Pra Juniarti

Berprofesi sebagai pengajar di MTs Negeri Gresik tepatnya mata pelajaran IPS...

Selengkapnya
Navigasi Web
 USIA  TUA
Berdamai dengan diri adalah sebaik-baik menghadapi kenyataan dan memberi ketenangan pada jiwa (gambar dari google.com

USIA TUA

Sekujur tubuhku merasakan ada titik-titik kesakitan, mula-mula hanya satu, semakin banyak ketika aku menghentikan aktifitasku olah raga. Tubuh di usia 40- an rasanya semakin tercabik-cabik penyakit, dan akan semakin menjadi-jadi ketika pikiran semakin kalut dan jiwa ketakutan karena bayangan-bayangan gelap penyakit menambah pedih perih hidup.

Rasanya seperti melangkah dalam bara api penderitaan. Kutukan, keluhan, kegalauan menyeruak dan mendidihkan rasa, seperti tersihir akan kepiluan dari drama kehidupan yang sering aku baca dalam novel-novel tragedi, aku menjadi sebutir debu tak berarti, sungguh dahsyatnya kuasa Ilahi.

Bolehlah aku berpikir bahwa sebetulnya ada kunci untuk sehat yaitu berpikir tenang, bergerak nyaman dan merasa damai dengan penyakit-penyakit yang datang menyapa satu demi satu. Kuncinya hanya berdamai dengan diri sendiri, nyaman menikmati ujian-ujian kehidupan yang semakin berat datang menghadang. Hidup dan ujian yang harus dilalui itu adalah bagian dari retreat jiwa. Saatnya mencintai kehidupan, saatnya bangkit melawan ketakutan dan membiarkan ketakutan tergilas keceriaan dan kepasrahan atas apapun yang terjadi pada tubuh. Meski kadang masih mengeluh.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post