketika melihat sesuatu yang menarik, maka nafsu itu timbul. “Waww… bagus sekali jam itu” lalu yang sebelumnya tidak berniat untuk membeli maka karena ingin akhirnya membeli.

Untuk kebutuhan sesuatu yang mempengaruhi yang lain, maka kebutuhan itu harus segera terpenuhi. Misalnya, ketika sedang naik sepeda motor, tiba-tiba, ban motornya pecah. Maka ban harus diganti. Itu adalah kebutuhan, karena jika ban tidak diganti, maka motor tidak dapat dipakai untuk melakukan sesuatu. Namun ketika sedang menunggui motor yang sedang diganti ban, lalu melihat aksesoris motor dan kita tertarik dan dibeli, sesungguhnya itu hanya keinginan bukanlah kebutuhan. Karena motor tanpa aksesoris pun tetap dapat dipakai.Tapi jika motor tidak ada ban, maka motor tidak dapat dipakai.

Keadaan seperti itulah yang sering ditemui di rumah atau di mana saja. Seringkali yang dicari adalah yang menjadi keinginan bukan sesuatu yang dibutuhkan. Maka akibatnya banyak barang yang nganggur di rumah atau barang yang menjadi perhiasan yang sesungguhnya bukan sesuatu yang mendesak untuk memilikinya. Oleh karena itu, mulai sekarang harus pandai memilah, mana kebutuhan dan mana keinginan. Sehingga sessuatu yang dimiliki adalah sesuatu yang bermanfaat guna, bukan sesuatu yang mubazir dan tidak berguna.

20 Februari 2020

Tantangan Gurusiana hari ke37

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post